skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Bingung Cari Modal Usaha? Kenalan Dulu Dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bingung Cari Modal Usaha? Kenalan Dulu dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Solusi Modal Usaha Anda – Semua orang berlomba-lomba membuka bisnis yang mampu menghasilkan secara jangka panjang, menggantikan penghasilan yang bisa didapatkan jika bekerja di kantoran.

Seperti apa yang dikatakan Almarhum Bob Sadino, yaitu “Setinggi apapun pangkatmu kamu tetap karyawan, dan sekecil apapun usahamu kamu tetap adalah bosnya.”

Seiring dengan mendengar pernyataan tersebut saat ini banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk membuka bisnis sendiri dibandingkan dengan bekerja dikantor.

Namun, sayangnya mereka sering mengalami hambatan ditengah-tengah pembangunan bisnis mereka karena adanya keterbatasan modal. Untuk membuat bisnis tetap berjalan tentunya Anda memang membutuhkan modal yang terkadang tidak sedikit, akan tetapi tidak perlu khawatir akan hal itu karena saat ini ada banyak cara mendapatkan tambahan modal yang bisa dilakukan.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah?

Pada tahun 2007 pemerintah melalui PT. Askarindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR merupakan sebuah layanan pembiayaan untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM) atau koperasi yang feasible atau memiliki kelayakan, potensi, prospek bisnis yang jelas, namun belum bankable.

Dengan adanya KUR tentunya sangat membantu para pelaku atau UMKMK dalam mengembangkan usahanya. Selain itu, dengan adanya KUR juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, dan mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia. Agar program KUR ini berjalan baik, pemerintah bekerjasama dengan beberapa Bank Pelaksana yang dapat menyalurkan KUR, seperti BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI, Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri.

Bagaimana Cara Mengajukan KUR?

Dilansir dari Indonesia.go.id, Pengajuan KUR dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara langsung dan tidak langsung. Pengajuan secara langsung dilakukan oleh pelaku usaha atau UMKMK dengan mendatangi KUR di Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana. Sedangkan, pengajuan KUR secara tidak langsung dapat dilakukan dengan cara pelaku usaha dapat mengakses KUR melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP/USP Koperasi, atau dapat juga melalui kegiatan linkage program lainnya yang bekerjasama dengan Bank-bank Pelaksana.

Apa saja yang diperlukan untuk Pengajuan KUR?

Dokumen legalitas dan perizinan yang minimal ada pada saat mengajukan KUR kepada Bank antara lain:

1. Identitas diri nasabah, seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, dll.

Persyaratan umum dan wajib dipenuhi ketika ingin mengajukan pinjaman adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Hal ini dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan dalam bentuk pengajuan apa pun, termasuk meminjam dana di bank.

Identitas diri ini harus sesuai dengan alamat tinggal saat ini. Jika berbeda, Anda harus mencatumkan surat keterangan dari pihak kelurahan yang ada di wilayah Anda. Jika sudah menikah, perlu cantumkan KTP Anda beserta istri/suami sehingga nantinya pihak bank mengetahui jika pengajuan tersebut memang diketahui kedua belah pihak.

2. Legalitas usaha, seperti akta pendirian, akta perubahan, Perzinan usaha, seperti SIU, TDP, SK Domisili, dll

Dokumen – dokumen diatas merupakan dokumen yang harus anda penuhi untuk menunjang legalitas serta perizinan usaha Anda.

Dokumen ini akan dikeluarkan oleh kelurahan ataupun kecamatan setempat di mana anda akan mendirikan usaha. Biasanya surat ini dapat selesai dalam sehari jika semua persyaratan yang dibutuhkan telah anda penuhi.

3. Catatan pembukuan atau laporan keuangan

Banyak pebisnis di Indonesia yang tidak memiliki sistem pembukuan yang rapih. Karena sebagian besar pebisnis di Indonesia tidak memiliki pengetahuan mengenai keuangan usaha dan akuntansi. Sehingga mereka sulit dan tidak tahu cara mendapatkan modal untuk bisnis mereka.

Jika Anda memang ingin memiliki pembukuan usaha yang rapih, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi, seperti Software Accurate Online. Software Accurate Online dapat digunakan dengan mudah bahkan oleh Anda yang tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi sekalipun.

Baca Juga: Cara Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis

Dengan memakai Accurate Online, Anda akan mudah dalam menyusun pembukuan usaha, dan laporan keuangan. Sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk usaha yang Anda miliki. Jika Anda membutuhkan laporan keuangan, Anda tinggal memasukan data-data transaksi dari awal periode yang akan tersusun secara otomatis.

4. Salinan bukti agunan

Agunan atau jaminan berfungsi untuk memberikan hak dan kekuasaan kepada bank untuk mendapatkan pelunasan dari barang jaminan tersebut apabila debitur tidak dapat melunasi hutangnya pada waktu yang disepakati dalam perjanjian.

Salinan bukti agunan yang dapat diberikan seperti Salinan surat kepemilikan tanah, kepemilikan kendaraan bermotor, kepemilikan bangunan, dsb.

Dengan adanya KUR tentunya akan mempermudah Anda mendapatkan tambahan modal untuk membuat usaha Anda berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas – berkas untuk pengajuan KUR seperti catatan pembukuan dan laporan keuangan usaha Anda. Accurate Online dapat membantu Anda untuk membuat pencatatan serta laporan keuangan usah aAnda dengan mudah.

Dapatkan Accurate Online secara GRATIS* di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top