skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
3 Buku Catatan Keuangan Bisnis, UKM Dan UMKM Wajib Baca!

3 Buku Catatan Keuangan Bisnis, UKM dan UMKM Wajib Baca!

Catatan Keuangan Bisnis UKM dan UMKM – Setiap pemilik bisnis baik itu UKM ataupun UMKM harus mengerti bagai mana kondisi keuangan bisnis yang sedang dijalankan saat ini, apakah sudah mendapatkan untung atau bahkan sedang mengalami deficit kas. Pada akhirnya dengan mengetahui kondisi keuangan bisnis UKM dan UMKM, Anda dapat mengambil keputusan akan langkah yang harus diambil untuk membuat bisnis Anda berkembang menjadi lebih besar lagi.

Baca Juga: Penting Gak Sih Bikin Laporan Keuangan untuk UKM dan UMKM?

Pada dasarnya kondisi keuangan bisnis UKM dan UMKM Anda dapat diketahui dengan melakukan analisa terhadap laporan keuangan periodic bisnis Anda. Lalu, laporan keuangan seperti apakah yang anda butuhkan untuk mengetahui kondisi bisnis saat ini? Temukan jawabannya di Apa Saja Sih 3 Laporan Keuangan Dasar untuk UKM dan UMKM? Cari Tahu di Sini.

Namun, sebelum membuat lapora keuangan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh setiap pemilik bisnis, yaitu membuat pencatatan keuangan bisnis. Catatan-catatan ini akan menjadi sumber utama dalam membuat laporan keuangan yang akan dibuat. Buku catatan atas laporan keuangan diperlukan sebagai wadah mencatat informasi tambahan atas laporan keuangan. Penjelasan dalam catatan tersebut bisa bersifat naratif atau rincian jumlah serta informasi lainnya.

Buku Catatan Pengeluaran

laporan keuangan

Ketika awal menjalankan bisnis UKM dan UMKM, buatlah buku terpisah yang khusus untuk mencatat pengeluaran. Semua pengeluaran atau belanja dalam bisnis UKM dan UMKM mulai dari pembelian bahan baku, operasional hingga gaji karyawan harus kontinu Anda catat secara jelas. Dengan mencatat semua pengeluaran bisnisUKM dan UMKM, Anda akan mengetahui berapa jumlah modal bisnis yang telah Anda keluarkan. Setelah mengetahui berapa modal yang telah dikeluarkan Anda akan lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana kapan modal bisnis tersebut harus kembali.

Buku Catatan Pemasukan

laporan keuangan

Setelah memiliki buku kas pengeluaran selanjutnya yang perlu dipersiapkan juga adalah buku kas pemasukan. Buku kas pemasukan ini nantinya akan Anda gunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pemasukan yang terjadi pada UKM dan UMKM Anda. Misalnya jumlah penjualan produk yang berhasil didapatkan perhari maupun piutang yang telah dibayarkan. Pencatatan transaksi pemasukan ini juga harus kontinu dilakukan setiap hari untuk mempermudah Anda dalam melakukan pembuatan pembukuan bulanan perbisnisan. Dengan memiliki buku kas pengeluaran dan pemasukan yang tertib dicatat setiap hari Anda akan mengetahui berapa jumlah keuntungan yang diperoleh dalam satu hari.

Buku Kas Utama

laporan keuangan

Dalam pembukuan keuangan UKM dan UMKM membuat buku kas utama adalah salah satu hal yang sangat penting. Buku kas utama ini nantinya akan Anda gunakan untuk menggabungkan transaksi antara buku kas pemasukan dengan buku kas pengeluaran. Dengan menggabungkan transaksi dari dua buku kas tersebut Anda akan mengetahui secara detail dan jelas berapa keuntungan maupun kerugian yang terjadi pada bisnis UKM dan UMKM Anda.

Anda juga bisa menentukan berapa besarnya anggaran untuk uang masuk dan uang keluar. Estimasi arus kas ini juga sangat penting untuk membuat perencanaan dan strategi perbisnisan apabila dikemudian hari ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan. Misalnya terjadi estimasi kekurangan uang kas perbisnisan Anda bisa segera menaikkan target atau mengurangi biaya pengeluaran. Agar hasilnya maksimal pencatatan arus kas utama harus dilakukan secara kontinu, seksama dan juga teliti.

Banyak juga ya ternyata catatan pembukuan keuangan yang harus disiapkan saat Anda ingin membuat laporan keuangan bisnis. Banyak dari pemilik bisnis yang malas untuk membuat laporan keuangan karena banyaknya catatan keuangan yang harus mereka persiapkan sebelumnya.

Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Bisnis

Accurate Online, software akuntansi terkini yang mampu mempermudah Anda dalam membuat laoran keuangan bisnis. Anda hanya perlu melakukan input transaksi yang terjadi setiap harinya pada bisnis Anda, dan Accurate Online akan langsung siapkan seluruh laporan keuangan bisnis yang dibutuhkan.

Penasaran? Coba GRATIS Accurate Online Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top