5 Langkah Sukses Manajemen Keuangan bagi UKM yang Harus Anda Lakukan

sukses manajemen keuangan bagi ukm

sukses manajemen keuangan bagi ukm

Keberhasilan sebuah usaha bukan hanya dilihat dari bagaimana produk atau jasa yang ditawarkannya banyak yang menyukai dan membelinya. Apabila produk dan jasa banyak disukai oleh konsumen, tetapi keuangan usaha tidak dikelola dengan baik maka usaha Anda tidak dapat dikatakan sukses. Sukses manajemen keuangan bagi UKM merupakan salah satu indikator keberhasilan seorang pengusaha berhasil.

Usaha yang tidak memiliki manajemen keuangan yang baik dapat dipastikan akan mengalami kegagalan. Baik dalam waktu dekat maupun waktu lama. Maka dari itu, pastikan keuangan usaha Anda harus bisa dilakukan sebaik mungkin agar usaha bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Salah satu sukses manajemen keuangan bagi UKM adalah berhasil dalam melakukan pengelolaan modal yang baik. Serta dapat mengelola pemasukan dan pengeluaran secara seimbang untuk melancarkan usaha tersebut. Tentunya agar sukses manajemen keuangan bagi UKM ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para pengusaha.

Kontrol Pergerakan Uang

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol pergerakan uang usaha. Jangan sampai Anda tidak mengetahui kemana saja aliran uang yang Anda kelola tersebut mengalir. Sebab, jika hal itu tidak dipantau bisa membuat Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Usahakan setiap transaksi yang terjadi dapat Anda kontrol dengan baik.

Buat Catatan Keuangan

Catatan keuangan tak boleh Anda lupakan dalam menjalankan usaha. Karena dengan membuat catatan keuangan, Anda bisa memantau berapa jumlah transaksi yang terjadi setiap harinya. Berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar akan terpantau dengan baik dan sempurna. Jangan sampai Anda mengabaikan catatan keuangan, hal itu bisa berdampak pada keuangan usaha Anda.

Catatan yang Anda perlukan cukup banyak, seperti catatan pemasukan, catatan pengeluaran, catatan pembelian, serta catatan penjualan. Catatan inilah yang akan menjadi salah satu acuan dalam membuat laporan keuangan di akhir periode. Jangan sampai, Anda mengalami kerugian karena tidak memiliki catatan keuangan. Catatan keuangan ini pun bisa menjadi alat kontrol keuangan usaha. Sehingga Anda bisa memantaunya kapanpun.

Memantau Hutang

Jangan pernah melupakan hutang. Sebagai pengusaha Anda pasti memiliki hutang, jika tidak memiliki hutang berarti Anda adalah pengusaha yang cukup berhasil. Tapi sangat jarang ditemukan pengusaha yang tidak memiliki hutang.

Ada baiknya, kontrol hutang sebaik mungkin. Karena dengan hutang tersebut Anda bisa memantau bagaimana kondisi keuangan usaha yang sebenarnya. Hutang ini bukan hanya kepada pihak pemberi pinjaman saja. Tetapi harus juga jika Anda belum membayar bahan baku kepada supplier, itu pun termasuk hutang.

Memantau hutang bukan juga hanya memantau hutang usaha Anda saja. Tetapi juga harus melakukan pemantauan hutang konsumen kepada Anda. Karena jika banyak konsumen yang berhutang kepada Anda, hal tersebut akan menyebabkan Anda sulit dalam memantau pergerakan usaha. Sukses manajemen keuangan bagi UKM pun bisa dilihat dari bagaimana mengelola hutang usaha.

Buatlah Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan alat yang penting dalam mengelola keuangan bisnis. Sebab, dengan adanya laporan keuangan Anda bisa memantau kondisi keuangan Anda pada periode tertentu. Dan Anda juga bisa mengetahui berapa jumlah laba dan rugi yang Anda miliki. Dengan adanya laporan keuangan Anda bisa melihat barang apa yang cepat laku dan tidak.

Jangan Lupa Menyisihkan Sedikit Keuntungan

Uang hasil keuntungan jangan semuanya dipakai untuk membeli barang. Anda juga harus menyisihkan sedikit keuntungan sebagai tabungan. Tabungan ini akan berfungsi sebagai alat untuk menyiapkan dana darurat jika hal yang tidak Anda inginkan terjadi. Dengan menyisihkan sedikit keuntungan usaha, Anda bisa sukses mengelola keuangan bagi UKM yang Anda miliki.

Agar Anda bisa mudah dalam mengontrol keuangan usaha. Sebaiknya gunakanlah software akuntansi Accurate. Software Accurate bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha dan membuatkan segala sistem keuangan bisnis. Bahkan Accurate bisa dijadikan sebagai alat kontrol stok persediaan di gudang. Ingin langsung pesan, langsung saja cek disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *