skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Cara Mengambil Untung Di Bisnis Musiman!

Cara Mengambil Untung di Bisnis Musiman!

Peluang bisnis dapat muncul kapan saja, dimana saja dan dengan cara apa saja. Namun ada kalanya peluang itu bisa sangat besar atau stagnan. Tinggal bagaimana kita sebagai pengusaha untuk memanfaatkan agar bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan memanfaatkan Bisnis Musiman agar bisa memanfaatkan moment tertentu untuk mendapatkan Keuntungan.

Peluang bisnis musiman adalah jenis usaha yang hanya dijalankan pada periode tertentu saja, biasanya menjelang hari-hari besar atau perayaan besar. Seperti saat momen lebaran, natal, tahun baru, dan lainnya.

Meski dijalankan dalam jangka waktu tertentu, peminat dari bisnis musiman ini cukup banyak. Hal ini karena dinilai lebih efektif untuk menghasilkan dan memperoleh keuntungan besar. Namun untuk bisa mendapatkannya tidaklah mudah, diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang.

Tapi tahukah Anda bagaimana cara memaksimalkan keuntungan bagi bisnis musiman yang tengah atau akan Anda jalankan saat ini. Berikut ini tips memaksimalkannya :

Tentukan Target Pasar

Setiap produk yang diluncurkan di pasaran tentu memiliki target konsumen yang berbeda-beda. Termasuk untuk bisnis produk musiman yang tentu harus diarahkan pada market yang spesifik dan tertarget agar penyerapannya bisa maksimal.

Jika target pasar sudah ditentukan dengan tepat, jelas akan memudahkan penetapan iklan atau penetrasi melalui cara apa dan bagaimana. Misalnya Bisnis Musiman cetak sablon baju kepanitiaan pada bulan Agustus dengan target pasar pengurus RT/RW dan pengurus kepanitiaan HUT RI.

Ingat Persaingan dan Kuasai Karakter Produk

Tidak dipungkiri bahwa persaingan baik sehat maupun tidak sehat pasti akan terjadi. Dimana ada kebutuhan musiman untuk produk atau jasa dalam jumlah banyak tentu banyak pemain juga yang akan memanfaatkannya untuk mendapatkan untung.

Jangan sepelekan persaingan dan selalu pantau rival Anda ketika menaikkan atau menurunkan harga atau kualitas produk. Contoh saja untuk bisnis di musim anak masuk sekolah, yakni baju seragam sekolah, sepatu, tas sekolah, buku dan lainnya. Pasti tidak hanya Anda yang berjualan, banyak penjual lain yang bahkan berani memberikan diskon dan promosi besar-besaran.

Tapi tidak perlu khawatir karena jika Anda mengerti karakter produk dan market yang sedang dijalani tentu sangat mudah untuk dikuasai. Misalnya karakter konsumen dari kalangan menengah ke bawah bisa dilakukan diferensiasi promo harga turun. Tapi jika dari kalangan menengah ke atas, berikan tawaran kualitas yang lebih baik dari yang lain.

Tentukan jenis produk yang akan dijual dalam merintis usaha musiman. Apakah dalam bentuk barang atau jasa. Meski usaha yang dijalankan tergolong bisnis musiman, bukan berarti Anda tidak memperhatikan bagaimana produk tersebut mengalami perkembangan ke depannya.

Maksimalkan dan Optimalkan Momen

Langkah terakhir adalah memaksimalkan momen atau waktu yang sedang berlangsung untuk meraih keuntungan berlipat.

Raih pembeli dan keuntungan sebesar-besarnya dengan strategi marketing yang tepat. Bahkan jika Anda sudah memiliki pasar yang besar dari bisnis musiman ini maka jangan ragu untuk belanja atau menyetok produk dalam jumlah banyak. Nah dari sini maka perolehan omzet pun akan semakin besar.

 

Bisnis apapun yang akan dipilih nantinya pastikan Anda melakukan pencatatan keuangan bisnis dengan baik, untuk mempermudah Anda dalam melakukan monitoring terhadap performa bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.

Accurate Online software akuntansi berbasis online yang dapat membantu Anda untuk mengelola pencatatan keuangan bisnis Anda. Cukup dengan 2 langkah mudah, Anda langsung dapat memantau performa bisnis melalui laporan keuangan bisnis Anda.

Siapkan Akun Accurate Online

Untuk dapat menggunakan Accurate Online, pastinyatiap pemilik bisnis harus memiliki akun Accurate Online terlebih dahulu. Silahkan daftar akun melalui button di bawah dan Anda akan langsung mendapatkan login Accurate Online secara GRATIS untuk 30 hari kedepan.

Input Transaksi ke Accurate Onine.

Cukup melakukan input setiap transaksi yang terjadi bisnis Anda lalu Accurate Online dan Hasil Laporan keuangan bisnis Anda sudah selesai.

Ah, masa? Hanya dengan input transaksi laporan keuangannya bisa langsung beres?

Bisa dong! Penasaran? Yuk buktikan sendiri dengan Trial Accurate Online, GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top