skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com

Haruskah Ada Pemindahan Ibu Kota? Ada Apa dengan Jakarta?

Pemindahan Ibu Kota Indonesia – Ibu kota tanah air tercinta, Indonesia akhirnya ditetapkan untuk berpindah ke salah satu wilayah di Pulau Kalimantan. Rencana pemindahan Ibu Kota NKRI ini sudah ada sejak lama namun pada akhirnya akan terealisasi pada 2025 mendatang. Keputusan pemindahan ibu kota baru di Indonesia diumumkan pada konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019) siang.

Ibu Kota Sudah Pernah Pindah!

Sebelum wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia di tahun 2025 nanti, sesungguhnya Ibu kota telah pindah dari Jakarta sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 74 tahun Indonesia merdeka ini. Ibu kota Indonesia pernah pindah dari Jakarta ke Yogyakarta lalu ke Bukittinggi lalu ke Aceh dan kemudian kembali ke Jakarta. Pemindahan Ibu Kota Indonesia saat itu disebabkan oleh agresi militer yang dilakukan oleh belanda untuk kembali merebut Indonesia agar tetap menjadi jajahan Belanda.

Lalu, Mengapa Ibu Kota NKRI Saat Ini Harus Kembali Pindah?

Saat ini Ibu Kota Negara Republik Indonesia berada di kota Jakarta. Sebuah daerah perkotaan dengan luas 661,5 km² yang dihuni oleh kurang lebih 10,3 juta orang membuat Jakarta menjadi kota dengan kepadatan tertinggi di Indonesia. Dengan jumlah kepadatan yang sangat tinggi tersebut pada akhirnya membuat seluruh perekonomian Indonesia mayoritas berpusat di Jakarta.

Sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis dan ditambah dengan jumlah penduduk yang cukup banyak pada akhirnya membuat kondisi fisik Jakarta semakin memburuk. Kualitas udara semakin menurun dari hari ke hari, kondisi lalu lintas yang tidak pernah absen dari kemacetan, permasalahan sampah, banjir, penurunan muka tanah dan berbagaimacam permasalahan demografik lainnya. Dapat disimpulkan bahwa saat ini Jakarta sedang memikul beban yang cukup berat.

Dengan memindah ibu kota, meski tak langsung menihilkan masalah, pemerintah berharap mengurangi secara signifikan beban yang selama ini hanya tertumpu pada Jakarta.

Dilansir dari Kumparan.com , Jehansyah Siregar, pengajar di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada isu perumahan dan permukiman, menilai pemindahan ibu kota akan mengurangi beban Jakarta sebanyak 30-50 persen.

Semenatara itu menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, yang dilansir dari CnbcIndonesia.com, menyampaikan lebih detail kepada awak media mengenai rencana itu dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (30/4/2019). Disebutkan bahwa pemindahan ibu kota diperlukan karena enam alasan utama, yakni:

  1. Mengurangi beban Jakarta dan Jabotabek
  2. Mendorong pemerataan pembangunan ke wilayah Indonesia bagian timur
  3. Mengubah mindset pembangunan dari Jawa Centris menjadi Indonesia Centris
  4. Memiliki ibu kota negara yang merepresentasikan identitas bangsa, kebinekaan dan penghayatan terhadap Pancasila
  5. Meningkatkan pengelolaan pemerintahan pusat yang efisien dan efektif
  6. Memiliki Ibu kota yang menerapkan konsep smart, green, and beautiful city untuk meningkatkan kemampuan daya saing (competitiveness) secara regional maupun internasional.

Sebenarnya apapun alasan pemindahan Ibu Kota Indoesia ini, yang pasti akan memberikan pengaruh besar dalam industri bisnis di Indonesia. Kalimantan akan menjadi pusat pemerintahan yang pastinya akan “mengundang” berbagaimacam unit bisnis untuk kembali membuka cabang baru atau bahkan memindahkan secara utuh bisnis mereka ke Kalimantan.

Jikalau hal itu terjadi, maka ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pemindahan bisnis itu dilakukan. Survei lahan baru, survei ketersediaan bahan produksi, perisapan dokumen serta aset-aset yang harus dibawa saat terjadinya pemindahan bisnis tersebut. Semua hal itu harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan matang. Jangan sampai pemindahan bisnis Anda ke wilayah pemindahan ibu kota yang baru malah akan menguras banyak kas dari bisnis yang sedang berjalan dengan baik saat ini.

Anda harus mulai memperhatikan serta memperhitungkan serta memproyeksikan dengan matang, seberapa besar investasi yang harus Anda keluarkan jika ingin memindahkan unit bisnis Anda ke lokasi baru. Lalu bagaimana cara Anda memproyeksikan investasi untuk bisnis Anda tersebut? Dengan menganalisa laporan keuangan Anda.

Baca Juga: Cara Analisa Rasio Laporan Keuangan Bisnis Anda

Accurate Online, Software akuntansi yang dapat membantu mempersiapkan laporan keuangan bisnis. Sehingga Anda dapat dengan mudah memproyeksikan nilai investasi yang akan Anda keluarkan untuk melakukan pemindahan usaha Anda ke Kalimantan nantinya.

Penasaran? Cari tahu lebih lengkap tentang Accurate Online, GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top