fbpx

Pengertian Akuntansi, Fungsi, serta Manfaatnya yang Jarang Diketahui Para Pengusaha

pengertian akuntansi, fungsi, serta manfaatnya

pengertian akuntansi, fungsi, serta manfaatnya

Mendengar kata akuntansi, sering sekali kita mengabaikannya. Apa lagi jika kita bukan berasal dari kalangan akuntan. Rasanya mendengar kata akuntansi engan membicarakannya, terlebih jika sudah membicarakan hal teknis. Tetapi apa sebenarnya pengertian akuntansi yang sebenarnya. Terutama akuntansi untuk bisnis, fungsi, dan manfaatnya.

Dalam bisnis, akuntansi adalah sebuah cara terbaik untuk melihat pergerakan keuangan usaha. Jika Anda adalah seorang pengusaha, sudah seharusnya Anda mengetahui secara umum mengenai akuntansi, fungsi akuntansi untuk bisnis, serta manfaat akuntansi bagi pengusaha.

Anda tak boleh mengabaikan akuntansi pada bisnis yang Anda jalankan. Karena akuntansi memiliki peran cukup penting pada bisnis yang dijalankan. Banyak bisnis yang tidak menerapkan sistem akuntansi, dan bisnis tersebut dekat dengan kehancuran.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah proses pencatatan data keuangan, penyajian angka, dan penyajian informasi berupa angka-angka yang berdasarkan jumlah uang pada usaha. Jika kita melihat pengertian akuntansi menurut AAA (American Accounting Association) mendefinisikan akuntansi sebagai proses identifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi sebagai sumber penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi orang-orang yang berkepentingan pada data tersebut.

Masyarakat awam sering sekali menganggap akuntansi hanya untuk menghitung jumlah uang perusahaan. Karena banyak yang menganggap kalau akuntansi hanya dijalankan pada perusahaan-perusahaan besar yang memiliki keuangan yang besar serta transaksi yang banyak.

Sebenarnya, akuntansi tidak hanya diterapkan pada perusahaan besar saja. Tetapi akuntansi pun bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari. Baik kehidupan keluarga, maupun kehidupan bisnis skala UMKM. Bahkan bisnis kecil pun harus menerapkan sistem akuntansi dengan baik untuk bisa memantau keuangan usaha mereka.

Selain pengertian akuntansi, kita pun akan membahas mengenai fungsi akuntansi, serta manfaat akuntansi bagi para pebisnis yang sangat jarang diketahui.

Apa Fungsi Akuntansi Bagi Bisnis?

Akuntansi juga memiliki fungsi yang harus diketahui para pengusaha. Terutama bagi para pengusaha yang tidak memiliki ilmu dasar akuntansi. Dengan mengetahui fungsi dari akuntansi, maka Anda pun akan mengetahui manfaat diterapkannya sistem akuntansi pada usaha.

Alat untuk Merekam Transaksi

Fungsi akuntansi sebagai alat untuk merekam setiap transaksi secara kronologis, dan sistematis yang akan tersusun dalam laporan keuangan.

Melindungi Aset Bisnis

Memang tidak banyak yang mengetahui kalau akuntansi bisa melindungi aset bisnis. Mungkin Anda telah menjaminkan aset bisnis kepada bank, dan Anda tidak membayar hutang kepada Bank. Bisa saja hal tersebut akan membuat aset Anda menyusut.

Disinilah peran akuntansi, dengan memiliki catatan akuntansi yang jelas. Anda bisa melindungi aset bisnis Anda serta bisa menerapkan sistem secara tepat dan kuat untuk melindungi aset bisnis.

Alat Komunikasi

Komunikasi ternyata bukan hanya berupa kata-kata saja. Angka-angka pun bisa menjadi alat komunikasi. Umumnya hal ini terjadi pada dunia bisnis. Yang mana setiap anggaran yang digunakan akan bertanggung jawab untuk menjawab kegunaannya masing-masing. Inilah yang dimaksud proses akuntansi pada pengertian akuntansi, fungsi akuntansi serta manfaat akuntansi.

Alat Peringkas

Sebagai pebisnis, Anda pasti tidak mungkin harus membaca catatan transaksi secara keseluruhan. Melainkan harus membacanya secara ringkas. Karena, banyak pengusaha yang tidak memiliki waktu untuk membacanya secara keseluruhan. Hasil ringkasan dari catatan transaksi yang ada berupa laporan keuangan yang bisa melihat bagaimana neraca keuangan, laba rugi usaha, arus kas, dan neraca.

Manfaat Akuntansi

Setelah mengetahui apa pengertian akuntansi yang sebenarnya serta manfaat akuntansi yang tidak banyak diketahui oleh para pengusaha, kalau akuntansi bisa menjadi sebuah alat untuk melihat kinerja usaha yang dijalankan, dan akuntansi akan memudahkan para pengusaha dalam mendapatkan akses modal.

Dimana catatan akuntansi akan menjadi dasar acuan para pengusaha untuk melihat perkembangan usahanya dengan baik. Dan ketika Anda ingin mengajukan pinjaman atau mencari investor mereka akan melihat bagaimana catatan akuntansi bagi usaha Anda. Itulah pentingnya pengertian akuntansi, fungsi akuntansi, serta manfaatnya bagi usaha.

Di era komputer saat ini, dalam mengelola setiap catatan akuntansi sudah sangat mudah. Sebab, Anda sebagai pengusaha bisa menggunakan software akuntansi dalam mengerjakan segala proses akuntansi. Hal ini akan mempersingkat pekerjaan Anda dalam mengelola catatan keuangan bisnis yang Anda miliki.

Salah satu software akuntansi yang bisa Anda pilih untuk membantu Anda dalam mengelola sistem akuntansi adalah software Accurate. Software Accurate sangat mudah digunakan, terutama bagi pengusaha yang usahanya sedang berkembang-kembangnya. Karena Accurate bisa melakukan segala proses akuntansi, serta membuat laporan pajak yang sudah terintegrasi dengan e-faktur dan e-spt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *