skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
3 Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha

3 Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha

Hari Raya Idul Adha merupakan ibadah kurban yang dilaksanakan umat muslim setiap bulan haji (dzulhijjah), dimana setiap muslim akan menyembelih hewan seperti sapi, kerbau, kambing dan lainnya.

Hari Raya Idul Adha di tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Ada tiga hal yang tidak bisa terlepaskan saat Hari Raya Idul Adha, sholat Idul Adha, pelaksanaan ibadah haji, dan berkurban bagi yang mampu. Momen besar umat muslim ini tentunya akan dirayakan bersama keluarga tercinta dengan berkumpul bersama-sama untuk mempererat tali persaudaraan.

Baca Juga: Peluang Usaha Paling Menguntungkan di Bulan Agustus

Sama seperti hari perayaan lainnnya, ada berbagaimacam kebiasaan khas yang dilakukan oleh umat muslim saat tibanya Hari Raya Idul Adha. Kebiasaan-kebiasaan tersebut diantaranya adalah kumpul-kumpul keluarga, bakar-bakar daging qurban dsb.

Dengan adanya kebiasan-kebiasaan khas tersebut maka secara tidak langsung membuka peluang usaha musiman yang sangat menjanjikan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Idul Adha pun menjadi moment tepat untuk mencari penghasilan tambahan.

Lalu, apa sajakah peluang usaha yang menjanjikan di Hari Raya Idul Adha kali ini?

Jual Hewan Kurban

Bisnis yang menjanjikan pertama adalah menjual hewan kurban. Pastinya banyak orang yang mencari hewan ternak untuk dikurbankan. Hewan kurban yang bisa dijual seperti kambing, sapi, dan kerbau. Cari peternakan yang punya hewan ternak sehat. Hewan ternak yang akan dikurbankan tidak boleh sakit, cacat, atau dalam masa melahirkan.

Bisnis online yang menjanjikan ini membutuhkan modal yang cukup banyak karena untuk kambing saja modalnya per satu ekor bisa mencapai Rp 2 juta, sedangkan sapi dan kerbau bisa mencapai lebih dari Rp 20 juta per ekor. Tapi keuntungan yang didapat sangat lumayan.

Jika tidak ada lahan kosong atau halaman untuk menampung hewan kurban terlebih dahulu, kamu bisa menjadi broker alias orang yang memasarkan hewan kurban. Jadi nantinya kamu menjadi penghubung alias orang ketiga yang mempertemukan antara penjual hewan ternak dan calon pembeli. Untuk pemasarannya, kamu bisa menawarkan terlebih dahulu kepada teman dekat, saudara, atau tetangga.

Jual Peralatan Memasak Sate

Biasanya 1-2 minggu sebelum Hari Raya Idul Adha, kamu tak hanya melihat penjual hewan kurban yang ada di pinggir jalan atau trotoar jalanan, tapi kamu pasti juga melihat penjual peralatan sate, seperti arang atau batok kelapa, tusuk sate, serta alat pemanggang atau alat bakaran sate. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idul Adha, kita akan mengolah daging kurban, terutama kambing menjadi sate.

Hal ini bisa kamu jadikan bisnis yang menjanjikan karena semua orang pasti akan mencari peralatan sate. Modal untuk berjualan peralatan sate tidaklah banyak karena harga peralatannya cukup murah, apalagi dibeli dalam jumlah grosiran. Untuk lebih menarik calon pembeli, kamu juga bisa menyediakan menu paket peralatan sate yang lengkap dengan harga yang sudah didiskon tentunya.

Jual Rumput Hewan Kurban

Masih ada hubungannya dengan hewan kurban, jika anda tidak mampu menjual hewan kurban maka anda bisa menjual pakan.

Tak sedikit para pebisnis hewan kurban membutuhkan rumput untuk memberi pakan hewan ternak nya, agar tetap gemuk. Anda dapat menyediakan jasa penyediaan rumput untuk pakan hewan – hewan tersebut.

Hewan kurban tentu membutuhkan makan agar tubuhnya tetap besar, gemuk dan tidak sakit.

 

Nah, itulah 3 peluang usaha menjelang Hari Raya Idul Adha. Jika tertarik untuk membuka salah satu usaha tersebut pastikan Anda melakukan manajemen keuangan mulai dari modal, laba, biaya-biaya lainnya harus dikelola dengan baik juga.

Kelola keuangan bisnis Anda dengan Accurate Online. Software keuangan bisnis berbasis online yang dapat Anda akses kapanpun dan dimanapun. Bahkan saat Anda sedang menjaga barang dagangan Anda di pasar.

Penasaran? Segera aplikasikan pengelolaan pencatatan keuangan bisnis Hari Raya Idul Adha Anda dengan Accurate Online, GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top