skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Penting Gak Sih Membuat Legalitas Usaha Kita?

Penting Gak Sih Membuat Legalitas Usaha Kita?

Modal saat ini menjadi hal penting yang harus disiapkan dalam memulai sebuah usaha. Namun tahu kah Anda bahwa ada hal lain yang tidak kalah penting untuk disiapkan saat akan memulai bisnis, legalitas perusahaan. Legalitas merupakan sebuah dasar yang nantinya akan menjadi pondasi hukum bagi perjalanan sebuah usaha itu sendiri. Selain menjadi pondasi hukum, legalitas usaha juga dapat memberikan manfaat lainnya yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

 

Mendapatkan Perlindungan Hukum

Seperti fungsi dasarnya sebuah legalitas, pastinya legalitas usaha akan memberikan perlindungan hukun untuk usaha Anda. Namun, perlindungan hukum seperti apa yang akan didapatkan oleh sebuah usaha yang telah memiliki legalitas usaha?

Dengan memiliki legalitas usaha, berarti perusahaan Anda telah terdaftar resmi sebagai badan usaha pada kementrian usaha. Sehingga mencegah usaha Anda diberhentikan atau dibekukan secara sepihak oleh pemerintah. Untuk badan usaha berupa Perseroan Terbatas (PT), perusahaan Anda sudah disetujui, diakui, dan tertera pada daftar perusahaan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Ini berarti, nama perusahaan Anda tidak akan digunakan oleh perusahaan lain. Sementara pada CV, nama perusahaan atau merek dagang tidak menjadi hak milik sehingga bisa saja terjadi kesamaan dengan perusahaan lain.

 

Kredibilitas Bisnis Meningkat

Mengurus legalitas bisnis juga membantu Anda meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen, rekan bisnis, supplier, investor, bank, dan sebagainya. Di mana, dengan adanya legalitas perusahaan yang jelas, bisnis Anda akan semakin dipercaya dan dianggap lebih profesional, sehingga target konsumen Anda tidak ragu lagi memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentu juga berpengaruh pada omzet penjualan Anda bukan?

Selain itu, dengan kredibilitas tinggi, Anda tentu juga akan lebih mudah dalam mendapatkan beberapa proyek. Karena legalitas perusahaanlah yang menjadi salah satu syarat ketika perusahaan Anda ingin mengikuti tender atau proyek, baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah.

 

Penjualan Saham Lebih Mudah

Selain melindungi bisnis, ada keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika bisnis berbentuk PT, yaitu kemudahan untuk menjual atau mengalihkan saham milik Anda di perusahaan kepada pihak lainnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot jika suatu saat berniat untuk keluar dari bisnis ataupun jika ada pihak lain yang akan masuk sebagai pemegang saham baru. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjual saham Anda kepada pihak lainnya. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda, terlebih jika bisnis Anda telah jauh berkembang dan nilai perusahaan Anda tinggi, saham milik Anda pun akan bernilai lebih mahal.

 

Memudahkan Perusahaan untuk Mendapat Modal Tambahan

Baca Juga: Mendapatkan Modal Tambahan Melalui KUR

Ke depannya, Anda mungkin akan membutuhkan tambahan modal untuk memperbesar skala bisnis perusahaan Anda. Kelengkapan legalitas usaha bisa membantu Anda untuk mengajukan tambahan modal dari bank, atau mengundang investor dari dalam dan luar negeri. Secara otomatis, kreditur seperti bank akan lebih percaya untuk memberikan pinjaman jika debitur memiliki badan usaha yang jelas. Lebih jauh lagi, setiap saham yang ada di dalam PT bisa dijual kepada investor dalam atau luar negeri. Selain akan menambah modal, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda.

Aset Pribadi Terlindungi

Pernah Anda mendengar sebuah perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian besar? Namun pemilik ataupun pemegang saham justru masih menjalankan kehidupannya seperti biasa? Bagaimana bisa? Tentu saja hal ini memungkinkan jika Anda memiliki suatu perusahaan dalam bentuk badan hukum seperti perseroan terbatas (PT) yang dapat melindungi aset pribadi Anda.

Baca Juga: Membuat Rekening Atas Nama Perusahaan

Sebagai badan hukum, PT merupakan suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas dan asetnya sendiri serta dapat bertindak atas namanya sendiri layaknya manusia. Dengan mendirikan badan hukum sebagai bagian dari legalitas perusahaan, Anda tidak perlu khawatir aset pribadi akan terpakai untuk membayar utang ketika perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian, maupun  jika perusahaan Anda tidak mampu membayar utang kepada kreditor. Lain halnya jika bisnis Anda hanya CV atau Firma yang tidak berstatus badan hukum, seluruh kerugian bisnis akan berdampak pada aset pribadi Anda, karena tidak terdapat pemisahan aset didalamnya.

Maka dari itu perlu juga dilakukan pencatatan detail terhadap tiap-tiap aset perusahaan. Accurate Accounting Software akan membantu Anda dalam mencatat dan mengelola nilai aset mulai dari penyusutan atau peningkatan nilai setiap aset perusahaan Anda secara otomatis.

Penasaran? Coba GRATIS Accurate Online, Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top