fbpx

Penting! Pengertian Akuntansi Biaya Serta Fungsinya Bagi Bisnis Anda

akuntansi biaya serta fungsinya bagi bisnis

akuntansi biaya serta fungsinya bagi bisnis

Akuntansi pada bisnis memiliki beberapa cabang yang harus diketahui pengusaha. Banyak pengusaha yang menganggap akuntansi itu tidak penting. Padahal akuntansi sangat penting bagi jalannya bisnis mereka. Salah satu cabang ilmu akuntansi yang harus dipelajari adalah akuntansi biaya serta fungsinya bagi bisnis.

Kali ini kita akan fokus untuk membicarakan mengenai akuntansi biaya serta fungsinya. Banyak pengusaha yang tidak memahami akuntansi biaya dan apa sebenarnya fungsi cabang ilmu akuntansi yang satu ini. Untuk itu sebagai seorang pengusaha Anda tidak boleh meremehkan akuntansi pada bisnis Anda.

Pengertian Akuntansi Biaya

Pengertian akuntansi merupakan proses pencatatan dan melaporkan hasil biaya yang dikeluarkan dari biaya pembuatan suatu produk atau jasa. Penghitungan biaya ini bertujuan untuk aktivitas perencanaan, pengendalian, perbaikan, dan efisiensi sebagai alat untuk membuat keputusan rutin maupun strategis.

Kehadiran akuntansi biaya ini digunakan para pengusaha untuk mengitung setiap total biaya produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah total produksi, serta bisa melakukan penentuan total harga jual bagi produk tersebut.

Dengan menggunakan akuntansi biaya, Anda bisa melakukan perhitungan secara jelas dan benar. Karena akuntansi biaya inilah yang menjadi dasar penentuan harga jual pada setiap produk yang di produksi. Semua total biaya produksi akan terlihat jika Anda menerapkan sistem akuntansi yang baik dan benar. Dan dapat mendefinisikan jumlah harga pokok.

Selain pengertian akuntansi biaya, kita pun akan membahas mengenai fungsi dari akuntansi biaya. Sehingga sebagai pengusaha, mengetahui kenapa akuntansi biaya ini penting untuk dilakukan.

Fungsi Akuntansi Biaya Bagi Bisnis

Merencanakan dan Mengendalikan Biaya

Ketika Anda memproduksi suatu barang, tentunya terdapat estimasi biaya yang dikeluarkan. Estimasi biaya ini akan menjadi faktor yang mempengaruhi biaya. Anda akan mengetahui apakah biaya yang digunakan terdapat selisih atau jumlah biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan prediksi awal. Jika hal ini terjadi, maka Anda sebagai pemilik usaha harus mencari tahu faktor yang menyebabkan selisih biaya tersebut. Proses ini harus dilakukan dengan teliti dengan menghitung semua biaya produksi.

Perhitungan Harga Pokok

Akuntansi biaya serta fungsinya bagi bisnis adalah untuk menentukan harga pokok yang harus di laporkan oleh bagian keuangan untuk mengetahui harga pokok yang diberikan. Karena akuntansi biaya pasti akan mengetahui jumlah harga produksi, hargo pokok yang wajar untuk setiap produk yang dihasilkan bahkan hingga harga perunit pun bisa dilakukan.

Sebagai Data Penyusunan Anggaran

Akuntansi biaya tidak hanya berguna untuk penentuan dan perencanaan biaya saja. Tetapi kesemua itu harus terdapat anggaran yang digunakan. Setiap data anggaran harus tercatat dengan benar dan baik untuk disusun menjadi sebuah penyusunan anggaran.

Sehingga akuntansi biaya berfungsi sebagai guideline jumlah biaya yang dikeluarkan oleh bagian produksi dalam menciptakan produk yang sudah di produksi. Akuntansi biaya akan menjadi acuan untuk membuat sebuah anggaran produksi yang tepat dengan bersumber pada anggaran biaya produksi si masa sebelumnya.

Informasi Biaya Bagi Pihak Manajemen

Setiap penyusunan anggaran yang terjadi pastinya tidak hanya dibutuhkan oleh bagian produksi saja. Pihak manajemen atau pengusaha seperti Anda pun memerlukan laporan biaya yang sudah dikeluarkan. Apabila biaya yang dikeluarkan akan menjadi acuan dasar untuk menyusun sebuah laporan keuangan di akhir periode. Selain itu, akuntansi biaya juga berfungsi sebagai proses yang sudah sesuai atau belum. Jika tidak sesuai dengan proses yang telah ditentukan, maka hal tersebut terdapat penyimpangan.

Itulah pentingnya sebuah akuntansi biaya serta fungsinya bagi bisnis yang Anda jalankan. Terlebih jika bisnis Anda merupakan bisnis yang sudah memproduksi barang cukup banyak, maka akuntansi biaya ini penting untuk dilakukan. Karena jika tidak akan sangat sulit menghitung keuntungan yang diperoleh dan menyusun laporan keuangannya.

Namun, jika jumlah biaya yang dikeluarkan sudah lebih dari Rp 100 juta. Sebaiknya Anda menggunakan software keuangan Accurate untuk menyusun akuntansi biaya serta laporan keuangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan hitung jika Anda menghitung secara manual. Dengan menggunakan Accurate maka Anda bisa dengan mudah menjalankan akuntansi biaya serta fungsinya bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *