fbpx

4 Cara Mudah Mengatur Keuangan Bisnis Online, Agar Hasilnya Bisa Anda Nikmati

Mengatur keuangan bisnis online

Menjalankan bisnis online, memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Banyak orang yang sudah merasakan nikmatnya berbisnis online. Tetapi banyak pebisnis online yang tidak memiliki catatan keuangan yang baik. Padahal, jika bisa mengatur keuangan bisnis online dengan baik bisa menikmati hasil usaha Anda selama ini.

Cukup banyak pemilik bisnis darling yang mendapatkan penghasilan cukup besar, tetapi mereka tidak bisa menikmati hasil yang diperolehnya. Mengapa demikian? Sebab, mereka tidak memiliki catatan keuangan yang baik pada bisnis mereka. Inilah kesalahan dari para pemilik bisnis online di Indonesia.

Banyak pengusaha online yang tidak tahu bagaimana cara mereka harus mengatur keuangan bisnis online untuk membuat sebuah laporan keuangan. Jika Anda sudah menjalankan bisnis online, tetapi tidak mengatur keuangan dengan baik. Segeralah untuk memulai mengatur keuangan bisnis online lagi. Bukalah lembaran baru di tahun yang baru.

Bagaimana caranya?

Berbisnis online, dalam hal transaksi lebih sering menggunakan transaksi secara non tunai. Tentunya pencatatan ini lebih sulit dilakukan, dibandingkan dengan pencatatan secara tunai. Karena uangnya tidak terlihat, dan ini sangat sulit melakukan pencatatan.

Tetapi itu bukan hal yang sulit, jika Anda melakukan concern pada keuangan bisnis tentunya hal tersebut sangatlah mudah untuk segera dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan bisnis online.

Mencatat Setiap Transaksi

Saat Anda menjalankan bisnis online, setiap transaksi yang terjadi maka Anda harus mencatatnya dalam catatan khusus. Anda bisa melakukan pencatatan dengan membuat sebuah pembukuan khusus untuk setiap transaksi.

Jika Anda sedang berada di luar rumah, dan Anda mendapatkan pesanan cobalah untuk mencatat pesanan tersebut dengan smartphone Anda. Jika Anda tidak mencatatnya, bisa saja saat Anda sudah sampai rumah Anda lupa begitu saja dengan transaksi yang terjadi.

Tidak hanya transaksi penjualan, tetapi Anda juga harus mencatat semua transaksi untuk biaya operasional pun harus Anda catat dengan baik.

Buatlah Anggaran Harian, Mingguan, dan Bulanan

Karena Anda melakukan usaha secara online. Biasanya tidak ada transaksi yang terjadi setiap hari. Anda harus membuat setiap total anggaran yang sudah Anda keluarkan untuk bisnis Anda tersebut. Seperti halnya anggaran harian, mingguan, dan bulanan.

Daftar anggaran ini akan menjadi salah satu cara untuk mengendalikan keuangan Anda. Anda bisa mengetahui berapa uang yang harus Anda keluarkan setiap minggunya. Jangan sampai, keuangan usaha Anda selalu terganggu hanya karena keuangan bisnis online yang tidak diatur dengan baik.

Buatlah Rekening Khusus Bisnis

Transaksi yang terjadi di bisnis online adalah transaksi yang dilakukan secara online. Baik itu saat Anda berjualan melalui toko online sendiri ataupun melalui marketplace yang sudah tentu pembayaran dari keduanya dilakukan melalui transaksi non tunai ke rekening yang Anda miliki.

Jangan pernah mencampurkan keuangan pribadi Anda dengan uang bisnis. Karena hal tersebut akan menyulitkan Anda dalam mengatur keuangan bisnis milik Anda dan melakukan pencatatan keuangan usaha.

Beberapa cara mengatur keuangan bisnis online di atas bisa Anda lakukan dengan baik dan benar. Sebab, cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan jika Anda memang serius dalam mengatur keuangan bisnis online.

Tapi, jika Anda memang merasa kesulitan dengan cara mencatat pembukuan secara manual menggunakan Microsoft Excel, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap dengan harga cukup terjangkau bagi pemilik bisnis online, saya sarankan Anda untuk menggunakan software Accurate.

Karena Accurate memiliki berbagai jenis fitur yang sesuai dengan toko online. Seperti fitur realtime stok, yang bisa digunakan dalam memantau stok Anda secara online. Serta fitur rekonsiliasi bank yang bisa digunakan untuk mencocokan catatan pada rekening koran yang ada di internet banking. Namun kedua fitur tersebut terdapat pada Accurate versi online atau Accurate Online (AOL). Jika Anda ingin membeli dan mencoba menggunakan Accurate Anda bisa mengunjungi store Accurate di Plaza Semanggi, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *