skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
3 Langkah Mudah Mulai Bisnis Hijab

3 Langkah Mudah Mulai Bisnis Hijab

Hijab (hijab), salah satu kebutuhan sandang yang kini menjadi komoditas fashion yang sedang trend belakangan ini. Sekarang ini sangat mudah kita menemukan wanita yang menggunakan busana hijab. Hal ini tak terlepas dari meningkatnya kesadaran wanita muslimah Indonesia untuk mengenakan hijab dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal tersebut, semakin banyak orang yang ingn mencoba dan akhirnya menyukai sehingga menjadikan hijab sebagai kebutuhan sandang pokok harian mereka.

Baca Juga: Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha

Fenomena trend hijab ini pada akhirnya membuka peluang bisnis baru yang sangat menjanjikan. Mengapa? Karena hijab ini merupakan kebutuhan sandang yang dipakai setiap hari oleh penggunanya. Jadi, permintaan akan produk hijab bisa dipastikan tidak akan pernah habis, karena sudah masuk kedalam 3 kebutuhan primer penggunanya. Sehingga bisnis busana hijab saat ini merebak dimana-mana. Sangat gampang kita menjumpai gerai usaha jualan hijab di pinggir jalan atau sudut kota dan tempat.

Memulai bisnis hijab Ada berbagai faktor yang harus dipersiapkan dan dilakukan dengan benar. Banyaknya pesaing bisnis juga menjadi hal yang patut diperhatikan. Banyak pengusaha yang menekuni bisnis ini namun, tiba-tiba stage di tengah jalan karena kurangnya perhitungan hingga terjadinya kebangkrutan. Tentunya anda tidak ingin bukan usaha hijab yang telah anda rintis dengan susah payah harus bangkrut karena kurangnya perhitungan yang tepat.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis hijab, ketahui dahulu 3 langkah mudah memulai bisnis hijab berikut ini:

Tentukan Jenis Bisnis Hijab Anda.

Ada tiga metode dalam memulai bisnis hijab dengan mudah secara online, antara lain:

Menjadi Produsen

Cara yang pertama anda adalah sebagai produsen atau memulai usaha konveksi hijab yang memproduksi berbagai jenis dan desain hijab yang sedang trend dan hits. Untuk sistem penjualan dan pemasaran, seorang produsen bisa melakukan berbagai cara. Seperti penjualan langsung membuka toko online, merekrut dropship dan reseller. Untuk menjadi produsen usaha konveksi hijab tentu membutuhkan modal awal bisnis hijab hijab yang meliputi pembelian bahan baku hijab, mesin jahit, mesin juki dan lain sebagainya.

Menjadi Reseller

Reseller adalah salah satu cara bisnis hijab dengan modal kecil. Tugas reseller adalah menjual kembali barang yang dibeli dari pihak produsen atau suplier. Anda membeli hijab kemudian menjual kembali ke publik. Cara ini mensyaratkan anda untuk menyetok busana hijab di rumah atau di toko fisik anda. Ada banyak produsen atau suplier hijab di Indonesia yang bisa anda dapatkan data dan alamat suplier hijab di berbagai situs forum.

Menjadi Dropship

Inilah cara bisnis online hijab dan hijab tanpa modal yang enteng dijalankan oleh siapapun juga. Usaha berjualan hijab tanpa modal ini dinamakan juga sistem dropship. Dimana anda bekerjasama dengan pihak produsen hijab jika anda mendapatkan konsumen maka barang pesanan dikirim langsung dari pabrik konveksi ke alamat konsumen atas nama anda. Cara ini cocok dijalankan oleh pemula yang memiliki modal terbatas.

Tentukan Media Promosi

Saat akan memulai bisnis pastinya Anda harus melakukan promosi. Promosi untuk bisnis hijab dapat dilakukan melalui media sosial, website, marketplace dan juga blog.

Ada berbagai sarana di internet yang bisa digunakan sebagai ajang untuk penjualan dan pemasaran bisnis hijab, antara lain:

Marketplace

Contohnya olx, tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dll. Untuk berjualan hijab di marketplace tersebut sangatlah mudah dan gratis. Tidak perlu ribet.

Sosial Media

Untuk memasarkan hijab secara online, anda dapat menggunakan media sosial untuk beriklan dan promosi bisnis hijab secara gratis. Misalnya melalui instagram, facebook, twitter, bbm, line dll. Postinglah beberapa manfaat hijab, gambar hijab terkini yang dijual di toko online anda disertai nomor kontak dan cara pemesanan. Kemudian dishare ke banyak orang. Semakin banyak anda memposting gambar-gambar busana hijab yang sobat jual maka orang akan tahu keberadaan usaha anda. Jika mereka berminat maka mereka akan menghubungi anda untuk melakukan pembelian hijab.

Selain itu cara yang paling mudah memasarkan bisnis hijab adalah dimulai dari lingkungan terdekat. Seperti memasarkan hijab ke rekan kerja, tetangga, sanak kerabat, dll.

Lakukan Pencatatan Transaksi Bisnis Hijab

Pencatatan transaksi bisnis ditujukan untuk mengetahui omset serta untung rugi dari bisnis hijab yang akan dan sedang kita jalani ini. Dengan melakukan pencatatan transaksi bisnis, kita dapat melakukan analisa untuk menentukan kapan harus menambah stock bahan, membuka cabang baru dsb.

Pencatatan transaksi bisnis dapat dimulai dengan mencatat pengeluaran untuk membeli bahan, budget promosi (iklan), da lain sebagainya. Selain pencatatan pengeluaran, tentunya pemasukan juga harus dicatat, berapa pcs hijab yang laku terjual setiap harinya, total penjualan perhari, perbulan bahkan pertahun. Semua harus tercatat dengan rapih.

Accurate Online, salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda untuk melakukan pencatatan keuangan bisnis hijab Anda. Anda cukup melakukan 2 langkah mudah untuk mendapatkan laporan keuangan bisnis hijab Anda.

Siapkan Akun Accurate Online

Untuk dapat menggunakan Accurate Online, pastinyatiap pemilik bisnis hijab harus memiliki akun Accurate Online terlebih dahulu. Silahkan daftar akun melalui button di bawah dan Anda akan langsung mendapatkan login Accurate Online secara GRATIS untuk 30 hari kedepan.

 Input Transaksi ke Accurate Onine.

Cukup melakukan input setiap transaksi yang terjadi bisnis hijab Anda lalu Accurate Online dan Hasil Laporan keuangan bisnis hijab Anda sudah selesai.

Ah, masa? Hanya dengan input transaksi laporan keuangannya bisa langsung beres?

Bisa dong! Penasaran? Yuk buktikan sendiri dengan Trial Accurate Online, GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top