skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Bisnis Katering Diet! Bisnis Sehat, Untung Melimpah

Bisnis Katering Diet! Bisnis Sehat, Untung Melimpah

Tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menyantap makanan sehat membuka peluang bisnis nan gurih bagi pengusaha katering. Mereka juga menyediakan menu yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pelanggan. Bayangan pada bentuk tubuh yang ideal menimbulkan berbagai bisnis penunjang di kalangan masyarakat. Katering makanan pun sudah memiliki berbagai macam pilihan, salah satunya menu diet sehat. Pola hidup sehat yang didukung dengan mengonsumsi makanan sehat kini menciptakan peluang bagi mereka yang cerdik melihat kesempatan.

Program hidup sehat kini telah merasuki kehidupan banyak eksekutif. Tak hanya untuk orang-orang yang mengidap penyakit tertentu, para eksekutif yang sehat pun kian sadar pentingnya mengontrol makanan selama seharian bekerja di kantor. Hal inilah yang direspons pebisnis katering makanan sehat, sehingga belakangan jasa katering jenis ini banyak bermunculan. Sebutlah, HealthFreaks, My Meal Catering, Prima Catering, Puspa Widjaya Utama, dan White Lotus.

Tertarik terjun ke bisnis katering sehat? Sebelumnya, pahami makna kesehatan dan nutrisi yang dikandung dari beragam jenis bahan makanan. “Tiap orang memaknai makanan sehat dengan kacamata tersendiri,” ujar pakar bisnis kuliner Fatmah Bahalwan dalam Republika.co.id. Contohnya, roti. Dari sisi kuliner, roti memang termasuk sehat. Akan tetapi, bagi sebagian orang, roti biasa belum termasuk makanan sehat.

Mereka yang tidak bisa mengonsumsi tepung terigu akan mencari roti gandum atau roti yang bebas gluten. Ada lagi yang menganggap itu belum cukup menyehatkan. Mereka menganggap roti yang baik untuk kesehatannya ialah yang me ngandung kacang-kacangan yang menyehatkan jantung.

Melihat beragamnya pandangan masyarakat akan produk makanan sehat, pengusaha harus cerdas membidik konsumennya. “Cobalah untuk mengerti keinginan pasar,” kata Fatmah memberi saran. Selanjutnya, olah kemampuan untuk bisa menuangkan gagasan akan makanan sehat menjadi menu yang kreatif.

Tidak Butuh Modal Besar

Modal bisnis katering sehat tidak terlalu besar. Sebelum belanja, pengusaha katering sudah menerima pembayaran dari konsumen. Dengan kata lain, modal didapat langsung dari pelanggan. Namun keuntungan yang bisa diraup dalam menjalankan bisnis katering diet ini bahkan bisa mencapai 200 persen.

Ingin Mencoba Peruntungan di Industri Katering Sehat? Simak 3 Tips Berikut.

Cantumkan Resep dan Bahan Makanan

Konsumen senang mengetahui jika makanan yang dikonsumsinya benar-benar sehat. Karena itu mereka membutuhkan informasi tentang bumbu dan jenis makanan yang dimasak. Cantumkan label resep dan bumbu dalam kotak makanan Anda. Fuel Food rajin mencantumkan dengan lengkap jumlah kalori dan informasi gizi dalam setiap menu katering mereka.

Buat Diferensiasi Produk

Purple Carrot, sebuah start up katering makanan sehat yang berbasis di Amerika mengambil segmen konsumen vegetarian. Karena itu menu makanan yang mereka sajikan adalah makanan sayuran mentah. Sementara Green Blender terus bermain di resep smoothies. Ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk penting dalam bisnis ini agar konsumen mudah mengenal brand Anda.

Tentukan Target Market

Sebelum memulai bisnis katering makanan sehat, sebaiknya tentukan dulu target market Anda. Karena ini akan memengaruhi jenis menu makanan sehat yang ditawarkan. Jika target Anda adalah anak-anak, maka Anda perlu memikirkan jenis makanan sehat yang digemari anak-anak atau setidaknya dalam tampilan menarik bagi mereka.

Selain ketiga hal tersebut ada 1 hal lagi yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis katering sehat ini, pengelolaan keuangan bisnis. Ya, dalam menjalankan bisnis katering sehat dengan kondisi stock barang yang First in first out (FIFO) harus memiliki pencatatan stock dan keuangan baik itu transaksi masuk ataupun keluar yang cukup jelas.

Accurate Online, Software akuntansi berbasis online yang akan membantu pencatatan keuangan bisnis dengan metode FIFO sekalipun, seperti bisnis katering sehat ini. Penasaran? Cari tahu lebih lanjut tentang Accurate Online, di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top