4 Cara Mendapatkan Modal untuk UKM yang Cepat dan Efektif

Kendala utama ketika ingin memulai bisnis adalah modal. Modal juga menjadi salah satu kendala ketika bisnis UKM yang Anda miliki ingin berkembang pesat. Hal ini bahkan kadang membuat banyak pengusaha menjadi stress. Tetapi ada beberapa cara mendapatkan modal untuk UKM yang bisa dilakukan tanpa harus meminjam kepada bank.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal yang bisa Anda lakukan. Cara ini memang cukup sulit, dan mungkin agak ribet bagi beberapa kalangan yang memang tidak biasa dalam mengurus berbagai administrasi keuangan, sehingga mereka tidak bisa menyusun dokumen secara rapih dan sulit dalam mendapatkan modal usaha tersebut.

Jika Anda ingin mencari modal untuk usaha, mungkin beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha yang cukup membantu Anda mengembangkan usaha. Memang agak sulit, tetapi hal itu bisa Anda lakukan jika Anda memang sungguh-sungguh untuk mendapatkan modal usaha tersebut.

Cara Mendapatkan Modal untuk UKM

Menabung Sedikit Demi Sedikit

Cara paling mudah untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menabung sedikit demi sedikit dari keuntungan yang diperoleh dari usaha Anda. Anda bisa menyisihkan keuntungan setiap bulan untuk dipakai sebagai modal tambahan.

Jika Anda memiliki UKM dan Anda pun masih bekerja, mungkin Anda juga bisa menabung dari uang gaji yang Anda peroleh tersebut untuk menjadi modal usaha. Jika Anda memang sungguh-sungguh untuk mendapatkan modal usaha, pastinya Anda bisa menyisihkan sedikit penghasilan Anda untuk di tabung.

Menjual Aset

Menjual aset yang dimiliki memang menjadi satu cara yang cukup efektif dalam mendapatkan modal usaha. Karena Anda cukup menjual beberapa aset yang Anda miliki. Dan dari hasil penjualan aset tersebutlah bisa Anda jadikan sebagai cara mendapatkan modal usaha untuk UKM milik Anda.

Aset yang di jual bisa berupa properti, kendaraan, maupun jenis aset lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah modal usaha yang Anda miliki. Memang sulit untuk menjual aset, tetapi jika demi perkembangan usaha Anda, tak ada salahnya untuk Anda coba. Ketika UKM Anda semakin berkembang, maka aset yang telah terjual bisa Anda beli kembali, meskipun aset yang di beli bukanlah aset yang sama.

Mencari Investor

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menambah modal usaha adalah dengan mencari investor bisnis. Meskipun cara yang satu ini tidaklah mudah. Karena Anda harus mencari kenalan yang mau sama-sama membangun usaha bersama, dan mau membagi keuntungan Bersama. Serta Anda harus bisa mencari investor yang memiliki cita-cita yang sama untuk membangun usaha yang Anda miliki tersebut.

Mendapatkan Modal dari Pemerintah

Banyak pelaku UKM yang ingin mendapatkan modal dari pemerintah. Tetapi banyak yang tidak tahu caranya. Modal yang diberikan pemerintah kepada UKM ini memang menjadi salah satu incaran para pemilik UKM untuk mendapatkan modal. Memang tak semua pelaku UKM mengetahui caranya.

Ada beberapa jenis modal usaha yang diberikan kepada pemerintah yang sesuai dengan kategori usaha yang Anda miliki. Misal Anda merupakan wirausaha pemula, dan belum pernah mendapatkan modal usaha sama sekali dari pemerintah.

Anda bisa memanfaatkan ini. Meskipun tak mudah, tak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan memiliki sistem pembukuan usaha yang cukup rapih.

Banyak pengusaha UKM di Indonesia yang tidak memiliki sistem pembukuan yang rapih. Karena sebagian besar pengusaha UKM di Indonesia tidak memiliki pengetahuan mengenai keuangan usaha dan akuntansi. Sehingga mereka sulit dan tidak tahu cara mendapatkan modal untuk UKM.

Sebenarnya memiliki pembukuan yang rapih bukan hanya untuk mendapatkan modal dari pemerintah. Anda yang mencoba mencari investor untuk memodali usaha, si investor pun akan meminta laporan keuangan usaha Anda.

Jika Anda memang ingin memiliki pembukuan usaha yang rapih, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi, seperti Software Accurate. Software Accurate sangat user friendly dan mudah digunakan, meskipun Anda tidak memiliki background pendidikan akuntansi.

Dengan memakai Software Accurate, Anda akan mudah dalam menyusun pembukuan usaha, dan laporan keuangan. Sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk UKM yang Anda miliki. Jika Anda membutuhkan laporan keuangan, Anda tinggal memasukan data-data transaksi dari awal periode yang akan tersusun secara otomatis.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan sebagai cara mendapatkan modal untuk UKM yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha. Laporan keuangan menjadi satu hal yang cukup krusial, karena setiap Anda mencari modal usaha kepada investor atau pemerintah, mereka akan menanyakan laporan keuangan usaha Anda. Solusi terbaiknya Anda bisa menggunakan software Accurate dalam menyusun laporan keuangan usaha Anda.

harbolnas_12_2017-slide_1920_x600[1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *