skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Kalau Usaha Anda Diresmikan, Kira-Kira Termasuk Jenis Badan Usaha Apa Ya?

Kalau Usaha Anda Diresmikan, Kira-Kira Termasuk Jenis Badan Usaha Apa ya?

Jenis Badan Usaha – Usaha yang sudah lama Anda rintis kini telah berkembang semakin besar. Omset meningkat 2x lipat setiap bulannya, karyawan pun semakin bertambah seiring dengan demand produksi yang semakin meningkat. Kini saat yang tepat untuk Anda menaikkan level usaha rumahan Anda menjadi sebuah badan usaha.

Baca Juga: Ingin Mulai MengeSAHkan Usaha Anda? Siapkan 5 Dokumen Legaliitas Berikut

Badan usaha sendiri merupakan suatu kesatuan hukum, teknis, ekonomis yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ada banyak jenis badan usaha yang masing-masing jenis badan usaha tersebut memiliki karakteristiknya sendiri.

Apakah Anda mengetahui termasuk jenis badan usaha apakah usaha yang sedang dijalankan saat ini? Jika belum, kami akan menjelaskan 4 jenis badan usaha yang umum dan paling banyak dimiliki oleh pengusaha berkembang di Indonesia. Simak penjelasan berikut.

Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan merupakan salah satu jenis badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh satu orang saja. Dengan kepemilikan oleh satu orang ini maka ia bertanggung jawab akan segala kegiatan yang terjadi di perusahaan tersebut mulai dari pemodalan bahkan sampai kemungkinan-kemungkinan resiko yang akan terjadi pada usahanya.

Lalu, jenis usaha apa saja yang bisa diresmikan menjadi perusahaan perseorangan? Pada dasarnya segala jenis usaha yang dimiliki dan didirikan oleh hanya satu orang saja dapat diresmikan sebagai perusahaan perseorangan. Mayoritas perusahaan perseorangan didominasi oleh UKM dan UMKM seperti usaha Laundry, salon kecantikan, rumah makan, toko kelontong, Tukang tahu bulat keliling, dsb.

Baca Juga: Peluang Bisnis UMKM Tahu Bulat

 

CV (Persekutuan Komanditer)

Commanditaire vennootschap (CV) merupakan salah satu jenis badan usaha dengan bentuk persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang dan atau barang kepada seorang atau beberapa orang lainnya (sekutu aktif) untuk mengelola badan usaha tersebut.

Kelemahan jenis badan usaha CV ini adalah setiap sekutunya terutama sekutu aktif bertanggung jawab penuh atas kekayaan perusahaan dan kekayaan pribadinya. Saat badan usaha ini memiliki hutang yang tak terbayarkan oleh kekayaan perusahaan, maka untuk pelunasan hutang perusahaan tersebut dapat diambil dari kekayaan pribadi anggota sekutu badan usaha tersebut.

 

PT (Perseroan Terbatas)

Perseroan Terbatas (PT) adalah jenis badan usaha yang berbadan hukum terdiri dari para pegang saham yang bertanggung jawab sesuai dengan besar modal yang ditanamkan. Karena modal badan usaha ini berasal dari saham-saham yang ditanamkan, dan saham dapat diperjual-belikan, maka kepemilikan badan usaha ini dapat berubah-ubah tanpa harus membubarkan perusahaan.

Kekayaan jenis badan usaha PT berbeda dengan kekayaan pribadi pemilik perusahaan, sehingga perusahaan memiliki kekayaan sendiri. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.

 

Firma

Jenis badan usaha yang satu ini memiliki kesamaan bentuk kerjasama seperti jenis badan usaha CV, Firma. Firma adalah hasil kerjasama antara dua orang atau lebih yang kemudian didirikan dalam suatu badan usaha yang tidak berbadan hukum dengan nama bersama.

Setiap anggota badan usaha Firma memiliki tanggung jawab tidak terbatas akan badan usaha yang didirkannya. emiliknya terdiri dari beberapa orang yang bersekutu dan masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan.

 

Jadi, usaha yang sedang Anda jalankan saat ini jika diresmikan akan menjadi badan usaha seperti apa?

Apapun jenis badan usaha Anda nantinya, jangan pernah lupa untuk mengelola pencatatan dan pembukuan usaha Anda dengan baik. Accurate Online, software akuntansi berbasis online yang dapat membantu pembukuan dan pencatatan keuangan serta pembuatan laporan keuangan untuk badan usaha jenis apapun.

Penasaran? Cari tahu lebih dalam tentang Accurate Online, GRATIS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top