skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Jadi Cantik Sekaligus Berduit, Peluang Bisnis Make Up Artist

Jadi Cantik Sekaligus Berduit, Peluang Bisnis Make Up Artist

Perkembangan dunia makeup belakangan ini sudah sangat pesat. Semakin banyak orang-orang yang tertarik dengan makeup diiringi dengan semakin bertumbuhnya industri makeup di Indonesia. Selain itu di era digital ini, semakin banyak para beauty enthusiast yang pamer skill dengan memosting foto hasil karya mereka di sosial media.Tentunya hal ini memberikan kemudahan bagi orang-orang yang sedang membutuhkan jasa makeup (untuk pernikahan, ataupun acara lainnya) untuk menemukan jasa penyedia makeup atau yang biasa kita sebut dengan Makeup Artist (MUA).

Profesi yang mengandalkan keahlian merias wajah ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi rias dan tren makeup yang beredar luas diberbagai platform media sosial. Seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Melabeli diri dengan sebutan “makeup artist” (MUA) ternyata tak hanya sebatas karena mahir merias wajah. Seorang MUA profesional harus bisa menghasilkan riasan wajah sesuai standar yang ada. Seperti riasan yang rapi, kompleksitas harus matang, hingga blending sempurna. Skill dalam merias wajah menurutnya juga harus terus ditingkatkan. Apalagi tren riasan wajah terus berkembang. Riasan wajah seorang MUA profesional juga harus memiliki karakter yang otentik. Seorang MUA yang tak memiliki orisinalitas karya rias menurutnya akan sangat mudah untuk digeser oleh MUA lainnya.

Profesi ini terbilang menjanjikan karena penghasilan yang diperoleh seorang MUA tidak main-main. Misalnya sekelas MUA ternama, mematok tarif makeup pernikahan tanpa jasa sewa baju bisa mencapai 9 Juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk akomodasi, transportasi, dan konsumsi jika merias di luar kota.

Pada dasarnya, untuk menjadi seorang makeup artis tidak dibutuhkan banyak modal. Hanya dengan modal yang minim, kita bisa menjadi MUA. Asalkan memiliki teknik dan kemampuan yang memadai. Dilansir dari Merdeka.com bahwa menurut Firda Kurnia yang sudah berkecimpung di dunia MUA selama 8 tahu terakhir ini Kalau dirupiahkan kurang lebih modal awal untuk menjadi MUA hanya sekitar 2.000.000,-. Dengan modal segitu sudah cukup untuk membeli alat makeup dasar dan makeup pesta. Menjadi yang profesional memang butuh proses, nah yang ditekankan di sini adalah cara memaksimalkan alat makeup yang ada dengan skill yang kuat untuk bisa menjadi terkenal.

Ingin Mencoba Menjadi MUA? Ikuti 3 Langkah Berikut

Memiliki Kemampuan Mumpuni

Tidak hanya menyukai make-up, Anda juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk merias orang lain. Berbeda dengan merias diri sendiri, merias orang lain akan lebih sulit dibanding hanya merias diri sendiri. Selain itu Anda juga harus mengetahui dan menguasai berbagai teknik make up.  Profesi yang membutuhkan keterampilan ini mengharuskan Anda untuk banyak berlatih dan terus mengikuti tren masa kini.

Memiliki Perlengkapan Make up

Untuk menekuni bisnis ini, tentu saja Anda harus memiliki perlengkapan make up yang memadai. Anda juga harus menyiapkan make up untuk berbagai jenis kulit, karena anda akan dihadapkan kepada klien yang mempunyai bermacam-macam jenis kulit. Untuk permulaan, Anda mungkin belum membutuhkan produk-produk mahal, tetapi usahakan produk yang Anda pakai adalah produk yang berkualitas.

Membuat Portfolio di Media Sosial

Anda dapat menggunakan media sosial sebagai tempat mempromosikan jasa MUA anda, dengan mengunggah foto before dan after make up klien anda. Media sosial dapat digunakan mempromosikan kemampuan anda dan untuk membuat klien tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Disiplin, Jejaring, dan Mental yang Kuat

Memang tidak mudah memulai bisnis ini dari awal, selain membutuhkan semua yang tertulis diatas, Anda juga harus dapat memisahkan dana untuk keuntungan dan modal selanjutnya yang harus digunakan untuk membeli peralatan make-up dan produk make-up secara terus menerus. Berikutnya, Anda pun diharuskan untuk membangun jejaring seluas mungkin, supaya semakin banyak yang mengenal Anda dan bahkan merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Memang tidak mudah menjadi MUA terkenal yang memiliki keuntungan yang lebih, semua harus melalui proses panjang. Namun, hasil kerja keras akan terbayar apabila Anda memegang komitmen dan mencintai pekerjaan sebagai seorang MUA. Pengelolaan keuangan dalam profesi ini tidak kalah penting. Karena Anda tidak cukup membeli peralatan tersebut satu kali saja. Setiap kali habis Anda harus membeli yang baru dengan memutar uang penghasilan dari jasa MUA. Jika tidak memiliki laporan keuangan yang jelas, Anda akan kebingungan memperhitungkan berapa keuntungan yang sebenarnya Anda dapatkan dan berapa yang harus digunakan untuk membeli alat.

Accurate Online sebagai software akuntansi berbasis online, hadir untuk membantu Anda untuk mengelola keuangan bisnis sebagai seorang MUA. Lakukan pencatatan keuangan setiap proyek MUA Anda kapanpun dan dimanapun. Cari tahu lebih lanjut tentang Accurate Online melalui button di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top