skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
4 Komponen Mudah Laporan Laba – Rugi Untuk UKM Dan UMKM

4 Komponen Mudah Laporan Laba – Rugi untuk UKM dan UMKM

 Laporan Laba – Rugi untuk UKM dan UMKM – Tahukah Anda, sebagai seorang pebisnis UKM dan UMKM ada 3 jenis laporan keuangan yang harus Anda buat setiap bulannya untuk mempermudah pengambilan keputusan untuk mengembangkan usaha Anda.

Baca Juga: Apa Saja Sih 3 Laporan Keuangan Dasar untuk UKM dan UMKM? Cari Tahu di Sini.

Salah satu dari ketiga laporan keuangan yang harus ada adalah Laporan Laba-Rugi yang dibuat dalam satu periode akuntansi. Laporan laba rugi menyajikan seluruh unsur-unsur pendapatan suatu UKM dan UMKM yang pada akhirnya menampilkan apakah UKM dan UMKM tersebut mendapatkan laba atau bahkan rugi di akhir periode akuntansinya.

Laporan laba rugi biasanya disusun setelah UKM dan UMKM selesai menyusun neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Mengapa laporan laba rugi harus disusun setelah kertas kerja? Hal ini dikarenakan sumber penyusunan laporan laba rugi berasal dari kolom-kolom yang ada di kertas kerja. Ini juga yang membuat laporan laba rugi tidak terlalu rumit ketika menyusunnya.

4 Komponen Laporan Laba – Rugi

Di dalam laporan laba rugi memuat komponen-komponen yang mempengaruhi laba atau rugi suatu UKM dan UMKM. Komponen-komponen yang di dalam bagian isi laporan laba rugi secara sederhana adalah sebagai berikut:

1. Komponen Pendapatan Usaha

Di dalam komponen ini berisi hasil kegiatan penjualan UKM dan UMKM yang menghasilkan pendapatan. Selain itu di dalamnya terdapat komponen-komponen yang mempengaruhi penjualan seperti diskon dan retur barang yang diberikan jika UKM dan UMKM tersebut bergerak dibidang penjualan barang.

Namun untuk UKM dan UMKM yang bergerak di bidang jasa, sederhananya hanya terdapat pendapatan jasa saja. Pendapatan lain dalam komponen bisa berupa penyewaan aset yang dimiliki oleh UKM dan UMKM kepada orang lain.

2. Komponen Harga Pokok Penjualan

Komponen kedua dari bagian isi laporan laba rugi adalah Harga Pokok Penjualan (HPP). HPP adalah biaya-biaya yang timbul ketika barang diproduksi. Ketika memproduksi sebuah barang untuk dijual, biasanya UKM dan UMKMmenemui beberapa biaya-biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan produksi tersebut. Biayanya bisa berupa listrik untuk peralatan produksi, kerusakan bahan baku, gaji pegawai produksi, promosi marketing dan lain-lain.

Hal-hal tersebut harus diperhitungkan untuk menetapkan harga pokok penjualan dan margin penjualan untuk menghasilkan laba pada produksi suatu barang. Dalam UKM dan UMKMjasa, mungkin jarang ditemui adanya HPP atau bahkan tidak ada. Namun ada beberapa UKM dan UMKMjasa menetapkan HPP berbeda untuk proyek-proyek jasa tertentu untuk biaya-biaya seperti telekomunikasi, transportasi, tunjangan proyek dan lain-lain.

3. Komponen Biaya

Komponen Biaya adalah komponen ketiga yang ada di dalam isi laporan laba rugi. Biaya yang ada di dalam komponen ini adalah biaya-biaya yang berbeda yang muncul di HPP. Biaya-biaya tersebut biasanya berupa biaya listrik kantor, biaya telpon dan internet kantor, biaya penyusutan kantor dan biaya-biaya lain yang sifatnya administratif bukan produksi. Di bagian ini beberapa UKM dan UMKMbiasanya akan kebingungan memisahkan biaya-biaya tersebut. Namun seiring perkembangan usaha yang dijalaninya, pengusaha UKM dan UMKMjuga mampu memisahkannya.

4. Hasil Laporan Laba Rugi

Ini adalah komponen terpenting dari laporan laba rugi. Hasil laporan laba rugi adalah hasil pengurangan pendapatan dengan HPP dan biaya-biaya administrasi yang ada sebelumnya. Berapapun angka yang muncul dalam hasil laporan laba rugi harus ditunjukan. Meskipun UKM dan UMKM tersebut pada akhirnya menunjukan hasil negatif atau mengalami kerugian dari usaha yang dijalaninya.

Rahasia! 2 Langkah Mudah Selesaikan Laporan Laba – Rugi

Saat ini teknologi sudah semakin maju, termasuk teknologi yang dapat membantu UKM dan UMKM dalam membuat laporan keuangan seperti Accurate Online.

Dengan Accurate Online UKM dan UMKM hanya perlu melakukan 2 langkah mudah untuk mendapatkan laporan laba – rugi usaha mereka.

a Siapkan Akun Accurate Online

Untuk dapat menggunakan Accurate Online, pastinya UKM dan UMKM harus memiliki akun Accurate Online terlebih dahulu. Silahkan daftar akun melalui button di bawah dan Anda akan langsung mendapatkan login Accurate Online secara GRATIS untuk 30 hari kedepan.

b Input Transaksi ke Accurate Onine.

Anda cukup melakukan input setiap transaksi yang terjadi pada UKM dan UMKM lalu Accurate Online dan Hasil Laporan Laba – Rugi Anda sudah selesai.

Ah, masa? Hanya dengan input transaksi laporan keuangannya bisa langsung beres?

Bisa dong! Penasaran? Yuk buktikan sendiri dengan Trial Accurate Online, GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top