fbpx

8 Usaha untuk Membangun UKM dari Rumah yang Bisa Anda Coba

Membangun sebuah usaha tidak harus di bangun dengan modal besar dan menggunakan tempat yang luas. Dengan tempat yang sempit, Anda pun bisa mendirikan sebuah usaha, misal di mulai dari dapur atau hanya garasi rumah. Dari kedua tempat yang terbilang sempit ini, Anda tetap bisa membangun UKM dari rumah.

Usaha Kecil dan Menengah memang sedang berkembang cukup pesat di Indonesia, seiring dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi. Terlebih, UKM sekarang sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Indonesia. Jika Anda berniat membangun sebuah usaha hanya dari rumah dengan modal terbatas, mungkin beberapa ide usaha ini bisa Anda lakukan.

Membangun Usaha Kuliner

Jika Anda memiliki hobi memasak atau membuat cemilan, Anda bisa membuka sebuah usaha kuliner  yang bisa di produksi dari rumah. Cukup banyak masyarakat yang memulai usaha kuliner, baik itu kuliner yang hanya musiman seperti kue idul fitri, ataupun usaha kuliner yang memang setiap hari dibutuhkan oleh masyarakat seperti menjual sarapan pagi. Membangun UKM dari rumah bisa segera Anda lakukan dengan berjualan makanan.

UKM Percetakan

membangun UKM percetakan dari rumah. Foto: Kontan.co.id

membangun UKM percetakan dari rumah. Foto: Kontan.co.id

Kata siapa membuat percetakan harus memiliki alat yang mahal dan tempat yang besar? Anda bisa  membangun UKM percetakan hanya dari rumah lho. Anda hanya cukup memiliki kemampuan desain grafis dengan menguasai beberapa software editing gambar seperti CorelDraw, Photoshop, Ilustrator, maupun software lain yang Anda kuasai. Jika Anda memiliki kemampuan itu, segeralah buka percetakan tersebut.

Membuka Counter Pulsa

Membangun UKM dari rumah selanjutnya adalah membuka counter pulsa, Anda bisa membuka counter pulsa hanya dari depan rumah dengan memanfaatkan garasi atau teras rumah Anda. Apa lagi modal yang Anda keluarkan dalam membuka counter pulsa tidak terlalu besar. Sekarang hampir semua orang membutuhkan pulsa baik itu pulsa telepon/sms, dan pulsa data internet. Hal terpenting Anda bisa memberikan harga yang bersaing kepada para konsumen Anda.

Warung Sembako/Kebutuhan Sehari-hari

Sepertinya usaha yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh banyak masyarakat, Anda bisa melihat  setiap 100 meter di komplek atau perkampungan pastinya Anda menemukan warung sembako. Jika di lokasi rumah milik Anda, sudah terlalu banyak warung sembako, Anda bisa membuka warung lain dengan produk-produk yang lebih spesifik. Seperti agen gas elpiji, air mineral galon, toko beras, dan toko bahan-bahan kue pun bisa Anda coba.

Jasa Menjahit

Siapa bilang menjahit bukan usaha yang meyakinkan? Banyak lho para penjahit rumahan yang saat ini sudah sukses, bahkan memiliki perusahaan konveksi tersendiri. Jika Anda memang memiliki kemampuan menjahit yang cukup baik, maka sebaiknya Anda membuka usaha menjahit. Dengan modal yang tidak terlalu besar, namun dengan laba yang cukup menjanjikan.

Laundry

Membangun UKM dari rumah dengan usaha laundry. foto: rockinmama.com

Membangun UKM dari rumah dengan usaha laundry. foto: rockinmama.com

Bisnis binatu saat ini cukup menjanjikan, hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang sibuk dalam bekerja sehingga mereka tidak sempat mencuci pakaian, maupun karpet rumah mereka. Peluang ini yang bisa Anda jadikan untuk membangun UKM dari rumah mulai saat ini. Dengan modal yang tidak begitu besar, Anda bisa membuka jasa ini hanya dari rumah.

Agen Pengiriman

Bisnis kurir pengiriman saat ini memang cukup menarik untuk dilakukan. Seiring dengan perkembangan bisnis online, maka bisnis pengiriman pun ikut berkembang. Nah sepertinya membuka agen kurir pengiriman bisa Anda coba hanya dari garasi rumah. Dengan mendaftarkan diri ke cabang pusat agen pengiriman, dan memberikan uang jaminan, Anda bisa membuka bisnis yang satu ini.

Menjual Parfum

Usaha parfum bisa Anda coba untuk membangun UKM dari rumah. Kebutuhan akan parfum saat ini cukup banyak, terlebih parfum non alkohol. Jika Anda tertarik untuk membuka UKM ini, maka Anda bisa segera mencari supplier yang bisa menyediakan parfum dan botol-botolnya. Bisnis ini bisa membantu Anda untuk membangun UKM.

Demikianlah 8 usaha yang bisa dijalankan untuk membangun UKM dari rumah. Dalam membangun UKM tentu tidak mudah, pasti Anda akan menemukan beberapa kendala di dalamnya. Namun hal tersebut bukan berarti UKM yang Anda bangun telah gagal di dirikan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *