fbpx

Tips Mengerti Akuntansi Dasar yang Harus Dipahami Oleh Pengusaha

akuntansi dasar yang harus dipahami oleh pengusaha

akuntansi dasar yang harus dipahami oleh pengusaha

Menjadi pengusaha impian banyak orang. Hampir semua orang kini ingin sekali menjadi pengusaha, tetapi tidak semua orang berhasil menjadi pengusaha. Karena, menjadi pengusaha bukanlah hal mudah serta tidak adanya lembaga pendidikan formal untuk menjadi pengusaha. Salah satu hal yang sulit menjadi pengusaha adalah ketika harus memahami akuntansi dasar yang wajib dipahami oleh pengusaha.

Sebagai seorang pengusaha, sudah pasti Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha tersebut. Tetapi, untuk mendapatkan keuntungan tidaklah mudah. Karena Anda harus menjalankan sistem akuntansi dasar yang sangat umum dilakukan, karena dengan memiliki sistem akuntansi akan terlihat jumlah kerugian dan juga jumlah keuntungan yang diperoleh.

Tidak semua pemilik usaha memahami akuntansi secara luas. Tetapi, bukan berarti Anda harus mengabaikan akuntansi pada usaha Anda. Karena dengan akuntansi, Anda bisa mengetahui jumlah pergerakan uang pada usaha yang Anda miliki. Adapun akuntansi dasar yang harus dipahami oleh para pemilik usaha sebagai berikut.

Pembukuan

Pembukuan dilakukan untuk melakukan pencatatan segala jenis transaksi yang terjadi. Sebab dengan pembukuan, Anda bisa mengetahui jumlah uang yang Anda miliki. Seperti uang modal, uang usaha, serta jumlah hutang akan terlihat sangat jelas pada pembukuan.

Meskipun pada awalnya pembukuan adalah hal yang sulit, tetapi jika Anda melakukannya terus menerus hal tersebut tidak akan sulit. Karena Anda akan terbiasa dengan kegiatan pembukuan. Sehingga Anda tak perlu sulit lagi dalam memisahkan setiap jumlah uang usaha Anda.

Pahami Mengenai Pencatatan

Hal dasar dalam akuntansi selanjutnya adalah memahami setiap pencatatan. Karena sumber data keuangan yang valid adalah dengan memiliki catatan keuangan yang baik. Tanpa catatan keuangan, Anda akan sangat sulit dalam melihat berapa jumlah uang yang masuk dan uang keluar yang Anda terima.

Pencatatan ini berupa pencatatan uang masuk dan pencatatan uang keluar. Tanpa itu semua, Anda akan sangat sulit melihat kemana saja uang usaha Anda mengalir. Disinilah peran penting sebuah pencatatan, sehingga Anda mengetahui kemana saja uang usaha Anda mengalir. Apa sudah sesuai atau belum.

Laporan Keuangan

Sebagai pengusaha Anda harus paham mengenai apa itu laporan keuangan. Laporan keuangan ini akan berisi mengenai perputaran uang yang terjadi pada periode tertentu. Sehingga Anda bisa melihat perkembangan usaha Anda dari laporan keuangan ini.

Laporan keuangan menjadi salah satu dasar yang akan menjadi acuan dalam mengembangkan usaha Anda. Karena dari laporan keuangan inilah akan menjadi dasar untuk pengambilan keputusan pada usaha atau menentukan rencana bisnis untuk selanjutnya. Itulah sebabnya akuntansi dasar harus dipahami oleh pengusaha yang ingin melihat bisnisnya maju dan bisa terus berkembang dengan cashflow baik.

Laporan keuangan terdiri dari empat jenis. Laporan keuangan ini akan menjadi acuan Anda dalam melihat perkembangan bisnis. Dua laporan terpenting dalam usaha yang harus Anda ketahui yakni laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Mengetahui Catatan Persediaan Stok

Akuntansi bukan sekedar perhitungan keuangan saja. Anda juga harus memantau stok barang yang harus Anda pantau setiap saat. Karena stok barang inilah yang akan menjadi hal penting dari proses akuntansi, jika proses akuntansi tanpa stok barang, maka hal tersebut akan sangat sulit memantau bagaimana pergerakan barang pada usaha Anda. Memang memantau stok barang sangatlah sulit, terlebih jika Anda memiliki usaha dagang. Jika dilakukan secara manual, maka itu akan sangat sulit terpantau. Karena Anda pasti melupakan beberapa catatan.

Akuntansi dasar yang harus dipahami oleh pengusaha memang beragam. Jika Anda merasa sulit dalam memahami akuntansi untuk bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate untuk melakukan aktivitas akuntansi bisnis Anda. Seperti membuat pembukuan, membuat laporan keuangan, dan membuat persediaan stok barang bisa dilakukan melalui Accurate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *