Pengen Punya Anggaran Marketing? 4 Cara ini Akan Membantu Anda menyusun Budget Marketing Untuk UMKM

Menyusun budget marketing untuk UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah umumnya adalah usaha yang memiliki anggaran terbatas. Bahkan anggaran yang dimiliki setiap UMKM tidak begitu besar, agar bisa menutupi beban operasional usaha. Bagaimana menyusun budget marketing untuk UMKM agar bisa menjalankan strategi pemasaran.

Sebagian besar UMKM, memang tidak memiliki strategi marketing, disebabkan oleh minimnya anggaran yang dialokasikan ke tahap pemasaran. Banyak pengusaha UMKM hanya berpikir, bahwa pemasaran bisa dilakukan hanya dengan sosialisasi dari mulut ke mulut. Memang tidak salah, tetapi untuk memperkenalkan UMKM milik Anda secara luas. Anda bisa melakukan berbagai cara yang minim budget.

Banyak sekali kendala yang sering ditemukan ketika menyusun budget marketing. Karena umumnya biaya budget marketing cukup tinggi. Dan belum tentu bisa kembali dengan cepat. Banyak pengusaha yang berpikir demikian. Agar menyusun budget marketing untuk UMKM bisa sesuai efektif dan tepat sasaran, Anda harus mengikuti tips berikut ini:

Apa Goal Anda?

Goal atau tujuan merupakan hal penting yang harus dipikirkan secara matang sebelum menyusun budget marketing. Apa yang ditawarkan oleh UMKM milik Anda, apakah produk barang atau jasa. Anda harus bisa menentukan tujuan Anda terlebih dahulu.

Dengan memiliki tujuan, Anda bisa berpikir apa saja tools marketing yang ingin Anda coba agar tepat sasaran. Apakah dengan sarana billboard, spanduk, atau menggunakan brosur yang diletakkan di lokasi yang mudah dijangkau oleh target pasar Anda. Jika tools sudah diketahui, maka Anda bisa menyusun anggaran marketing.

Tentukan Tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Dalam menyusun budget marketing untuk UMKM, Anda sebagai pengusaha harus menentukan tujuan jangka panjang maupun jangka pendek sebagai dasar acuan penyusunan anggaran marketing. Misal, untuk jangka pendek Anda ingin melakukan pemasaran marketing hanya dengan tools saja. Jangka panjangnya Anda bisa menentukan strategi marketing seperti apa yang cocok untuk dijalankan pada usaha Anda. Misal Anda ingin membuat website bagi usaha Anda, atau memakai tokoh publik untuk endorse usaha atau produk Anda. Anda harus pikirkan sebaik dan sedetail mungkin.

Melihat Laba atau Arus Kas Perusahaan

Berapa laba yang Anda miliki dari hasil total usaha? Sisihkanlah laba yang Anda miliki dari usaha tersebut untuk dijadikan alat untuk penyusunan budget marketing. Anda bisa menyisihkan sekitar 10 hingga 15% total laba sebagai anggaran marketing. Dari laba yang Anda peroleh, dapat menentukan berapa budget marketing yang bisa Anda keluarkan.

Buatkan Catatan Khusus Untuk Anggaran Marketing

Anda harus melakukan penyusunan budget marketing dengan membuat catatan khusus. Catatan khusus ini akan menjadi prediksi awal, berapa kebutuhan untuk membeli tools marketing. Misal untuk spanduk, flyer, brosur, dan sebagainya. Anda harus menyusunnya dengan baik agar total anggaran dapat terinci sedemikian rupa dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Marketing adalah satu hal penting dalam menjalankan usaha. Karena, marketing adalah satu cara untuk mengenalkan produk yang dimiliki kepada orang banyak. Dengan banyaknya masyarakat yang mengetahui produk yang Anda miliki, dan produk Anda tersebut sangat dibutuhkan. Maka mereka akan mencari produk yang mereka butuhkan tersebut dan menggunakannya.

Menyusun budget marketing untuk UMKM bukanlah perkara mudah. Karena, anggaran yang dimiliki oleh pengusaha UMKM sangatlah terbatas. Sehingga penyusunan anggaran harus disusun sebaik dan seefektif mungkin dan tidak menganggu keuangan usaha Anda.

Agar keuangan usaha Anda bisa dilakukan dengan baik dan sesuai dengan rencana anggaran yang telah Anda susun. Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang cocok digunakan oleh UMKM di Indonesia yakni Accurate Software. Accurate memiliki software dengan harga terjangkau bagi UMKM. Terlebih jika memilih software Accurate Online (AOL) yang harganya hanya tidak lebih dari Rp 2 juta. Untuk membeli produk Accurate Anda bisa datang langsung ke Store Accurate di Plaza Semanggi, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *