skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
6 Cara Ampuh Membangun Tim Bisnis Yang Solid

6 Cara Ampuh Membangun Tim Bisnis yang Solid

Membangun sebuah tim bisnis tidaklah mudah. Anda harus bisa mengajak tim untuk bisa bekerjasama dan menyatukan visi misi untuk mencapai tujuan. Apabila tim Anda tidak bisa bekerja maksimal, bisnis Anda pun akan mengalami kendala. Lalu bagaimana membangun tim yang solid ?

Keberadaan tim yang solid, akan dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan bersama demi kesuksesan bisnis. Bagaimana membangun tim bisnis yang solid? Tentunya tidak mudah. Kali ini ABC Semanggi akan membantu Anda untuk bisa membangun tim bisnis yang solid selain Anda harus merapihkan keuangan bisnis Anda.

Ajak Tim Mengetahui Visi Misi Bisnis

Tahap awal agar tim dalam bisnis Anda solid, dengan mengajak mereka memahami setiap visi misi bisnis. Jangan sampai, anggota tim tidak mengetahui apa yang menjadi tujuan perusahaan kedepan. Ketika semua tim bergerak dengan jalan yang sama tentunya tujuan dari bisnis akan bisa jalan secara bersamaan dan bisa bergerak dengan lebih cepat.

Langkah awal ketika Anda mendirikan bisnis, cobalah untuk mengajak setiap individu memahami setiap tujuan dan target dari bisnis yang di bangun. Dengan begitu, mereka akan bekerja sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Anda dalam menjalankan usaha. Sehingga akan memudahkan target perusahaan.

Saling Menghargai dan Menghormati

Membangun tim Solid. Source: tuw.co.id

Ketika di perusahaan menjadi karyawan, Anda mungkin sering menemukan orang yang tidak bisa menghargai dan menghormati orang lain. Mereka juga sering menjadi seorang yang hanya mementingkan diri mereka sendiri.

Saat Anda membangun tim bisnis, hindarilah hal ini. Apabila ini terjadi, akan sangat sulit bisnis Anda bisa maju ke depan. Sebaiknya Anda harus membangun tim yang dapat saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Saling menghormati adalah kunci utama dari kesuksesan sebuah bisnis. Semua anggota tim memiliki kapasitas dan pengalaman yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, kontribusi anggota tim tidak dapat disama ratakan. Menghormati setiap anggota tim menjadi salah satu apresiasi yang wajib dijalankan oleh masing-masing anggota tim.

Bangun Komunikasi yang Baik

Selain saling menghormati dan menghargai, berkomunikasi dengan anggota tim tidak bisa dilakukan dengan cara yang sama kepada setiap anggota tim. Mungkin ada anggota tim yang tidak bisa diajak berkomunikasi dengan cara keras, namun mereka harus dilakukan secara lembut dan bersikap lebih privasi.

Anda juga bisa mencoba membangun komunikasi mengenai setiap project yang sedang dijalankan hanya dengan anggota yang memiliki tanggung jawab dalam project tersebut. Dengan begitu, komunikasi yang dibangun akan lebih efektif.

Menerima Ide dan Gagasan dari Anggota Tim

Ketika Anda sedang berdiskusi dengan anggota tim, cobalah untuk menerima setiap ide dan gagasan yang disampaikan dari individu dalam tim. Hindari untuk mencemooh dan menjatuhkan ide anggota tim Anda ketika mereka memberikan ide dan gagasan yang baru. Dengan begitu, anggota tim akan merasa bahwa ide dan gagasan mereka bisa diterima dengan baik.

Berikan Kesempatan Individu Tim Mendapatkan Edukasi dan Pengalaman Berbeda

Anggota tim tidak hanya ingin mendapatkan pengalaman di tempat mereka bernaung saat ini. Anda bisa memberikan edukasi dan pengalaman lain bagi anggota tim. Misal, berikan mereka edukasi seperti pelatihan yang sesuai dengan jobdesk mereka.

Meskipun setiap anggota tim sudah memberikan hasil maksimal yang cukup tinggi, anggota bisnis juga harus mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari luar yang bisa membantu mereka untuk mendapatkan ide baru dan segar yang bisa mereka gunakan pada project bisnis.

Review Setiap Tugas

Setiap anggota tidak akan suka jika mereka bekerja tanpa penilaian. Berikanlah review setiap tugas yang telah mereka kerjakan. Dengan begitu, mereka akan merasa bahwa Anda memperhatikan setiap tugas yang mereka lakukan.

Dengan adanya review dan evaluasi, anggota tim akan mengetahui dimana kekurangan mereka. Ketika ada kekeliruan dari tugas salah satu anggota tim, Anda bisa segera melakukan evaluasi kepada anggota tersebut. Sehingga tujuan bisnis tetap bisa tercapai.

Semoga keenam cara di atas bisa membantu Anda dalam membangun tim yang solid. Dengan tim yang solid, tentunya bisnis yang Anda jalankan bisa dengan mudah mencapai tujuan dan target bisnis. Sehingga kesuksesan akan tercapai lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top