skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Tips Jitu Mengelola Keuangan Bisnis UMKM

Tips Jitu Mengelola Keuangan Bisnis UMKM

Tips Jitu Mengelola Keuangan Bisnis – Saat ini banyak dari pemerintah ataupun para pemerhati bisnis yang mulai memberi perhatian khusus kepada UMKM melalui bank-bank BUMN/D untuk mengelola keuangan bisnis mereka. Seperti yang dilakukan oleh Bank KALSEL pada 13 Juli 2019 lalu dalam acara Sosialisasi Program Kemitraan dan Pelatihan UMKM Kalsel dengan tema “Naik Kelas UMKMnya, Maju Ekonomi Banua“.

Muhammad Aris Zulkarnain dari Divisi Kelompok Bisnis Mikro Kecil dan Konsumtif Bank Kalsel, mengutarakan bahwa sudah banyak UMKM yang usahanya tidak berkembang dan bangkrut akibat tidak dapat mengelola keuangan usaha mereka secara sehat dan profesional.

Bagaimana caranya agar pandai mengelola keuangan Bisnis?

Setiap bisnis, besar atau kecil, selalu memperhatikan satu hal krusial ini: Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan yang baik sangat penting untuk mempertahankan bisnis dari kondisi ekonomi yang tidak stabil dan persaingan bisnis. UMKM, terutama, perlu berhati-hati dengan keputusan keuangan mereka dari sejak awal berdiri. Dibutuhkan lebih dari sekadar ide inovatif untuk menjalankan bisnis.

Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Bisnis

Dengan memisahkan hal tersebut, kita pun dapat lebih mengetahui keuntungan yang diperoleh dari bisnis yang dirintis. Selain itu kita juga bisa menghindari terpakainya modal bisnis untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Sehingga dengan memisahkan kedua jenis keuangan tersebut akan memudahkan kita dalam membuat pencatatan serta laporan keuangan bisnis yang nantinya akan berguna untuk mencari tambahan modal untuk melakukan ekspansi bisnis di lembaga keuangan.

Jangan Ragu untuk Mengambil Kredit untuk Menambah Modal Usaha

Dalam kesempatan ini Muhammad Aris Zulkarnain juga mengingatkan agar pelaku UMKM yang ingin menambah modal usaha untuk keperluan pengembangan bisnis dapat memanfaatkan layanan keuangan yang telah disediakan pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Namun ada hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan peminjaman kredit untuk menambah modal usaha, yaitu untuk tidak melakukan peminjaman kredit lebih dari 40% dari pendapatan bisnis Anda saat ini.

Baca Juga: KUR, Solusi Modal Bisnis untuk UMKM

Bank Kalsel dapat memfasilitasi pengusaha UMKM dengan beberapa skema pembiayaan kredit melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Mulai dari KUR Mikro dengan pinjaman maksimal Rp25 juta dengan waktu pinjaman hingga 3 tahun, hingga KUR Kecil dengan pinjaman mulai dari Rp25 – Rp500 juta dengan waktu pinjaman hingga 5 tahun.

Saat ini UMKM menjadi salah satu pendorong sektor-sektor alternatif baru penggerak ekonomi di Indonesia. Maka dari itu dengan mengelola Keuangan Bisnis UMKM menjadi salah satu poin penting yang tak dapat dihindari untuk menjaga kestabialan bisnis UMKM itu sendiri.

Saat ini Software akuntansi Accurate Online merupakan solusi terbaik bagi para UMKM yang ingin melakukan pencatatan serta pembuatan laporan keuangan dengan mudah.

Dapatkan Accurate Online secara GRATIS* di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top