skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
5 Cara Yang Dapat Dilakukan Oleh Pemilik Bisnis Untuk Membuat Suasana Kerja Yang Nyaman

5 Cara yang Dapat dilakukan oleh Pemilik Bisnis untuk Membuat Suasana Kerja yang Nyaman

Suasana Kerja yang Nyaman – Tahu kah Anda kalau lingkungan kerja memiliki peran penting dalam membangun kesukesan sebuah usaha? Lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman ternyata dapat memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kinerja karyawan. Karyawan merupakan asset terpenting bagi perusahaan, maka dari itu sebagai pemilik ataupun pemimpin di perusahaan wajib hukumnya untuk membangun suasana kerja yang nyaman.

Jangan khawatir jika sekarang ini Anda tidak tahu cara menciptakan lingkungan kerja yang baik di perusahaan Anda. Percaya atau tidak, caranya tidak sesulit yang kebanyakan orang kira.

5 Cara yang Dapat dilakukan oleh Pemilik Bisnis untuk Membuat Suasana Kerja yang Nyaman

Buat Suasana Kantor yang Kondusif

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk membuat suasana kerja yang nyaman adalah dengan cara menciptakan suasana kantor yang kondusif.

Kondusif dalam hal ini adalah saling menghaormati antara karyawan dan juga divisi, buat komunikasi antara karyawan dan pemimpin dengan lancar. Redam emosi Anda sebagai pemimpin ataupun pemilik bisnis jangan sampai dicap sebagai orang yang mudah marah.

Tentunya untuk menciptakan suasana kondusif tersebut harus dilakukan pertemuan rutin sebulan sekali dimana para pemimpin ataupun pemilik bisnis dan karyawan bisa saling membaur.

Selain itu, bisa pula mengadakan sebuah forum yang berisikan tentang penyampaian unek-unek karyawan kepada pemimpin atau perusahaan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menciptakan suasana kantor yang kondusif dan juga nyaman.

Buat Dekorasi Kantor yang Menarik

Di era informasi ini, tidak zaman lagi kantor hanya berbentuk kubikel-kubikel yang kaku. Beberapa perusahaan seperti Bukalapak dan Google bahkan memiliki ruangan bermain bagi para karyawannya, juga dekorasi ruangan yang membuat para karyawan tidak merasa sedang berada di kantor.

Dengan begitu, ketika jenuh melanda, para karyawan sejenak dapat menyegarkan pikiran langsung di kantor. Otak manusia juga sebetulnya tidak didesain untuk terus menerus bekerja.

Paling tidak setelah bekerja 2 jam, otak memerlukan asupan udara segar atau relaksasi sejenak untuk dapat berkonsentrasi kembali. Jika tidak, yang ada produktivitas malah menurun.

Oleh karena itu, mulailah perhatikan suasana tempat para karyawan bekerja. Apakah sinar matahari dapat masuk ke ruangan kerja? Apakah furnitur yang nyaman sudah tersedia? Jika tidak, cobalah untuk melakukan sedikit renovasi demi lingkungan kerja yang lebih baik.

Apresiasi Pekerjaan Karyawan

Selama 8 jam lamanya karyawan Anda bekerja dan mengerjakan sesuatu yang baik untuk perusahaan. Karena itu, jangan lupa untuk memberikan apresiasi sekecil apapun pada karyawan Anda.

Terlebih jika karyawan Anda mampu membuat sebuah prestasi yang sangat baik untuk perusahaan.

Besar atau kecilnya apresiasi tersebut akan memberikan efek merasa dihargai, betah dikantor, lebih percaya diri dan juga lebih semangat kembali untuk menorehkan prestasi terbaiknya di perusahaan Anda.

Apresiasi tersebut bisa lewat tulisan, ucapan, ataupun dalam bentuk hal lain yang pantas untuk diterimanya.

Buat Jenjang Karir yang Jelas

Dilansir dari Jadikaryawan.com, dengan adanya jenjang karier yang jelas di sebuah perusahaan, merupakan suatu cara tersendiri agar karyawan Anda betah dan nyaman bekerja.

Setiap orang yang bekerja tentunya ingin memiliki finansial dan jabatan yang lebih baik dari sebelumnya.

oleh karena itu, Anda sebagai pemimpin harus membuat sistem jenjang karier yang jelas agar para karyawan bisa berlomba-lomba dan juga semangat untuk mencapai karier tersebut.

Jenjang karier yang ditawarkan bisa dimulai dari supervisor, manajer cabang atau daerah, kepala marketing, SDM dan lain sebagainya yang sesuai dengan karyawan Anda.

Berikan Fasilitas yang Sesuai untuk Karyawan

Setiap karyawan yang bekerja layak untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Tentunya yang bisa menjamin hal tersebut adalah perusahaan tempat mereka bekerja. Oleh karena itu, selain harus dituntut bekerja sesuai target para karyawan pun berhak untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang sesuai dengannya.

Fasilitas yang dimaksud bisa berupa tunjangan untuk hari raya, tunjangan kesehatan, makan, transport sampai kendaraan jika memang dibutuhkan.

 

Sama halnya dengan pemberian hak intensif yang diberikan setiap bulan, adanya fasilitas ini bukan untuk “memanjakan” karyawan namun untuk kemajuan perusahaan Anda sendiri.

Para karyawan akan merasa dihargai dan juga terjamin kehidupannya. Karena salah satu tujuan bekerja adalah memperoleh pendapatan yang layak untuk keberlangsungan hidup.

Selain fasilitas di atas sediakan pula kesempatan para karyawan untuk belajar kembali dibangku kuliah. Berikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menimba ilmu yang lebih luas lagi agar bisa mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

Selain diberikan kesempatan untuk kuliah kembali, berikan pula fasilitas mengikuti training atau workshop yang berkaitan dengan divis yang ditugaskannya.

Selain itu, fasilitas penunjang pekerjaan seperti gawai ataupun software yang mumpuni dan disesuaikan dengan jobdesk tiap karyawan. Seperti untuk karyawan divisi keuangan ataupun akunting. Mereka membutuhkan software khusus yang dapat membantu mereka dalam melakukan pencatatan setiap transaksi dan pembuatan laporan keuangan perusahaan setiap bulannya. Maka dari itu mereka membutuhkan software akuntansi yang mumpuni seperti, Accurate Online.

Mengapa Accurate Online?

  1. Accurate telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengusaha Indonesia selama 20 tahun terakhir
  2. Fitur paling lengkap dan paling mudah digunakan dari seluruh software akuntansi yang ada.
  3. Penasaran? Coba GRATIS 30 Hari melalui tombol di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top