Bingung Mau Membangun Usaha dari Nol atau Membeli Usaha Franchise? Disini Jawabannya!

Membangun bisnis dari nol atau membangun franchise

Membangun bisnis dari nol atau membangun franchise

Menjadi pengusaha adalah impian banyak orang. Karena menjadi pengusaha dianggap bisa memiliki pendapatan, tanpa harus bekerja berangkat pagi pulang malam. Tetapi ketika ingin memulai bisnis, terkadang kita bingung, ingin membangun usaha dari nol atau membeli usaha franchise. Hal ini menjadi sesuatu yang membuat para calon pengusaha galau dalam memilih.

Ketika Anda ingin membangun usaha atau membeli franchise, Anda harus memiliki beberapa pertimbangan untuk dijadikan pegangan apakah Anda ingin membangun bisnis dari nol atau membeli usaha franchise yang sudah memiliki reputasi dan kredibiltasnya di masyarakat. Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Pertimbangan ini kelak akan menjadi satu hal penting bagi Anda untuk memulai usaha.

Pertimbangan Sebelum Memulai Usaha Mulai dari Nol atau Franchise

Nama Brand

Ketika Anda membeli bisnis franchise sudah pasti franchise yang Anda beli harus sudah dikenal luas oleh masyarakat. Hal inilah yang menjadi keuntungan Anda memilih nama brand untuk usaha franchise yang akan Anda beli. Namun, jika franchise  yang ingin Anda beli dianggap negatif oleh masyarakat, biasanya hal tersebut disebabkan oleh beberapa oknum yang menyebabkan hal itu terjadi.

Jika Anda membangun bisnis dari nol, sudah pasti brand yang Anda bangun tidak akan dikenal luas oleh masyarakat. Anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih banyak untuk mempromosikan bisnis yang akan Anda bangun tersebut. Belum tentu satu dua tahun bisnis Anda bisa dikenal luas oleh masyarakat. Karena mengenalkan brand produk ke masyarakat adalah suatu yang cukup sulit dan tidak mudah dilakukan oleh semua pengusaha.

Modal

Pertimbangan selanjutnya ketika ingin membangun usaha dari nol atau membeli usaha franchise adalah modal. Jika Anda membeli bisnis franchise, Anda hanya membayar sekian juta dan Anda bisa langsung menjalankan usaha franchise tersebut.

Berbeda jika Anda membangun bisnis dari nol, Anda harus mengeluarkan uang yang besar untuk modal. Baik itu sebagai biaya operasional, serta untuk biaya promosi yang umumnya sangat besar. Inilah hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum membangun bisnis dari nol. Namun, semua pertimbangan kembali kepada Anda, jika Anda memang ingin tetap membangun bisnis dari nol hal tersebut tidak masalah, apa lagi jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis sendiri.

Manajemen dan Pemasaran

Ketika Anda memilih bisnis franchise Anda pun tidak lagi memikirkan manajemen dan pemasaran. Karena para franchisor umumnya sudah menyediakan sistem manajemen yang cukup baik dan tinggal Anda ikuti saja skema yang berlaku tersebut.

Berbeda dengan membangun bisnis dari nol, selain Anda harus membangun reputasi produk di mata konsumen, Anda juga harus membangun manajemen yang baik untuk bisnis Anda. Membangun manajemen bukanlah hal mudah. Karena di luar sana cukup banyak pengusaha yang mengalami kegagalan karena sistem manajemen yang dijalankannya sangat buruk. Terutama dalam manajemen keuangan.

Apabila Anda ingin beriwirausaha, baik itu memulai bisnis dari nol atau membeli usaha franchise Anda harus mempersiapkan sistem keuangan itu sendiri. Anda bisa menggunakan software keuangan untuk mengatur semua jenis keuangan usaha Anda. Salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan adalah software keuangan Accurate yang sudah cukup dikenal luas di kalangan pengusaha di Indonesia.

Kesuksesan

Setiap usaha memiliki tingkat kesuksesan yang sama. Baik itu usaha yang didirikan dari nol maupun usaha franchise. Semua memiliki peluang untuk sukses, tetapi semua kembali lagi ke kita sebagai pengusaha. Apakah benar-benar mau serius menjalankannya atau hanya setengah-setengah.

Kegagalan terjadi jika kita memang belum menguasai ilmu dalam berwirausaha. Serta ketidakseriusan dalam menjalankan usaha tersebut. Baik usaha yang dibangun dari nol maupun usaha franchise yang dijalankan tidak serius pasti akan lebih cepat gagal. Namun, apabila kita konsisten dan serius dalam menjalankan usaha tersebut kesuksesan akan mengunjungi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *