skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Pentingkah Sertifikasi Halal Untuk Bisnis Kuliner? (Part II)

Pentingkah Sertifikasi Halal untuk Bisnis Kuliner? (Part II)

Sertifikasi Halal – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya pada Pentingkah Sertifikasi Halal untuk Bisnis Kuliner? (Part I) sertifikasi halal menjadi salah satu poin penting dalam keberlangsungan bisnis kuliner. Maka dari itu banyak dari pengusaha kuiner mulai mengurus sertifikasi halal untuk bisnis mereka.

Sebenarnya ada 8 langkah untuk membuat legalitas sertifikasi halal untuk bisnis kuliner Anda. 4 diantaranya sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya. Maka kini kita bahas 4 langkah lanjutannya.

Melakukan Monitoring Pre-Audit dan Pembayaran Akad Sertifikasi

Setelah melakukan upload data sertifikasi, perusahaan harus melakukan monitoring pre audit dan pembayaran akad sertifikasi. Monitoring pre audit disarankan dilakukan setiap hari untuk mengetahui adanya ketidaksesuaian pada hasil pre audit. Pembayaran akad sertifikasi dilakukan dengan mengunduh akad di Cerol, membayar biaya akad dan menandatangani akad, untuk kemudian melakukan pembayaran di Cerol dan disetujui oleh Bendahara LPPOM MUI melalui email ke : bendaharalppom@halalmui.org.

Pelaksanaan Audit

Audit dapat dilaksanakan apabila perusahaan sudah lolos pre audit dan akad sudah disetujui. Audit dilaksanakan di semua fasilitas yang berkaitan dengan produk yang disertifikasi.

Melakukan Monitoring Pasca Audit

Setelah melakukan upload data sertifikasi, perusahaan harus melakukan monitoring pasca audit. Monitoring pasca audit disarankan dilakukan setiap hari untuk mengetahui adanya ketidaksesuaian pada hasil audit, dan jika terdapat ketidaksesuaian agar dilakukan perbaikan.

Memperoleh Sertifikat Halal

Perusahaan dapat mengunduh Sertifikat halal dalam bentuk softcopy di Cerol. Sertifikat halal yang asli dapat diambil di kantor LPPOM MUI Jakarta dan dapat juga dikirim ke alamat perusahaan. Sertifikat halal berlaku selama 2 (dua) tahun.

 

 

Selain sertifikasi halal, ada satu hal lagi yang tidak boleh luput dari perhatian saat akan memulai bisnis yaitu mengelola keuangan bisnis. Keuangan bisnis menjadi salah satu landasan penting agar bisnis dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karena tanpa adanya pengelolaan keuangan bisnis yang baik, maka bisnis akan rentan untuk mengalami kebangkrutan karena banyaknya kebocoran dana yang tidak terdeteksi.

Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang akan membantu para pengusaha kuliner untuk mengelola keuangan bisnis. Dengan 2 langkah mudah, para pebisnis akan langsung dapat menyelesaikan laporan keuangan yang nantinya dapat membantu pebisnis untuk menganalisa kondisi keuangan bisnis saat ini.

a Siapkan Akun Accurate Online

Untuk dapat menggunakan Accurate Online, pastinya setiap pemilik bisnis kuliner harus memiliki akun Accurate Online terlebih dahulu. Silahkan daftar akun melalui button di bawah dan Anda akan langsung mendapatkan login Accurate Online secara GRATIS untuk 30 hari kedepan.

b Input Transaksi ke Accurate Onine.

Anda cukup melakukan input setiap transaksi yang terjadi pada bisnis kuliner Anda, lalu Accurate Online dan laporan keuangan Anda sudah selesai.

Ah, masa? Hanya dengan input transaksi laporan keuangannya bisa langsung beres?

Bisa dong! Penasaran? Yuk buktikan sendiri dengan Trial Accurate Online, GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top