skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
4 Cara Analisis Potensi Pasar Potensial Bagi Pengusaha

4 Cara Analisis Potensi Pasar Potensial Bagi Pengusaha

Analisis potensi pasar satu cara untuk mengetahui seberapa luas pasar yang bisa di kuasai oleh suatu bisnis.  Saat ini ketika Anda membuka sebuah bisnis, meskipun produk Anda terbilang baru di pasaran. Namun dalam hitungan 3-6 bulan akan muncul produk serupa. Untuk menguasai pasar, para pelaku bisnis wajib melakukan analisis potensi pasar yang ada.

Ketika Anda berniat untuk mendirikan sebuah usaha, Anda wajib melihat seberapa besar potensi pasar di lokasi yang akan Anda jadikan tempat usaha. Mungkin bisnis yang Anda buka, bukan satu-satunya di lokasi tersebut, tetapi ada banyak bisnis sejenis yang menjadi saingan Anda.

Disinilah pentingnya mengetahui dan membaca potensi pasar pada bisnis Anda. Sehingga bisa menyusun strategi yang tepat untuk memenangi peluang bisnis dengan melakukan analisis potensi pasar. Gimana caranya?

Melihat Apa Kebutuhan

analisis potensi pasar

Trik analisis potensi pasar. Melihat kemampuan membeli konsumen. source: okezone.com

Ingat, bisnis harus berkaitan dengan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Bukan keinginan Anda. konsumen membutuhkan suatu produk yang bisa memberikan mereka manfaat dan kesenangan, tentunya produk tersebut akan laku di jual.

Sebagai pengusaha yang ingin mendirikan sebuah bisnis Anda harus bisa mengamati dan menganalisis potensi pasar yang ada. Jangan sampai, Anda membuka usaha yang tidak memiliki konsumennya. Disini pentingnya melakukan analisis pasar. Ingat, masa depan sebuah bisnis ada di tangan konsumen.

Melihat Kemampuan

Anda tidak boleh mendirikan sebuah bisnis hanya dari sebuah perkiraan tanpa data saja. Disini pentingnya melakukan analisa potensi pasar. Anda harus ingat, potensi pasar bukan jumlah keseluruhan penduduk di sekitar lokasi tempat usaha yang Anda bangun. Belum tentu seluruh penduduk di desa Anda membutuhkan apa yang Anda jual kepada mereka.

Misal Anda menjual sebuah produk yang harganya cukup mahal bagi penduduk pedesaan. Tentu produk tersebut tidak akan laku. Karena masyarakat desa tidak memiliki kemampuan membeli sebuah produk yang menurut mereka tergolong mahal. Anda wajib melakukan beberapa pendekatan survei sedikit.

Mencari tahu apa kemampuan masyarakat sekitar, bagaimana daya beli mereka, apakah mereka mementingkan kualitas produk, apa kelebihan bisnis Anda, bagaimana kekurangan kompetitor, dan sebagainya. Dengan melakukan semua ini, Anda akan mengetahui bagaimana peluang pasar dan tingkat persaingan bisnis tersebut.

Apakah Mereka Membutuhkan Produk dan Jasa Setiap saat?

Analisa potensi pasar yang bisa Anda lakukan selanjutnya dengan melihat kebutuhan masyarakat terhadap produk dan jasa yang Anda jual. Misal menjual produk sesuai dengan kebutuhan dan profesi dari masyarakat sekitar. Sehingga produk yang Anda jual bukan produk yang hanya laku secara musiman.

Seperti misal jika Anda membuka usaha di pesisir pantai. Bisnis yang cocok adalah bisnis keperluan perikanan laut dan keperluan nelayan. Disana Anda tidak bisa menjual peralatan pertanian, karena tentunya itu tidak akan laku dan bukan target pasar Anda.

Menganalisa profesi pembeli di sekitar lokasi usaha bisa menjadi salah satu cara analisa pasar yang wajib Anda lakukan sebelum mendirikan sebuah bisnis. Ini penting untuk keberhasilan bisnis yang Anda jalankan dan memperpanjang bisnis yang Anda jalankan.

Bagaimana Persaingan

Jangan melupakan persaingan. Tidak ada bisnis tanpa persaingan, cara ini pun berlaku bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah bisnis. Ketika Anda ingin mendirikan sebuah bisnis, Anda harus mengetahui bagaimana tingkat persaingan dari produk yang Anda miliki.

Jika di perkotaan terkadang tingkat persaingan sudah cukup besar. Seperti jika Anda membuka sebuah warung sembako, Anda akan bersaing dengan warung sembako lainnya yang berada di sekitar Anda. Belum lagi Anda harus bersaing dengan toko-toko retail modern yang semakin menjamur. Melakukan analisa persaingan sangat penting, untuk mengetahui potensi pasar yang akan diperebutkan.

Empat cara di atas mungkin bisa membantu Anda dalam melakukan analisa potensi pasar. Tidak ada ruginya melakukan analisa pasar. Karena dengan analisa pasar, Anda bisa menentukan berbagai strategi yang harus di jalankan untuk memenangi pasar bisnis Anda. Sehingga bisnis Anda bisa sukses dan berhasil. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top