skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Waktunya Mengembangkan Usaha Dengan 5 Cara Ini!

Waktunya Mengembangkan Usaha dengan 5 Cara Ini!

mengembangkan usaha

Mengembangkan usaha. Source: http://www.mesoyios.ac.cy

“Gimana mengembangkan usaha saya?” Hampir setiap pengusaha pemula menanyakan pertanyaan tersebut. Usaha telah jalan, modal telah keluar, uang sudah masuk, pembeli sudah ada, tapi kok keuntungan dan pendapatan tidak terlihat.

Menjalankan usaha memang tidak boleh sembarangan, Anda harus melakukan berbagai strategi agar usaha Anda bisa berkembang dengan cepat dan signifikan. Banyak pengusaha pemula atau pengusaha yang baru terjun ke dunia usaha, malah tidak tahan dengan kondisi di lapangan.

Lalu, bagaimana agar usaha Anda bisa terus berkembang dan keuntungan selalu meningkat setiap tahunnya. Tentunya ada cara dan trik untuk mengembangkan usaha yang sudah jalan menajdi lebih berkembang. Tentunya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Berikut tips mengembangkan usaha.

Pemilihan Lokasi Strategis

Ketika Anda membuka bisnis, apakah Anda memiliki toko fisik? Jika, iya Anda harus memilih lokasi usaha yang strategis. Suatu Lokasi menjadi modal penting untuk mengembangkan usaha. Lokasi, bukan harus berada di tengah kota ataupun dipinggir jalan besar.

Penentuan lokasi bisa Anda lakukan dengan melihat potensi yang ada di wilayah tersebut, serta kebutuhan masyarakat di wilayah itu. Dengan mengetahui apa kebutuhan masyarakat, Anda akan menemukan konsumen yang potensial untuk diraih dan dijadikan aset bisnis.

Manfaatkan Media Sosial dan Marketplace

Kalau yang satu ini, Anda tidak perlu lagi memikirkan lokasi. Meskipun Anda berada di pedesaan, jika Anda mengetahui produk dan jasa apa yang sedang tren, tentunya bisa mendatangkan banyak pembeli dari dunia maya.

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk menjual segala produk. Dengan memanfaatkan kedua benda ini, Anda bisa mendapatkan konsumen yang tak terbatas dari berbagai penjuru.

Jika usaha Anda sekarang tidak berkembang di dunia offline, cobalah beralih ke dunia online. Mungkin usaha Anda bisa lebih berkembang ketika Anda mencoba membuka pasar di media sosial atau di marketplace.

Dengan begitu Anda bisa mengembangkan usaha lebih besar dari sebelumnya. Sekarang sudah zaman online, jadi bisa Anda coba untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi dan berkembang dibandingkan saat ini dengan mengikuti tren bisnis online.

Jangan Lupakan Inovasi

Mengembangkan usaha dengan inovasi. source : thejakartapost.com

Pelanggan suka dengan sesuatu yang unik dan baru. Jika Anda hanya mengikuti tren yang ada, Anda akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan bagi pelanggan Anda. Misal jika Anda saat ini berjualan melalui media sosial dan marketplace, para pelanggan suka dengan pelayanan yang ramah dan pengiriman yang cepat.

Selain itu, tampilan produk akan menjadi keputusan pertama apakah mereka akan membeli atau tidak. Dengan melihat packaging dan gambar produk yang bagus. Ini bisa Anda manfaatkan, perbanyaklah belajar menggunakan aplikasi edit foto yang mudah digunakan agar usaha Anda bisa terus berkembang dengan foto dan packaging yang bagus.

Mengenali Kompetitor

Kehadiran kompetitor terkadang membuat kita panik dan was-was. Kompetisi dalam bisnis sudah menjadi hal biasa. Tak perlu takut dengan kompetisi, kompetisi menjadikan Anda akan lebih banyak belajar. Sebab Anda tidak akan pernah diam ketika kompetitor melakukan hal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Anda bisa melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor. Apa yang sedang diunggulkan dan apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor. Anda bisa mencontek, tetapi Anda harus melakukan inovasi dari contekan yang Anda lakukan. Dengan begitu Anda bisa lebih maju dan ini merupakan strategi mengembangkan usaha untuk sejajar dengan kompetitor.

Gunakan Software Akuntansi untuk Atur Uang Usaha

Dalam mengembangkan usaha bukan hanya sekedar aktivitas jual beli. Namun salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah mengatur keuangan usaha agar selalu stabil. Sehingga Anda memerlukan pencatatan setiap transaksi uang masuk dan keluar serta stock opname.

Apabila produk Anda cukup banyak dan jumlah transaksi tidak hanya dicatat dengan asal-asalan, Anda akan sulit untuk mengembangkan usaha. Disinilah Anda memerlukan sebuah sistem yang bisa memudahkan pekerjaan dan bisa membantu usaha Anda berkembang signifikan.

Ketika transaksi yang  dilakukan masih bisa di hitung jari, tentunya ini masih sangat mudah dijalankan. Pencatatan berapa uang masuk dan uang yang harus dikeluarkan akan terpampang jelas. Namun, jika transaksi yang terjadi cukup banyak. Anda tidak hanya bisa mengandalkan ingatan dan menghitung jari saja.

Banyak pengusaha yang mengeyel akan hal ini. Sehingga membuat mereka selalu merugi. Kini Anda gak perlu khawatir lagi, karena Anda bisa menggunakan Accurate Online yang bisa membantu dalam melakukan pencatatan dan pembukuan bisnis.

Bahkan tidak hanya sekedar melakukan pencatatan transaksi yang terjadi secara langsung. Anda juga bisa mengintegrasikan salah satu fitur Accurate Online dengan internet banking. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menghitung transaksi pembayaran yang dilakukan melalui metode cashless.

Mengembangkan usaha memang tidak semudah menghabiskan uang. Dalam mengembangkan usaha Anda harus berani merogoh kantong lebih dalam untuk proses di awal. Ketika Anda melakukan hal itu dengan baik, yakinlah usaha Anda bisa berkembang serta omzet Anda akan terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top