Mengapa Akuntansi Manajemen Harus Dilakukan Oleh Pelaku UKM? Ini Alasannya!

Menjadi pengusaha bukan sekedar hanya fokus mengurus manajemen produk, manajemen pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia. Anda juga harus fokus untuk mengurus manajemen keuangan atau yang lebih dikenal dengan akuntansi manajemen. Ada beberapa hal yang harus dipahami mengenai akuntansi manajemen yang harus dilakukan oleh pelaku UKM di Indonesia.

Keberadaan akuntansi manajemen pada UKM adalah hal penting dan perlu. Karena akuntansi manajemen merupakan suatu cara untuk mengolah, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengukur manajemen keuangan yang baik dan terstruktur agar usaha yang telah berjalan dapat efektif dalam menggunakan sumber-sumber ekonomi usaha. Karena sumber ekonomi inilah yang akan menopang berjalannya usaha Anda.

Lalu akuntansi manajemen yang harus dilakukan oleh pelaku UKM seperti apa agar mereka sukses dalam berbisnis? Tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisnis yang Anda jalankan bisa terus berkembang dan terhindar dari kebangkrutan. Asalkan Anda selalu mengikutinya, karena akuntansi manajemen adalah alat untuk memonitor dan mengontrol jalannya UKM.

Akuntansi Manajemen yang harus dilakukan oleh Pelaku UKM

Acuan Operasional

Salah satu fungsi dari akuntansi manajemen sendiri adalah untuk informasi agar sistem operasional UKM Anda bisa berjalan secara efisien dan efektif. Dengan adanya informasi akuntansi manajemen ini, Anda bisa membuat acuan biaya operasional yang harus dikeluarkan. Berapa biaya produksi, biaya marketing, biaya internet, listrik, telepon, dan lainnya harus terpampang secara jelas dalam sebuah laporan.

Alat Perencana

Akuntansi manajemen menjadi salah satu alat perencanaan yang cukup baik untuk jalannya usaha yang Anda miliki. Tanpa akuntansi manajemen, Anda akan sulit dalam menentukan strategi apa saja yang Anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan.

Misal, kapan Anda harus mengikuti sebuah acara untuk memasarkan produk atau menambah skill kewirausahaan Anda, dan berapa biaya yang akan Anda keluarkan. Disinilah pentingnya sebuah akuntansi manajemen sebagai alat perencana para pelaku UKM.

Alat Pengambil Keputusan

Seiring berjalannya waktu, bisnis yang Anda miliki pastinya akan menemukan kendala-kendala. Kendala memang menjadi satu hal umum dalam menjalankan setiap usaha. Tetapi dengan kehadiran akuntansi manajemen, masalah bisa diambil dan diputuskan secara lebih baik dan lebih terstruktur. Karena data informasi dari akuntansi manajemen ini akan berguna sekali untuk menentukan kebijakan-kebijakan baru dalam pengendalian program usaha milik Anda.

Karena dengan akuntansi manajemen, Anda bisa menentukan strategi baru dengan berpacu pada data-data yang ada, baik itu data kuantitatif maupun data kualitatif. Sehingga keputusan yang akan diambil pun bisa dilakukan secara sistematis.

Sebagai Informasi Keuangan

Tentunya adanya akuntansi manajemen, bisa menjadi sebuah informasi bagaimana keadaan keuangan usaha Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan apakah kondisi keuangan usaha Anda sedang dalam kondisi baik atau buruk. Semua itu bisa dilihat berdasarkan dengan informasi akuntansi mananjemen yang berjalan.

Alat Pengawasan dan Pengendalian

Akuntansi manajemen yang harus dilakukan oleh pelaku UKM berfungsi untuk alat pengawasan dan pengendalian dari program atau strategi yang akan dijalankan. Sehingga Anda bisa melihat apakah ada pos anggaran yang berlebihan, atau hal-hal yang membuat usaha tidak lancar, serta Anda mengalami kerugian yang cukup banyak.

Alat Penyusunan Anggaran

Tentunya setiap periode berlangsung, Anda akan menyusun anggaran yang dibutuhkan dalam periode selanjutnya. Untuk menyusun anggaran ini, Anda membutuhkan informasi akuntansi manajemen untuk menyusun jumlah pos anggaran yang harus Anda keluarkan selama satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau selama satu tahun. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui untuk apa saja anggaran tersebut akan digunakan.

Mengapa akuntansi manajemen harus dilakukan oleh pelaku UKM di Indonesia, karena manajemen akuntansi ini sangat berguna untuk keberlangsungan jalannya usaha. Tanpa akuntansi manajemen, maka manajemen usaha akan terlihat tidak profesional.

Untuk menyusun akuntansi manajemen, Anda membutuhkan segala informasi keuangan usaha. Baik itu bukti transaksi, pembukuan, penjurnalan, hingga laporan keuangan. Jika Anda memang terasa sulit dalam menyusun itu semua, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi.

Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan yakni Accurate. Accurate merupakan software akuntansi yang sesuai dengan segala jenis UKM di Indonesia dan sangat user friendly. Anda bisa menggunakannya untuk menyusun anggaran. Jika Anda memang ingin membeli Accurate untuk asisten keuangan UKM Anda, Anda bisa membelinya melalui Store ABC Semanggi.

harbolnas 12 2017-slide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *