7 Tips Penting Mengelola Keuangan Usaha dan Akuntansi Bisnis Kecil agar Keuangan bisa Terkendali

tips mengelola keuangan dan akuntansi bisnis kecil

tips mengelola keuangan dan akuntansi bisnis kecil

Usaha Kecil saat ini menjadi fokus pemerintah untuk menopang pertuumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, banyak kendala yang sering ditemukan pada usaha kecil di Indonesia. Sebagian besar usaha kecil memiliki masalah pada sistem keuangan. Padahal, keuangan hal penting dalam setiap usaha yang dijalankan. Terdapat beberapa tips penting mengelola keuangan dan akuntansi bagi bisnis kecil.

Memang sering sekali kita menemukan pengusaha bisnis kecil yang mengalami kendala dalam hal keuangan. Padahal keuangan adalah hal penting dalam bisnis. Jika keuangan bisnis Anda memiliki keuangan yang baik, maka bisnis Anda pun akan sukses. Tetapi tidak semua pengusaha mengerti maengelola keuangan dengan baik. Bagaimana cara mengatasinya?

Memiliki Rencana Keuangan

Salah satu tips penting mengelola keuangan dan akuntansi bisnis kecil, pengusaha wajib merencanakan keuangan bisnis. Anda harus memiliki kemana aliran uang akan digunakan. Usahakan semua hal yang ingin dilakukan memiliki rencana yang baik dan memiliki catatan.

Hindari penggunaan uang yang tidak tercatat dengan jelas. Hal ini untuk menghindari terjadinya defisit anggaran pada usaha. Usahakan pengeluaran yang Anda keluarkan tidak melebihi pemasukan. Meskipun usaha Anda sedang memiliki laba besar, jangan pernah berfoya-foya untuk menghabiskan uang usaha untuk hal-hal yang tak penting.

Jangan Pernah Menyatukan Uang Pribadi dan Usaha

Pengusaha sering sekali menyatukan uang usaha dengan uang pribadi. Padahal ini adalah kesalahan fatal, jika Anda menyatukan uang pribadi dengan uang usaha. Karena jika Anda mencampurkan keuangan pribadi dan usaha, Anda akan sulit dalam membedakan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha.

Bagaimana cara pisahkannya? Caranya cukup mudah, Anda harus membuat rekening khusus usaha. Jangan pernah meminta konsumen Anda melakukan pembayaran ke rekening pribadi Anda. Arahkan mereka untuk membayar invoice ke rekening usaha Anda.

Bayar Semua Tagihan Tepat Waktu

Usahakan untuk membayar semua tagihan tepat waktu. Apabila Anda tidak membayarkan tepat waktu, dikhawatirkan uang yang sudah dipisahkan untuk pembayaran semua tagihan malah Anda gunakan untuk hal-hal lain. Ini akan menyulitkan Anda, sebab jika tagihan tersebut untuk membayar tagihan biaya operasional seperti listrik, telepon, dan internet jika telat bisa menghasilkan denda. Denda ini tentunya bisa meningkatkan jumlah pengeluaran Anda. Padahal uang tersebut harusnya bisa dialihkan untuk hal-hal yang lain.

Awasi Hutang, Modal, dan Harta

Hutang, modal, dan harta adalah hal yang tak boleh Anda lupakan. Sebab ketiga hal ini akan menjadi penopang usaha Anda. Tanpa semua ini Anda tidak akan pernah bisa menopang usaha Anda. Pastikan Anda memiliki adminitrasi yang jelas dalam menjalankan tips penting mengelola keuangan dan akuntansi bisnis kecil. Dengan begitu Anda akan mudah memantau keuangan usaha.

Ketiga hal tersebut harus masuk dalam pencatatan. Karena tanpa pencatatan yang baik, Anda akan sangat sulit menentukan arah usaha Anda. Gunakanlah sistem administrasi yang jelas bagi setiap hutang, modal, dan harta. Jangan sampai semuanya tidak jelas dan tidak memiliki catatan.

Miliki Catatan

Anda tak boleh melupakan catatan. Karena catatan ini akan berguna sebagai satu cara untuk memantau keuangan usaha Anda. Catatan ini berisi, pengeluaran yang sudah dikeluarkan, pembelian bahan baku, pemasukan, dan lainnya yang berkaitan dengan perpindahan uang harus Anda catat dengan jelas.

Sisihkan Keuntungan untuk Pengembangan Usaha

Tips penting mengelola keuangan dan akuntansi bisnis kecil selanjutnya dengan menyisihkan sedikit keuntungan untuk pengembangan usaha. Usahakan Anda tidak memakai keuntungan usaha hanya untuk keperluan pribadi, Anda harus menyisihkan keuangan usaha untuk pengembangan usaha selanjutnya.

Menggunakan Software Akuntansi

Tak ada salahnya Anda berinvestasi untuk menggunakan software akuntansi pada bisnis milik Anda. Software akuntansi akan memudahkan dalam mengelola keuangan usaha, karena di software akuntansi, Anda bisa membuat pembukuan, memantau stok barang yang ada di gudang, dan mengecek keuangan seluruh cabang usaha.

Jika Anda memang ingin berinvestasi pada software akuntansi sebagai tips penting mengelola keuangan dan akuntansi bisnis kecil, Anda bisa menggunakan software Accurate. Software ini sangat user friendly dan cukup mudah digunakan untuk membuat keuangan usaha menjadi rapih, dan juga dapat menyusun laporan keuangan hingga laporan pajak usaha Anda. Apabila Anda ingin memiliki software ini, langsung cek saja disini untuk informasi yang lebih jelas mengenai pengembangan usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *