skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Tahu Bulat, Masihkah Jadi Bisnis Dengan Prospek Yang Menjanjikan?

Tahu Bulat, Masihkah Jadi Bisnis dengan Prospek yang Menjanjikan?

“Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih-gurih nyoi.”

Lagu khas penjual tahu bulat yang berkeliling menggunkan kendaraan bak terbuka tentu tak asing lagi di telinga.

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas kota Tasikmalaya yang cukup populer beberapa waktu lalu? Tahu bulat, diramu khusus dengan bahan dasar tahu, tentunya, yang dikombinasikan dengan berbagai jenis bumbu sehingga membuat rasanya berbeda dari tahu goreng kebanyakan.

Enak dan Unik, Duo Maut yang Bikin Viral

Rasa tahu bulat yang khas pun akhirnya membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan, sehingga mudah untuk diminati mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Dengan metode penjualan yang cukup unik karena di jalankan diatas sebuah kendaraan pick up yang di sulap menjadi dapur “dadakan” yang sudah di lengkapi dengan berbagai peralatan memasak lengkap. Dan yang paling dikenal unik adalah, usaha tahu bulat ini di jajakan secara berkeliling dengan dilengkapi suara rekaman atau lagu yang menarik untuk mengundang calon pembelinya.

Proses pengolahan yang tidak terlalu rumit serta proses pemasaran yang cukup mudah mennjadikan tahu bulat sebuah peluang usaha yang dapat dilakukan oleh siapapun. Dengan memanfaatkan tren tahu bulat yang naik daun, akan mudah untuk membuat tahu bulat dagangan kita menjadi buruan para pembeli.

Lesunya Bisnis Tahu Bulat

Lagu dan tahu bulat memang sempat menjadi tren. Namun, belakangan perkembangan penjualan tahu bulat mengalami penurunan drastis. Dilansir dari Liputan6.com yang berhasil mewawancara Nurdin, salah satu penjual tahu bulat yang tinggal di Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Hal ini disebabkan oleh menjamurnya pedagang tahu bulat dengan varian yang sama, tidak ada inovasi dari tiap-tiap pedagang. Sehingga terjadinya persaingan pasar yang sempurna. Karena tidak ada yang membedakan penjual tahu bulat ABC dan tahu bulat XYZ.

Sistem persaingan pasar yang sempurna semacam itu pada akhirnya membuat sebuah keseimbangan baru antara supply dan demand yang mana akan memberikan “seleksi alam” tersendiri bagi penjual tahu bulat itu sendiri.

Konsumen pun akan menilai dari “value” yang ditawarkan oleh setiap penjual tahu bulat yang ada mulai dari sisi rasa, kebersihan, dan lain sebagainya.

Saya Tetap Ingin Berbisnis Tahu Bulat!

Jadi, jika tertarik untuk membuka usaha tahu bulat pastikan Anda memberikan inovasi baru pada calon konsumen nantinya. Baik dari segi rasa, metode penjualan, variasi produk dan sebagainya. Karena, tanpa adanya inovasi pada bisnis tahu bulat ini, Anda hanya akan mengulangi siklus pedangang-pedagang tahu bulat yang telah terkena “seleksi alam” lainnya.

Selain inovasi baru yang dibawa, manajemen keuangan mulai dari modal, laba, biaya-biaya lainnya harus dikelola dengan baik juga. Dengan tingginya tingkat persaingan para pengusaha tahu bulat, Anda harus meningkatkan bisnis tahu bulat dasi berbagai macam sisi, termasuk juga keuangannya. Agar nantinya tidak terjadi defisit cash flow saat menjalankan bisnis tahu bulat Anda.

Baca Juga: Manajemen Keuangan Bisnis untuk UKM

Kelola keuangan bisnis tahu bulat Anda dengan Accurate Online. Software keuangan bisnis berbasis online yang dapat Anda akses kapanpun dan dimanapun. Bahkan saat Anda sedang menggoreng tahu bulat di atas mobil bak terbuka Anda.

Penasaran? Segera aplikasikan pengelolaan pencatatan keuangan bisnis tahu bulat Anda dengan Accurate Online, GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top