ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

3 Alasan Mengapa Cloud Accounting Memudahkan Bisnis Anda

Hal yang menarik bagi para pebisnis yang baru menjalankan bisnis adalah : sistem yang mereka gunakan untuk menangani proses akuntansi transaksi bisnis sangat tidak efisien atau tidak dapat diintegrasikan dengan sistem lain. Ada pula pebisnis  yang menggunakan software akuntansi desktop terkadang malah membuang banyak waktu untuk mempelajari sistem tersebut dan dan sangat rentan dengan penginputan data yang tidak terotorisasi.

Ini tidak hanya akan menyebabkan bisnis Anda kehilangan nilai di pasar tetapi juga dapat berdampak pada reputasi perusahaan Anda. Cloud accounting hadir sebagai solusi atas masalah yang terjadi saat ini, dengan menggunakan cloud accounting, Anda dapat mengakses laporan keuangan bisnis Anda melalui perangkat apa pun selama perangkat tersebut terhubung ke internet dan juga mampu terintegrasi dengan sistem lain, misalnya adalah software kasir.

Akan selalu lebih baik menggunakan cloud accounting, apa pun jenis bisnis yang telah Anda bangun.

Apa itu Cloud Accounting?

Memahami cloud accounting sama mudahnya dengan memahami cara kerja internet banking. Setiap kali Anda masuk ke akun Anda secara online melalui smartphone atau laptop untuk menggunakan fitur internet banking Anda, hal ini sama seperti Anda menggunakan cloud accounting.

Ini tidak lebih dari sebuah platform yang akan membantu pengguna mendapatkan akses ke data dan perangkat lunak Anda kapan saja, di mana saja. Cloud accounting datang sebagai solusi bagi sebagian besar pengguna karena hard disk tidak lagi efisien menjadi database pusat untuk terhubung ke internet.

Apa yang salah dengan sistem akuntansi tradisional?

Beberapa masalah yang dihadapi orang ketika menggunakan sistem akuntansi tradisional adalah:

  1. Data yang disimpan dalam sistem tidak up to date, dan terkadang software tidak cocok untuk regulasi peraturan negara terbaru atau dengan software lainnya.
  2. Perangkat lunak ini berjalan pada satu komputer dan data bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, drive USB atau hard drive yang dapat dilepas. Jenis penyimpanan data ini tidak aman dan tidak dapat diandalkan.
  3. Biasanya akses hanya diberikan kepada satu orang, sehingga tidak ada orang lain yang mampu mengakses detail keuangan dan data pelanggan utama.
  4. Sangat mahal dan rumit untuk menyimpan semua cadangan pada hard drive.
  5. Sangat mahal dan memakan waktu bagi pemilik usaha kecil untuk menggunakan perangkat lunak yang sama.
  6. Dukungan pelanggan yang dibuat oleh perangkat lunak sangat lambat dan mahal, misalnya untuk melakukan pelatihan pengoperasian

Apa Manfaat Menggunakan Cloud Accounting?

1. Akses Mudah ke Laporan Keuangan Anda

Jika Anda menjalankan bisnis kecil dan mencari software akuntansi, maka lebih baik memulai dengan cloud accounting karena akan membantu Anda mendapatkan akses ke laporan yang terkait dengan bisnis Anda di mana saja dan kapan saja. Penyimpanan data pada software dikendalikan dari jarak jauh, sehingga tidak ada masalah untuk mendapatkan pembaruan dari aplikasi Anda.

manfaat lainnya adalah,  menyimpan data Anda di cloud lebih baik dari penyimpanan data melalui hard drive. Anda akan mendapatkan keuntungan dari keamanan penuh  pada sistem cloud, dan  tidak akan berisiko kehilangan akses ke Akun Anda sekalipun Anda memiliki masalah dengan komputer atau perangkat yang biasa Anda pakai pada saat mengakses informasi

Jika Anda masih menggunakan aplikasi akuntansi desktop, bayangkan apa yang terjadi jika hard drive penyimpanan data akuntani Anda mengalami kerusakan?

2. Membangun Hubungan yang Sehat dengan Akuntan Anda

Jika Anda memiliki bisnis, maka menjadi suatu keharusan untuk memiliki hubungan yang kuat dengan akuntan untuk melihat status keuangan, dan hal ini menjadi lebih penting ketika tiba di penghujung tahun.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak akuntansi cloud, akan memungkinkan untuk menambahkan akuntan Anda sebagai anggota tim manajemen bisnis Anda yang dapat menghemat biaya, mempercepat komunikasi dan memastikan bahwa tidak ada data  yang hilang dan terlewat dalam laporan keuangan dan perpajakan.

3. Go Paperless

Memiliki dokumen sebagai bukti transaksi yang tersedia sepanjang waktu dan diorganisir dengan baik untuk pengelolaan informasi transaksi adalah tugas yang cukup sulit jika bisnis mengandalkan hard copy. Ada banyak hal untuk dikelola antara tanda terima pengeluaran, faktur, dan nota-nota  lainnya yang menumpuk setiap hari ketika mereka ditulis tangan di atas kertas.

Dengan cloud accounting, memungkinkan Anda untuk memindahkan dan mengakses dokumen langsung di dalam software. Ini akan membantu Anda melihat perkembangan bisnis Anda dengan cepat. Selain itu, hal ini akan mengurangi risiko pencatatan manual dan akan menghasilkan metode yang lebih cepat untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda.

Pada akhirnya dan seiring berjalannya waktu, sistem akuntansi lama menjadi tidak relevan untuk dikelola dan dikerjakan jika dibandingkan dengan kebutuhan bisnis. Lebih baik menggunakan software cloud accounting dan memanfaatkan banyak fiturnya yang akan membantu Anda dalam menciptakan ekosistem yang saling terintegrasi dan menciptakan bisnis yang lebih baik. Seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang sudah banyak digunakan perusahaan multinasional dan UKM yang ada di Indonesia. Berdiri sejak 1999, Accurate sudah banyak membantu pelaku bisnis untuk mengelola sistem akuntansi mereka.

Dengan segudang fitur yang memudahkan seperti penghitungan pajak otomatis, smartlink ecommerce, proses rekonsililasi bank otomatis, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Terintegrasi dengan berbagai software lain yang juga memudahkan bisnis Anda seperti Rene POS dan Moka POS, memudahkan pengoperasian bisnis menjadi lebih efisien

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Accurate Online, Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Sumber :  Sugi Priharto

Related posts

Cara Menggunakan Fitur Manufaktur Accurate Online

Eri Katsir

Bagaimana Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Erapuji

Pengertian Rekening Koran, Cara Mendapatkannya, Dan Fungsinya

Wida