skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
IMEI Batal Di Blokir. Jadi, Masih Bisa Beli Bajakan Di Tahun Ini?

IMEI Batal di Blokir. Jadi, Masih Bisa Beli Bajakan di Tahun Ini?

Satu bulan terakhir ini Indonesia dihebohkan dengan rencana terbaru dari Menteri Komunikasi dan Informasi untuk melakukan pemblokiran pada setiap IMEI yang tidak terdaftar resmi di Indonesia. Tujuan dari diberlakukannya aturan kontrol IMEI ini dari pemerintah adalah untuk melindungi industri ponsel dalam negeri dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya membeli produk dalam negeri dan produk dari pasar yang legal, bukan dari black market. Selain itu Smartphone black market ini menghilangkan potensi pemasukan bagi negara karena menghilangkan potensi pajak sebesar Rp 2,8 triliun per tahun.

Sudah lewat tanggal 17 Agustus 2019, peraturan kontrol IMEI (International Mobile Equipment Identity) ternyata tak kunjung diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa rencana penerbitan aturan IMEI telah molor melewati waktu yang ditargetkan, yakni 17 Agustus 2019. Lalu, kapan kiranya aturan IMEI ini benar-benar akan diterbitkan?

Dilansir dari Kumparan.com Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengakui pihaknya tidak mengetahui kapan pastinya kebijakan aturan kontrol IMEI akan diterbitkan. Dirinya menjelaskan ada banyak tahapan yang harus dilewati, karena harus berkoordinasi dengan kementerian lainnya.

“Saya belum tahu, harus konsultasi juga ke Menteri Keuangan soalnya kan ada masalah perpajakan nanti. Harus juga koordinasi sama Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan juga melibatkan Kementerian Keuangan karena ada yang kaitan dengan pajak. Kalau nanti beli dari luar negeri masuk, terus nanya bayar pajak gimana kan harus ada cara-caranya,” jelasnya saat ditemui di acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ‘Ignite The Nation’ di Jakarta, Minggu (18/8).

Lalu bagaimana dengan ponsel illegal yang sudah dibeli sebelum tanggal ditetapkannya peraturan pemblokiran IMEI ini?

Menurut pihak Kemenperin, akan ada proses “pemutihan” dalam jangka waktu tertentu. “HP BM yang dibeli sebelum tanggal ditetapkannya peraturan ini akan mendapatkan pemutihan yang regulasinya sedang disiapkan,” demikian penjelasan Kemenperin. Pemutihan adalah periode di mana pemilik ponsel BM bisa meregistrasikan nomor IMEI mereka ke database Kemenperin, sehingga ponsel mereka tidak terblokir setelah regulasi mulai diterapkan.

Jika aturan ini sudah diberlakukan, nantinya perangkat seluler seperti smartphone atau tablet yang memiliki nomor IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin akan terblokir dan tidak bisa digunakan untuk telepon, SMS, hingga mendapatkan koneksi internet melalui jaringan operator seluler Indonesia. Wah, sayang banget ya! Sudah beli ponsel mahal-mahal, malah jadi tidak bisa dipakai.

Maka dari itu, mulailah melakukan pembelian kebutuhan sehari-hari mulai dari barang elektronik, tas, sepatu dan lain sebagainya dari distributor ataupun penjual resmi barang tersebut. Selain dapat melindungi otentisitas barang tersebut kita juga dapat membantu menaikkan perekonimian negara dengan melakukan pembelian dari distributor-distributor local.

Selain ponsel, tas dan sepatu, perangkat lunak untuk menunjang pekerjaan sehari-hari juga rentan dari pembajakan. Seperti software Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop dan banyak software lainnya.

Maka dari itu Accurate menghadirkan software akuntansi sebagai penunjang pencatatan keuangan para pebisnis Indonesia dalam system cloud yang anti bajak. Accurate Online, sebuah revolusi terkini dalam teknologi pencatatan keuangan yang akan memberikan kemudahan para pelaku bisnis untuk melakukan pencatatan keuangan di mana saja dan kapan saja tidak terbatas ruang dan waktu. Cukup dengan 2 langkah, Anda dapat membuat laporan pencatatan keuangan bisnis dengan mudah

Siapkan Akun Accurate Online

Untuk dapat menggunakan Accurate Online, pastinyatiap pemilik bisnis hijab harus memiliki akun Accurate Online terlebih dahulu. Silahkan daftar akun melalui button di bawah dan Anda akan langsung mendapatkan login Accurate Online secara GRATIS untuk 30 hari kedepan.

Input Transaksi ke Accurate Onine.

Cukup melakukan input setiap transaksi yang terjadi bisnis Anda lalu Accurate Online dan Hasil Laporan keuangan bisnis hijab Anda sudah selesai.

Ah, masa? Hanya dengan input transaksi laporan keuangannya bisa langsung beres?

Bisa dong! Penasaran? Yuk buktikan sendiri dengan Trial Accurate Online, GRATIS.

Accurate Original

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top