fbpx

7 Alasan Mengapa Pengusaha UMKM Harus Melakukan Pembukuan

Mengapa pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan

Mengapa pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan

Mendirikan sebuah usaha bukanlah hal mudah, apa lagi jika Anda harus menyusun berbagai macam strategi agar usaha Anda bisa sukses. Banyak pengusaha yang hanya fokus terhadap beberapa hal saja. Padahal banyak hal yang harus dilakukan oleh pengusaha, salah satunya melakukan pembukuan. Pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan, agar keuangan usahanya bisa lebih tertata dan menjadi alat memantau pergerakan usaha.

Banyak sekali pengusaha yang tidak fokus dalam menjalankan pembukuan usaha. Mereka berpikir, bahwa pembukuan usaha bisa dilakukan seiring dengan berjalannya usaha, padahal tidak. Sebagian besar pengusaha hanya fokus untuk mengembangkan produk dan juga melakukan kegiatan marketing. Kedua hal itu memang tidak salah, namun Anda juga tak boleh luput untuk menangani keuangan usaha Anda.

Hampir semua pengusaha UMKM, terutama pengusaha pemula tidak selalu fokus dalam mengelola keuangan mereka. Padahal pembukuan itu sangat mudah dilakukan. Agar Anda selalu melakukan pembukuan, mungkin beberapa hal ini akan membantu Anda untuk selalu melakukan pembukuan usaha.

Alat Penilaian

Sebuah bisnis di nilai bukan dari berapa banyak total produksi barang atau jasanya. Melainkan, berapa banyak barang yang terjual dan berputar terus menerus. Salah satu penilaiannya adalah dengan melihat berapa banyak uang yang masuk dan keluar dari bisnis tersebut. Tak pelak, disinilah Anda sebagai pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan. Dengan pembukuan, menjadi suatu alat dokumentasi mengenai segala aktivitas usaha.

Sebagai Perencana

Dengan memiliki pembukuan yang apik, Anda bisa menentukan rencana apa yang bisa Anda lakukan pada bisnis yang Anda jalankan. Karena pembukuan usaha bisa mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan proses produksi, mengeluarkan biaya operasional, dan biaya lainnya. Tanpa pembukuan, maka sangat sulit untuk menentukan rencana bisnis kedepan.

Pengambil Keputusan

Pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan, karena dengan pembukuan tersebut bisa diambil keputusan atau kebijakan untuk menentukan strategi ke depannya. Karena, dari pembukuan yang Anda lakukan akan terlihat apakah strategi awal sudah bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang? Jika belum, maka Anda harus mengganti strategi yang Anda buat.

Mengetahui Jumlah Transaksi

Bisnis pastinya memiliki jumlah transaksi yang harus dicatat. Jika Anda melakukan pembukuan, maka akan terlihat berapa jumlah transaksi yang dilakukan. Jadi tidak akan ada transaksi yang terlewat bahkan terlupakan untuk masuk dalam pembukuan.

Disinilah mengapa pembukuan itu penting, jadi Anda bisa mengecek transaksi dari usaha yang Anda lakukan. Baik itu, transaksi keluar maupun transaksi masuk. Hal ini akan membuat transaksi uang dan barang akan terpantau jelas dan bisa dilakukan secara rapih.

Mengetahui Jumlah Hutang dan Aset

Dari pembukuan akan terlihat berapa hutang yang UMKM Anda miliki dan berapa aset yang dimiliki, serta berapa jumlah modal yang dimiliki akan terlihat. Sehingga Anda bisa memantau setiap pergerakan aset, modal, dan hutang.

Jika Anda tidak memiliki pembukuan, maka Anda akan kesulitan dalam menghitung itu semua. Tidak mungkin Anda mencatat ketiga hal tersebut hanya dengan catatan biasa yang tidak sesuai dengan standar pembukuan akuntansi yang berlaku.

Mengetahui Jumlah Kerugian dan Keuntungan

Berapa jumlah kerugian dan keuntungan yang Anda dapatkan dari menjalankan usaha? Disinilah mengapa pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan, yakni mengetahui berapa jumlah kerugian dan keuntungan bisnis yang Anda miliki. Data pembukuan itulah yang akan memperlihatkan jumlah keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan dalam periode tertentu.

Menghitung Pajak

Pajak adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap pelaku bisnis, tetapi dalam menghitung pajak yang harus dibayar tidak boleh sembarangan apa lagi salah perhitungan. Apabila Anda mengalami kesalahan perhitungan pajak, maka itu akan merugikan Anda sendiri bukan. Nah disinilah Anda perlu melakukan pembukuan, agar pembayaran pajak usaha Anda bisa dilakukan dengan mudah dan terhindar dari kesalahan perhitungan.

7 Alasan tersebutlah yang mengharuskan mengapa pengusaha UMKM harus melakukan pembukuan. Karena tanpa pembukuan Anda akan kesulitan dalam menjalankan usaha yang Anda miliki. Memang melakukan pembukuan bukanlah hal yang mudah. Tetapi tak ada salahnya Anda coba.

Jika Anda memang tidak mengerti sama sekali dengan pembukuan yang sesuai dengan standar akuntansi, Anda bisa memakai software akuntansi Accurate yang akan membantu Anda dalam menyusun pembukuan. Software Accurate merupakan software akuntansi yang mudah digunakan dan disesuaikan pada jenis pembukuan yang umum digunakan oleh UMKM di Indonesia. Anda bisa melakukan pemesanan Accurate Software secara online melalui web ini ataupun offline dengan mengunjungi store kami yang ada di The Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

harbolnas17-1366x500

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *