skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
5 Cara Mudah Nan Efektif Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

5 Cara Mudah Nan Efektif Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

Mengatur keuangan di rasa menjadi sesuatu yang cukup sulit bagi sebagian orang. Namun jika Anda berbisnis, Anda harus bisa mengelola dan mengatur keuangan bisnis dengan baik. Jangan sampai, keuangan bisnis tidak dicatat dengan benar. Lalu bagaimana agar Anda bisa mengelola keuangan bisnis dengan efektif dan efisien, simak tips berikut ini.

Rencanakan Setiap Pengeluaran

Ketika bisnis Anda sudah berjalan, Anda bisa melakukan perencanaan keuangan dengan teliti. Dengan perencanaan yang baik, Anda bisa mengatur penggunaan uang. Meskipun tampaknya uang modal Anda masih cukup banyak, tetapi Anda tetap harus mengaturnya se-efisien mungkin.

Pergunakanlah uang modal sebagaimana mestinya. Jika Anda harus membeli produk yang akan di jual, belilah produk tersebut. Apabila Anda harus membeli bahan baku, belilah sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli secara berlebihan.

Dengan menggunakan perencanaan keuangan setiap pengeluaran, akan terpantau dengan baik. Kelebihan dana yang ada, masih bisa Anda simpan untuk dipergunakan di lain waktu dan untuk di belanjakan barang lain yang lebih bermanfaat untuk bisnis.

Menghitung Omzet dengan Benar

Mengelola Keuangan Bisnis

Mengelola Keuangan Bisnis. Source: dream.co.id

Banyak pengusaha pemula yang sering mengira bahwa omzet adalah keuntungan. Anda jangan salah memahami hal ini. Omzet adalah seluruh uang yang diperoleh dari penjualan. Namun, omzet bukan sebuah keuntungan, sebab omzet belum di kurangi dengan biaya produksi, biaya karyawan, biaya operasional, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan produksi ataupun jasa.

Uang yang Anda peroleh tersebut belum bisa dikatakan sebagai sebuah keuntungan jika belum Anda potong berbagai macam biaya yang keluar ketika memproduksi produk maupun jasa. Terkadang, para pengusaha professional selalu mengatakan kalau omzet adalah pendapatan kotor. Hitunglah omzet dengan benar, hingga Anda mendapatkan nilai bersih dari seluruh keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan.

Jangan Gunakan Keuntungan untuk Keperluan Pribadi

Kesalahan terbesar banyak pengusaha dimanapun, sering menganggap dan menggunakan keuntungan dari bisnis untuk keperluan pribadi. Memang tidak salah, karena keuntungan yang Anda dapatkan merupakan hasil kerja keras Anda.

Tetapi Anda harus ingat, bisnis selalu berkembang setiap tahun, bulan maupun hari. Tren bisnis selalu berubah, sehingga Anda harus menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha kedepan. Hindari menggunakan keuntungan secara berlebihan hanya untuk memenuhi hasrat pribadi.

Mengelola keuangan bisnis kecil cukup sulit, apa lagi jika Anda merintis dari awal. Untuk itu Anda harus bisa mengatur uang dari keuntungan dengan baik. Jangan pernah menggunakan uang untuk kepentingan pribadi yang tidak begitu bermanfaat.

Jangan Terlalu Banyak Berhutang

Ketika Anda menjalankan usaha, terkadang akan banyak sekali godaan yang datang. Salah satu godaan adalah pinjaman dari lembaga keuangan. Memang tidak salah jika Anda meminjam uang dari bank. Tetapi ketika Anda akan meminjam, cobalah untuk berpikir kembali. Dan bertanya kepada diri Anda sendiri, “Perlukah Anda berhutang saat ini?”

Jika jawabannya belum perlu, maka Anda tidak perlu berhutang. Jika Anda berhutang, setiap keuntungan yang Anda dapatkan harus Anda cicilkan untuk membayar hutang tersebut, belum lagi dengan bunga. Cobalah bersabar dengan kondisi yang ada.

Apabila bisnis Anda berjalan dengan baik dan pengelolaan keuangan bisnis berjalan dengan tepat, Anda tidak perlu lagi untuk berhutang. Bersabarlah, sambil menyisihkan setiap keuntungan bisnis untuk pengembangan usaha.

Buatlah Catatan Keuangan

Satu hal terpenting dalam bisnis adalah catatan keuangan. Catatlah setiap pengeluaran dengan baik dan benar. Selalu cocokan jumlah uang tunai dengan catatan. Dengan adanya catatan keuangan bisnis bisa dipantau dengan lebih mudah.

Selain itu, Anda juga harus mencatat setiap barang yang keluar masuk. Jika Anda berbisnis di bidang penjualan produk. Cocokan selalu catatan jumlah barang dengan jumlah stok yang ada di gudang maupun di toko. Jangan sampai, jumlah catatan dengan jumlah barang tidak sesuai.

Jika Anda kesulitan dalam mencatat setiap keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan Accurate Online. Accurate Online merupakan aplikasi akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan oleh segala jenis usaha untuk mencatat, menghitung, dan mengelola stok dengan baik

Accurate Online juga sudah terintegrasi dengan sistem pajak di Indonesia, memudahkan Anda sebagai pengusaha dalam melakukan pencatatan pajak secara akurat. Tunggu apa lagi, yuk pakai Accurate Online sekarang! Gratis 30 hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top