skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Berapa Biaya Pembuatan SIUP Untuk Usaha Saya? – Cara Membuat SIUP

Berapa Biaya Pembuatan SIUP untuk Usaha Saya? – Cara Membuat SIUP

Cara Membuat SIUP – Surat Izin Usaha Perdagangan atau yang biasa disebut dengan SIUP merupakan salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengurus legalitas usaha Anda. SIUP dikeluarkan oleh PEMDA (Pemerintah Daerah) bagi setiap usaha yang didaftarkan sebagai bukti pengesahan dari usaha perdagangan yang dilakukan.

Baca Juga: 5 Dokumen yang dibutuhkan untuk Mengesahkan Usaha Anda

Siapa Saja yang Wajib Memiliki SIUP?

SIUP hukumnya WAJIB dimiliki oleh setiap pemilik usaha baik itu usaha besar ataupun kecil, usaha perorangan ataupun Firma, PT, CV, Koperasi, BUMN dan sebagainya. Maka dari itu SIUP dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kekayaan modal yang dimiliki oleh suatu usaha.

SIUP Mikro

SIUP mikro adalah SIUP yang diberikan kepada pemilik badan usaha yang memiliki modal atau kekayaan dengan netto lebih dari Rp50 juta dan maksimal Rp 500juta.

SIUP Kecil

SIUP kecil adalah SIUP yang diberikan pada pemilik badan usaha dengan kekayaan modalnya mulai dari Rp50 juta hingga maksimal Rp500 juta.

SIUP Menengah

SIUP menengah adalah jenis SIUP yang diberikan kepada pemilik usaha dengan kekayaan modal antara Rp500 juta hingga maksimal Rp10 milyar.

SIUP Besar

SIUP besar adalah jenis SIUP yang diberikan kepada pemilik usaha dengan kekayaan modalnya mencapai lebih dari 10 milyar.

SIUP berlaku sejak tanggal penerbitannya dan akan terus belaku selama usaha itu berjalan. Namun setiap pemilik usaha wajib untuk melakukan pendaftaran ulang perusahaannya setiap 5 tahun di tempat pembuatan SIUP pertama kali.

Seringkali timbul pertanyaan dari pelaku usaha yang ingin menjalankan dua usaha sekaligus namun dengan menggunakan SIUP yang sama.

Tentu saja hal ini tidak diperbolehkan sesuai yang sudah tertuang dalam Pasal 5 ayat 91, Permendag 36/M-DAG/PER/9/2007 yang menyatakan bahwa SIUP tidak bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan yang tertulis sebagaimana mestinya yang tercantum dalam SIUP.

Jadi, jika seorang pengusaha ingin melakukan bisnis yang aman dan diakui secara hukum maka harus segera mengajukan permohonan SIUP.

Berapa Biaya yang Harus dikeluarkan untuk Membuat SIUP?

Mengenai biaya pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), sebenarnya masing-masing daerah telah menetapkannya, karena hal ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah.

Tetapi, di masa ini sudah ada beberapa biro jasa untuk membantu Anda mengurus masalah SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan berdasarkan info terpercaya yang kami dapat, berikut informasi terkait biaya jasa pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) di Jakarta.

  • Untuk usaha kecil dengan layanan normal, biayanya sebesar Rp 1.500.000 dan lama waktu yang dibutuhkan adalah 10 – 15 hari kerja.
  • Untuk usaha kecil dengan layanan kilat, biayanya sebesar Rp 2.500.000 dengan lama waktu yang dibutuhkan adalah 5 – 7 hari kerja.
  • Untuk usaha menengah dengan layanan normal, biayanya sebesar Rp 1.500.000 dengan lama waktu yang dibutuhkan adalah 5 – 7 hari kerja.
  • Untuk usaha menengah dengan layanan kilat, biayanya sebesar Rp 2.500.000 dengan lama waktu yang dibutuhkan adalah 5 – 7 hari kerja.
  • Untuk usaha besar dengan layanan normal, biayanya sebesar Rp 3.000.000 dengan lama waktu yang dibutuhkan adalah 5 – 7 hari kerja.
  • Untuk usaha besar dengan layanan kilat, biayanya sebesar Rp 4.000.000 dengan lama waktu yang dibutuhkan adalah 5 – 7 hari kerja.

Sebenarnya, Apa Fungsi SIUP untuk Usaha Saya?

Pada dasarnya SIUP berfungsi sebagai BUKTI PENGESAHAN suatu usaha dari Pemerintah, dengan begitu segala kegiatan usaha dapat terlindung di bawah legalitas SIUP. Adanya perlindungan tersebut bertujuan agar usaha Anda terbebas dari penertiban liar. Jika dikemudian hari terjadi sengketa, maka SIUP dapat dijadikan sebagai pegangan legalitasnya.

Selain itu SIUP dapat memudahkan saat akan mengembangkan usaha Anda ke ranah internasional dengan mulai memasuki pasar EKSPOR – IMPOR. Karena SIUP berfungsi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi saat usaha mulai memasuki ranah ekspor-impot.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus disiapkan untuk Ekspor ke Luar Negeri

Selain itu dengan adanya SIUP akan memudahkan usaha Anda untuk mendapat pinjaman dari layanan peminjaman modal usaha seperti Bank, KUR, dsb. Termasuk juga dibutuhkan saat mengikuti lelang atau tender.

Baca Juga: Bingung Cari Pinjaman Modal Usaha? Kenalan Dulu dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Selain SIUP ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh para pemilik usaha untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, salah satunya adalah laporan keuangan usaha itu sendiri. Namun sayangnya masih banyak pemilik usaha yang tidak rutin untuk membuat laporan keuangan usaha mereka, sehingga mereka menjadi kewalahan saat akan melakuan peminjaman modal usaha.Maka dari itu Accurate Online sebagai software akuntansi masa kini, hadir untuk membantu para pengusaha untuk membuat laporan usaha dalam 3 menit segera setelah melakukan pencatatan keuangan usaha mereka.

*Dokumentasi Cara Membuat SIUP : Anakdagang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top