skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Tengah Tahun 2019! Waktunya Cek Kesehatan Keuangan Bisnis Anda Sebelum Terlambat!

Tengah Tahun 2019! Waktunya Cek Kesehatan Keuangan Bisnis Anda Sebelum Terlambat!

Tak terasa saat ini kita sudah masuk ke pertengahan tahun 2019. Sebagai seorang pebisnis, ada baiknya Anda membuat evaluasi terhadap kesehatan bisnis yang sedang Anda jalani pada beberapa periode tertentu, untuk mengetahui apakah bisnis Anda subah berjalan on track sesuai target perusahaan di tahun ini.

Tengah tahun merupakan periode yang tepat bagi Anda untuk melakukan evaluasi bisnis Anda. Waktu yang pas untuk melihat kondisi kesehatan bisnis saat ini sehingga Anda dapat memberikan pertolongan pertama pada bisnis Anda secara cepat dan tepat jika ternyata Anda menyadari ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada bisnis Anda.

Memangnya, Bisnis Bisa sakit?

Banyak pengusaha yang bertanya bisnis yang sehat seperti apa? Karena terkadang banyak pengusaha yang merasa bisnisnya baik-baik saja dengan melihat kondisi arus barang yang stabil, customer semakin bertambah dan semuanya tampak lancar.

Bisnis yang sehat adalah ketika bisnis memiliki kemampuan untuk biaya sendiri dan masih bisa melakukan pembayaran serta investasi dalam berbagai bidang. Bisnis sehat juga ditandai dengan kondisi keuangan bisnis yang rapih dan stabil.

Sedangkan bisnis yang bermasalah, atau bisnis yang tidak sehat adalah bisnis yang selalu rugi, istilah kasarnya ‘mati pun segan hiduptak mau’sebagai pengusaha tentunya Anda tidak mau bisnis yang Anda miliki mengalami hal seperti ini. Anda pasti selalu berusaha agar bisnis Anda bisa terus maju dan menguntungkan.

Bagaimana Kondisi Kesehatan Bisnis Anda Saat Ini?

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur kondisi bisnis adalah dengan melihat kondisi finansial bisnis Anda saat ini. Maka dari itu Anda harus rutin melakukan Financial Check Up pada bisnis Anda.

Mungkin Anda lebih sering mendengar istilah Medical check up dan baru kali ini mengetahui bahwa ada juga lho Financial Check up. Sebagian besar masyarakat sudah memahami apa itu medical check up, apa saja yang dilakukan dan manfaat yang diperoleh setelah melakukan medical check up. Namun saat ini belum banyak pebisnis yang mengetahui apa itu financial check up, bagaimana melakukan financial checkup, apa fungsi dari financial checkup itu sendiri.

Financial check up merupakan pemeriksaan kondisi keuangan secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui apakah sudah sehat kondisi keuangan, jika belum tentunya sebagai bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan kondisi keuangan di masa yang akan datang.

Apabila medical check up biasanya dilakukan ketika mencapai usia tertentu, berbeda dengan financial check up yang tidak tergantung dengan usia seseorang. Financial check up bisa dilakukan setiap saat sebagai evaluasi kondisi keuangan bisnis. Salah satu waktu yang paling pas dilakukan financial check up yaitu pada momentum tengah tahun seperti saat ini.

Sama seperti halnya Medical Checkup yang dapat mengetahui kondisi kesehatan diri Anda, hasil dari financial check up dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini dari bisnis Anda.

Ketahui Kondisi Kesehatan Keuangan Bisnis Anda, Sekarang!

Akuntansi dapat dengan mudah memberika gambaran umum mengenai kondisi terkini bisnis Anda. Dengan melakukan pencatatan serta pengklasifikasian setiap transaksi yang ada pada bisnis ke dalam pos-pos keuangan. Mulai dari pencatatan, penjurnalan, hingga menjadi laporan keuangan yang akurat.

Baca Juga: 5 Proses Pembukuan Akuntansi yang Tidak Boleh Terlewat

Kemudian, pos-pos keuangan tersebut diikhtisarkan dan dilaporan dalam bentuk laporan keuangan yang umumnya terdiri dari :

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Perubahan Ekuitas
  4. Laporan Neraca
  5. Catatan atas Laporan Keuangan

Dari laporan keuangan tersebut, terdapat informasi yang menggambarkan kondisi bisnis kita, apakah mengalami kemajuan, jalan ditempat, mengalami perlambatan, atau bahkan mengalami kerugian dan tanda-tanda kebangkrutan.

Bukanlah hal yang mudah untuk melakukan proses akuntansi mulai dari pencatatan, penjurnalan, hingga menjadi laporan keuangan yang akurat. Maka dari itu banyak pemilik bisnis yang pada akhirnya menggunakan jasa akuntan untuk melakukan proses akuntansi tersebut dan menterjemahkan hasil dari laporan keuangan bisnis mereka sendiri.

Baca Juga: Permudah Siklus Akuntansi dengan Accurate Online

Di era digital seperti saat ini, sebagai pebisnis Anda tidak perlu khawatir mengenai persoalan akuntansi untuk bisnis. Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk melakukan pecatatan serta pembuatan laporan keuangan bisnis Anda, sehingga dapat memudahkan Anda dalam menganalisa kondisi terkini kesehatan bisnis Anda.

Ayo segera Cek Kesehatan Keuangan Bisnis Anda dengan Accurate Online, Coba gratis 30 hari Accurate Online di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top