skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
3 Cara Praktis Lapor Pajak Pribadi Kamu Secara Online Tanpa Ribet Dan Ngantri !

3 Cara Praktis Lapor Pajak Pribadi Kamu Secara Online Tanpa Ribet dan Ngantri !

Accurate Online – Hayoo, udah pada lapor pajak pribadi belum nih ? atau jangan-jangan masih pada bingung gimana cara lapor pajak pribadi secara online. Sebetulnya di Internet sudah banyak banget informasi tentang itu, mulai dari informasi resmi account pajak nya sampai beberapa situs rekanan pajak atau pun situs umum yang membahas tentang itu.

Disini kita coba rangkumkan buat kamu nih guys, 3 cara praktis lapor pajak pribadi secara online :

  1. Isi Formulir 1721 A1/A2
  2. Dapetin EFIN
  3. Laporkan secara online (eFilling)

Gimana gampang kan ? terus gimana cara dapetin EFIN nya, fungsinya apa sih ? lalu eFilling itu apaan juga sih ? Oke kita bahas satu-satu ya..

Saat ini Dikrektorat Jendral Pajak memberikan kemudahan kepada para Wajib Pajak dengan membuat aplikasi DJP Online , fungsinya memberikan fasilitas kepada Wajib Pajak untuk lapor SPT Pajak atau pembayaran pajak secara online melalui aplikasi e-filing & e-Billing Pajak biar pada ga capek-capek ngantri guys. Lalu apa sih e-filling dan e-billing ?

e-Filing Pajak merupakan aplikasi untuk penyampaian SPT Tahunan secara online, sedangkan e-Billing Pajak merupakan aplikasi pembuatan kode billing pajak secara online untuk proses pembayaran pajak. Kode Billing ini sebagai pengganti Surat Setoran Pajak (SSP) dan pembayaran pajak bisa anda lakukan melalui Bank, Mesin ATM, Kantor Pos, Internet Banking, maupun Mobile Banking.

Ada 5 saluran efilling resmi yang bisa kamu gunakan untuk lapor pajak pribadi kamu secara online :

  1. Website DJP Online (https://djponline.pajak.go.id)
  2. OnlinePajak
  3. BRI
  4. Pajakku
  5. SPT

Nah, biar bisa lapor pajak secara online lewat e-filling tadi butuh yang namanya efin guys. Untuk mendapatkan nomer efin, kamu bisa cek disitus ini guys . Terus untuk dapetin formulir 1721 A1/A2 nya udah pada tau ga guys ? Untuk formulir itu, kamu bisa minta ke HRD atau ke bagian finance di tempat kerja kamu guys.

Lah, justru aku orang akunting, tugas aku justru bikin bukti potong pajak buat anak-anak lain di kantor !

Klo itu tenang aja guys, kamu bisa coba pake software akuntansi accurate online. Software ini berbasis online yang bisa diakses dimana saja (yang penting ada koneksi internet). Fiturnya paling lengkap di kelasnya (kamu boleh deh compare dengan aplikasi yang sejenis), accurate online ini merupakan karya anak bangsa yang sudah 17 tahun lebih di Indonesia (jadi udah pengalaman banget kan ) dan sudah 4x berturut-turut mendapatkan TOP Brand Award.

Hingga saat ini pengguna accurate sudah sampai 300ribu user guys, dari berbagai background dan institusi swasta atau pemerintahan. Accurate online ini gak hanya bisa rapihin pembukuan usaha kamu loh, dia juga bisa rapihin urusin pajak pajak kamu di kantor.  Jadi, klo cuma bikin bukti potong pph 21 untuk para karyawan sih gampang guys, selain itu Accurate online juga sudah terhubung dengan fitur e-faktur dan eSPT, dan bisa melakukan perhitungan  pajak secara otomatis untuk PPN, PPh 23, PPh 4 ayat 2, PPh 15, PPh 21, dan PPh 22.

Membuat Bukti Potong PPh Ps. 21 Formulir 1721-A1 dan 1721-V1 dengan software akuntansi Accurate Online

  • Membuat Bukti Potong PPh Ps. 21 Formulir 1721-A1 : ke tab Formulir 1721-A1, lalu pilih periode tahun yang akan dicetak bukti potongnya, kemudian klik informasi ‘Cetak Formulir 1721-A1’. Jika anda ingin mengimport transaksi PPh 21 ini ke ePPh 21 Pajak, silakan klik e-PPh 2126 untuk meng-ekspor file csv atas transaksi PPh 21 yang telah dicatat di Accurate Online.Formulir ini merupakan formulir bukti potong untuk pencatatan PPh 21 atas gaji karyawan tetap.
  • 34
  • Membuat Bukti Potong PPh Ps. 21 Formulir 1721-VI : ke tab Formurli 1721-VI, lalu pilih periode tahun yang akan dicetak bukti potongnya, kemudian klik informasi ‘Cetak Formulir 1721-VI’. Jika anda ingin mengimport transaksi PPh 21 ini ke ePPh 21 Pajak, silakan klik e-PPh 2126 untuk meng-ekspor file csv atas transaksi PPh 21 yang telah dicatat di Accurate Online.Formulir ini merupakan bukti potong untuk pencatatan PPh 21 atas gaji karyawan tidak tetap serta pemasok yang dikenakan PPh Ps. 21.

5
6

 

Biar makin seru, bisa lihat video nya disini :

Buat kamu yang mau coba software akuntansi Accurate Online, bisa gunakan fasilitas FREE TRIAL selama 30 hari disini :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top