skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Penting Gak Sih Bikin Laporan Keuangan Untuk UKM Dan UMKM?

Penting Gak sih Bikin Laporan Keuangan untuk UKM dan UMKM?

Pentingnya Membuat Laporan Keuangan untuk UKM dan UMKM – Laporan keuangan merupakan sebuah komponen krusial dalam sebuah bisnis baik itu bisnis baik besar maupun kecil, UKM bahkan UMKM sekalipun. Bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis, Anda wajib untuk mengetahui dengan persis mengenai seluk beluk laporan keuangan bisnis Anda agar bisnis Anda berkembang dengan baik.

Baca Juga: Cara Cek Kesehatan Bisnis UKM dan UMKM

Baik tidaknya atau lancar tidaknya sebuah bisnis sangat tergantung pada laporan keuangan perusahaan. Selain laporan, sebuah bisnis harus memiliki pencatatan keuangan sebagai laporan transaksi yang terjadi. Laporan dan pencatatan keuangan berfungsi sebagai tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis.

Laporan Keuangan = Pencatatan Keuangan?

Pencatatan keuangan digunakan sebagai pelaporan transaksi yang terjadi dalam harian, mingguan, dan bulanan. Hasil catatan tersebut, akan menjadi sebuah financial report (laporan keuangan)bagi bisnis yang Anda miliki. Laporan tersebutlah yang menjadi acuan untuk melihat kondisi bisnis yang tengah dijalankan mulai dari laju perkembangan bisnis itu sendiri, profit yang dihasilkan dari bisnis dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Jenis Pembukuan Wajib untuk Bisnis Anda

Pencatatan sangat penting, terlebih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis, terutama UKM dan UMKM yang masih malas dalam melakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi setiap harinya. Padahal ini cukup penting sebagai landasan dasar untuk kelangsungan bisnis yang tengah dijalankan.

Ketika usaha Anda semakin maju dan membutuhkan modal, ketika melakukan pengajuan pinjaman ke bank, laporan keuangan bisnis Anda lah yang akan dilihat oleh pihak perbankan. Oleh karena itu, Anda harus rapi melakukan pencatatan keuangan secara berkala dari awal.

Pencatatan yang dituliskan dalam jurnal adalah semua transaksi yang terjadi. Baik itu transaksi keluar maupun transaksi masuk. Tanpa adanya pencatatan, maka akan sulit membuat sebuah laporan keuangan bisnis yang tengah Anda jalankan.

Fungsi Pencatatan Keuangan

Ada beberapa fungsi yang bisa diperoleh dari catatan keuangan yang terjadi. Tentunya catatan keuangan sangat bermanfaat bagi pembuatan laporan keuangan bisnis dan pencatatan keuangan sangat penting bagi UMKM.

Mengetahui Secara Detail Perkembangan Usaha

Dengan memiliki pencatatan yang detail, maka anda sebagai pemilik perusahaan dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangan usaha yang anda miliki. Anda bisa melihat progres kondisi bisnis, apakah sedang meningkat, menurun, maupun dalam kondisi yang stagnan. Kondisi tersebut dapat terlihat dari catatan keuangan yang dimiliki.

Mengetahui Kondisi Keuangan Bisnis

Sebagai UMKM yang mungkin baru beberapa tahun berdiri, maka catatan keuangan sangat penting untuk melihat kondisi keuangan bisnis Anda. Sehingga Anda mengetahui kondisi keuangan dari bulan ke bulan, maupun dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Tips Jitu Mengelola Keuangan Bisnis untuk UKM dan UMKM

Sumber Pengambil Keputusan

Laporan dan pencatatan keuangan dapat anda jadikan sebagai sarana pengambilan keputusan. Karena keputusan sebuah bisnis dapat dilihat dari kondisi keuangan bisnis yang sedang anda jalankan. Jika selama satu bulan ini anda dalam kondisi rugi, maka Anda bisa menentukan target apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan pada periode selanjutnya. Dengan memiliki laporan dan pencatatan yang baik, maka Anda bisa memberikan keputusan-keputusan strategis demi perkembangan dan kemajuan bisnis Anda.

Tidak Mengerti Akuntansi Bukan Halangan untuk Membuat Laporan Keuangan

Sebagai pelaku bisnis, maka Anda dituntut untuk bisa membuat sebuah pencatatan dan financial report. Meskipun Anda bukanlah seorang lulusan jurusan akuntansi, tetapi pencatatan dan laporan keuangan harus Anda pelajari secara mandiri

Kini Accurate Online hadir sebagai solusi bagi para pemilik bisnis baik besar maupun kecil, UKM bahkan UMKM ingin membuat laporan keuangan meskipun mereka tidak memiliki pengetahuan dibidang akuntansi sekalipun.

Dengan Accurate Online Anda hanya perlu mencatat setiap transaksi masuk ataupun keluar yang terjadi setiap harinya pada bisnis Anda lalu kemudian Accurate Online akan langsung menyajikan laporan keuangan bisnis Anda dalam 3 menit! Kini, tak perlu lagi menjadi ahli dalam akuntansi untuk membuat laporan keuangan bisnis Anda.

Dapatkan Accurate Online secara GRATIS* di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top