fbpx

6 Cara Cepat Membuat laporan Keuangan Usaha, Ikuti Caranya Agar Mudah Dilakukan

Cara cepat membuat laporan keuangan

Anda pasti sudah mengetahui seberapa penting laporan keuangan bagi usaha Anda. Karena, laporan keuangan akan menjadi penilaian kinerja usaha yang Anda miliki. Jika tidak memiliki laporan keuangan, akan sangat sulit dalam mengambil keputusan, dan penilaian bagi bisnis Anda. Tetapi banyak pengusaha yang tidak mengetahui cara cepat membuat laporan keuangan usaha.

Membuat laporan keuangan usaha bukanlah hal yang mudah. Sebuah laporan keuangan harus dilakukan sejak awal periode usaha. Misal jika Anda menjalankan periode awal ditanggal 1 setiap bulan. Maka akhir periode akan terjadi diakhir bulan, mulai dari tanggal 30 atau 31 setiap bulannya.

Terkadang memang banyak pengusaha yang lambat dalam menyusun laporan keuangan. Bahkan laporan keuangan baru selesai setelah masuk periode selanjutnya. Anda harus mempelajari bagaiman cara menyusun laporan keuangan secara cepat dan tepat.

Buatlah Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Proses pertama yang harus Anda jalankan dengan membuat catatan pemasukan dan pengeluaran. Catatan ini akan berfungsi sebagai tahap awal dalam penyusunan laporan keuangan yang akan dilakukan di akhir periode.

Jika Anda tidak memiliki catatan pemasukan maupun pengeluaran, maka Anda akan sangat sulit dalam menyusun laporan keuangan tersebut. Karena, Anda tidak memiliki data awal berupa catatan pemasukan dan pengeluaran.

Neraca Keuangan

Setelah melihat seluruh catatan, baik pemasukan dan pengeluaran. Maka tahap selanjutnya adalah membuat neraca keuangan usaha. Dengan membuat neraca keuangan, maka Anda bisa memindahkan seluruh catatan debit dan kredit. Neraca ini akan memperlihatkan apakah keuangan usaha cukup, atau perlu suntikan dana kembali untuk mendanai segala aktivitas usaha. Dengan adanya neraca keuangan, maka Anda sudah menemukan cara cepat menyusun laporan keuangan usaha.

Membuat Jurnal Penyesuaian

Jika usaha Anda masih skala kecil, umumnya jumlah transaksi yang terjadi tidak begitu besar. Tetapi apabila masih terdapat beberapa catatan keuangan yang kurang, maka sudah seharusnya catatan keuangan tersebut dibuatkan jurnal penyesuaian agar mudah untuk penyesuaian pada kondisi keuangan sebenarnya di akhir periode.

Jangan Lupakan Neraca Lajur

Apa sih neraca lajur? Neraca lajur adalah salah satu neraca untuk mencocokan catatan yang terdapat di neraca saldo dengan jurnal penyesuaian. Jumlah uang yang terpakai akan terlihat pada neraca lajur ini. Jangan sampai Anda melewatkan pembuatan neraca lajur yang umumnya bisa dilakukan dengan mudah. Saldo yang ada pada neraca lajur ini akan muncul pada laporan keuangan laba rugi.

Ingat Deadline

Cara cepat membuat laporan keuangan usaha agar cepat selesai, Anda harus ingat kapan deadline laporan keuangan tersebut harus tersaji. Hal ini untuk memastikan, laporan keuangan usaha Anda bisa selesai tepat waktu.

Apabila Anda meminta staff Anda yang mengurusi hal tersebut, maka berilah ia deadline. Misal setiap tanggal 1 bulan berikutnya, laporan keuangan bulan sebelumnya harus sudah selesai dan bisa di laporkan kepada Anda.

Menggunakan Software Akuntansi Accurate

Cara cepat membuat laporan keuangan usaha selanjutnya adalah dengan menggunakan software akuntansi Accurate. Karena dengan menggunakan software Accurate, Anda cukup melakukan input data catatan keuangan usaha saja. Baik itu catatan keuangan usaha pemasukan dan pengeluaran. Karena dengan Accurate, data tersebut akan diolah secara otomatis untuk dijadikan laporan keuangan pada bulan berikutnya.

Accurate juga memiliki fitur periode akhir bulan, bukan berarti hanya bisa dilakukan setiap akhir bulan. Dimana fitur ini bisa Anda gunakan untuk melakukan tahapan tutup buku sebelum membuka buku baru di periode selanjutnya. Sehingga Anda bisa dengan mudah dan cepat dalam menyusun laporan keuangan yang Anda butuhkan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *