skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Migrasi Data Dari Accurate Dekstop Ke Accurate Online

Migrasi Data dari Accurate Dekstop ke Accurate Online

Migrasi data Accurate Online – Di tahun 2019 ini kita mulai menjajaki era industri 4.0 yang akhirnya menuntut kita untuk menjadi pribadi yang serba “digital”. Mulai dari pemesanan alat transportasi, pemesanan makanan, beli galon air dan banyak hal lainnya yang sekarang dapat dilakukan dengan mudah hanya melali ponsel pintar yang sudah dimiliki oleh hampir setiap orang di era digitalisasi sekarang ini.

Tidak ketinggalan pula dalam ranah industri bisnis yang mana mulai melakukan upgrade dalam berbagaimacam lini ke ranah digital. Mulai dari pembayaran gaji (payroll), kontrol produksi bahkan sampai pembuatan laporan keuangan semuanya sudah mulai “pindah” ke digital sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Accurate, sebagai salah satu pionir software akuntansi di Indonesia, pun kini sudah memiliki sebuah platform digital, Accurate Online. Accurate Online semakin memudahkan penggunanya untuk mengakses pencatatan serta pelaoran keuangan bisnis mereka kapanpun dan dimanapun.

Accurate Online dibanderol harga yang jauh lebih ekonomis dibandingkan Accurate versi sebelumnya. Selain itu Accurate Online juga memiliki sistem open API yang memungkinkan para pebisnis mengkoneksikan software bisnis lainnya ke Accurate Online sebagai pencatatan stock dan keuangan bisnis mereka. Berbagai macam kelebihan tersebutlah yang pada akhirnya membuat para pebisnis ingin migrasi ke Accurate Online.

“Kalau Saya sudah menggunakan Accurate Dekstop, Apakah bisa seluruh data perusahaan Saya dipindah ke Accurate Online?”

Oh tentu bisa! Karena setiap data yang ada di Accuarte Dekstop dapat dilakukan migrasi dengan cara berikut:

  1. Buat database baru pada Accurate online dengan login anda, yang akan digunakan sebagai database tujuan migrasi dari database Accurate 5.

2. Install AOL Migration Tool pada komputer Anda

  1. Jalankan aplikasi Accurate 5 to Online yang telah ter-install di komputer anda.

 

4. Pertama kali akan tampil informasi ‘Export Data Accurate 5 to Accurate Online’, yang menginformasikan data-data apa saja yang akan dibawa dari Accurate 5 ke Accurate Online. Setelah memahami informasi tersebut, silakan klik ‘Lanjut’ untuk melanjutkan proses migrasi ini.

  1. Selanjutnya isikan alamat database Accurate 5 yang akan di export ke Accurate Online. Pilih pilihan Local jika database tersimpan di komputer yang sama dengan aplikasi Accurate 5 to Accurate Online ter-install atau pilih pilihan Remote jika database tersimpan di komputer yang berbeda. Kemudian klik ‘Lanjut’

  1. Setelah klik ‘Lanjut’, jika database versi 5 yang akan di export belum lengkap atau tidak sesuai dengan format di Accurate Online, maka akan tampil informasi untuk melakukan penyesuaian data dibagian bawah. Lakukan penyesuaian data seperti yang diperintahkan pada database Accurate versi 5 anda, kemudian klik ‘Lanjut’.

7. Selanjutnya masukan Nama Pengguna [User Id] dan Password database Accurate versi 5 anda, dengan level administrator. Pada database Accurate 5, terdapat default level Administrator dengan Nama Pengguna [User Id] : supervisor. Anda bisa memasukan dengan nama pengguna tersebut atau nama pengguna lainnya yang ber-level administrator.

  1. Setelah memasukan Nama Pengguna dan Password dari database Accurate 5, selanjutnya adalah memasukan User ID dan Password dari aplikasi Accurate Online anda, dengan meng-klik ‘Authorized’ dan akan tampil informasi login ke Accurate Online. Masukan alamat email dan password dari Accurate online Anda pada menu yang tersedia.

  1. Sesaat anda login ke Accurate online, akan tampil informasi permohonan dalam pemberian otorisasi kepada aplikasi Accurate 5 to Online untuk mengakses database Accurate online anda. Silakan anda baca terlebih dahulu, setelah dipahami dan setuju, klik ‘Beri Akses’ untuk meneruskan proses migrasi ini.

  1. Isikan tanggal mulai dari database Accurate Online anda dan tentukan nama database Accurate Online yang menjadi tujuan proses migrasi ini. Tanggal mulai akan menjadi penentu data cut off dari master data yang akan dibawa dari Accurate 5 ke Accurate online. Misalnya jika anda isikan tanggal mulai 31 Desember 2016, maka transaksi di tanggal 31 Desember 2016 atau dibawah-nya akan dianggap sebagai transaksi saldo awal dan dilawankan ke akun OBE. Dan transaksi di atas tanggal 31 Desember 2016 pada database Accurate 5 anda, tidak akan terbawa ke database Accurate Online.

  1. Klik ‘Lanjut’ dan akan tampil konfirmasi ulang mengenai database Accurate online yang anda pilih. Jika sudah pasti, silakan klik ‘Ok’ untuk melanjutkan proses migrasi.

  1. Proses migrasi database dari Accurate 5 ke Accurate Online akan berjalan. Tunggu hingga proses migrasi selesai dilakukan, yang ditandai dengan aktifnya tombol ‘selesai’ dan tampilnya file Notepad yang berisi informasi proses impor database Accurate 5 ke Accurate Online.

  1. Setelah proses “migrasi database accurate 5” selesai dilakukan, anda perlu melakukan proses akhir bulan pada database Accurate online untuk menghitung nilai penyusutan aset anda.

Bagaimana? Mudah bukan untuk melakukan migrasi data dari Accurate Dekstop ke Accurate Online? Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top