skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Hari Pertama Masuk Kerja

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Hari pertama masuk kerja biasanya memberikan euphoria tersendiri baik bagi freshgraduate yang baru kerja pertama kali ataupun bagi mereka yang baru saja pindah dari kantor lamanya. Maka dari itu banyak yang merasakan grogi berlebihan saat akan berangkat ke kantor di hari pertama kerja. Untuk itu simak beberapa tips berikut ini agar dapat tampil maksimal di hari pertama kerja.

Mempersiapkan estimasi waktu, outfit, dan perlengkapan yang harus dibawa

Penting untuk Anda merencanakan dari jauh-jauh hari tentang berapa lama Anda mungkin akan habiskan waktu di perjalanan hingga sampai ke kantor. Anda pun juga harus memilih kira-kira kendaraan apa yang efektif untuk mengantarkan Anda sampai tujuan. Masuk kerja di hari pertama memerlukan persiapan yang matang, Rekan Kerja.

Selain itu, jangan sampai juga Anda salah kostum alias saltum! Bisa saja apa yang Anda pakai tidak rapi dan sopan karena Anda buru-buru dan tidak melakukan persiapan. Tidak hanya itu, ada juga beberapa perusahaan yang menginginkan Anda membawa sejumlah dokumen pribadi sebagai persyaratan bekerja, misalnya hasil pemeriksaan kesehatan atau ijazah pendidikan terakhir Anda. Tanpa adanya persiapan, bisa saja Anda lupa membawa semua permintaan tersebut.

Datang tepat waktu

Sudah seharusnya sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan, Anda datang ke kantor tepat waktu. Tunjukan bahwa Anda benar-benar serius bekerja di perusahaan yang diimpikan. Kesan buruk tentu akan melekat jika Anda datang terlambat di hari pertama kerja. Jangan sampai kesan buruk ini terus melekat sepanjang kariermu.

Bagaimana seharusnya agar terhindar dari keterlambatan? Jam masuk kerja biasanya mulai dari pukul 08.00 atau 09.00. Jika lokasi kantor tidak jauh dari tempat tinggal, maka perkirakan berapa waktu tempuh untuk sampai ke kantor. Sebaliknya, jika kantor jauh dari tempat tinggal, maka upayakan datang sepagi mungkin agar terhindar dari kemacetan jalanan.

Pahami situasi dan kondisi kantor

Masuknya Anda ke dalam sebuah pekerjaan dan lingkungan baru menuntut Anda untuk memahami situasi dan kondisi kantor. Biasanya di hari pertama kerja, Anda akan diberikan materi informasi tentang perusahaan oleh divisi HR (Human Resource) atau departemen SDM (Sumber Daya Manusia). Pastikan Anda mendapatkannya, Rekan Kerja! Hal ini sangat penting agar Anda memahami perusahaan secara keseluruhan terkait visi misi, struktur, dan lain sebagainya.

Setelah itu, usahakan di hari pertama Anda langsung bertemu dengan atasan Anda langsung (orang yang membimbing Anda). Tidak apa untuk meminta saran, pendapat, dan informasi mengenai tempat duduk Anda. Jangan lupa juga untuk mengonfirmasi apa pekerjaan Anda. Namun, apabila tidak, nantinya Anda akan merasa kebingungan tentang jobdesc Anda sendiri. Hal ini sering terjadi lho! Sebetulnya dengan memahami situasi dan kondisi yang ada di kantor, diharapkan Anda dapat menyesuaikan diri dalam bersikap dan berperilaku. Terutama kepada rekan kerja yang pekerjaannya bersinggungan langsung dengan Anda. Sangat diperbolehkan bila Anda mencatat nama-nama rekan kerja sebagai upaya untuk menghafal dan memahami mereka.

Jangan Malu Bertanya

Sebagai orang baru, tidak ada yang mengharapkan Anda akan bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan baik pada awalnya. Tanyakan apa yang belum dimengerti, baik kepada rekan kerja maupun atasan. Hal ini lebih baik dibanding jika mengerjakan sendiri tapi dengan hasil yang tidak sesuai, karena hanya akan membuang waktu. Bertanya atau melakukan konfirmasi untuk memperoleh pengertian yang lebih akurat sangat penting, karena Andaharus memastikan agar hasil kerja sesuai dengan yang dibutuhkan.

Khususnya bagi Anda yang bekerja di divisi keuangan ataupun akuntansi. Pastikan Anda bertanya secara detail mengenai scope pekerjaan Anda. Seperti software apa yang digunakan, data yang mana yang harus diinput dan lain sebagainya.

Pada umumnya perusahaan menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan serta akurat dengan setiap perhitungan yang dihasilkan. Seperti Accurate Online. Accurate sudah dalam 20 tahun terakhir membantu lebih dari tiga ratus ribu pengusaha di Indonesia dalam melakukan pencatatan serta pembuatan laporan keuangan. Jadi, tidak ada salahnya Anda mempelajari Accurate Online sebelum hari pertama masuk kerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top