fbpx

5 Jenis Pembukuan Yang Wajib Ada Supaya Bisnis Kamu Tumbuh dan Berkembang !

Software Akuntansi Accurate Online – Setiap kamu yang bergelut di bidang usaha, pasti pengen usahanya makin besar dan makin lancar. Tapi taukah kamu, bahwa ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar usaha kamu makin tumbuh dan besar. Sebagian orang meyakini , klo kita punya produk yang unik dan dibutuhkan masyarakat, dengan sendirinya produk kita disukai dan diminati publik, ujung-ujungnya banyak yang beli, banyak yang pakai dan akhirnya pundi-pundi rupiah pun mengalir terus ke rekening usaha kamu.

Ada juga yang berfikiran , kalo kita bisa mengenal target market kita degan jelas, lalu kita buatkan strategi pemasaran yang baik sehingga kita bisa menawarkan produk kita ke target market tadi tanpa merasa mereka di juali, ujung-ujungnya jualan kita makin laris, saldo pun naik dengan  drastis.

Kedua pemikiran diatas memang tidak salah, tapi ternyata ada satu faktor lagi yang selalu mengikuti kesuksesan usaha seseorang dan menjadi key faktor keberhasilan mereka, yaitu “Disiplin” mengelola pendapatan usaha mereka.

Ini dia 5 Jenis pembukuan yang bisa kamu pakai dalam mengelola pendapatan usaha kamu.

 

1. Pembukuan Kas Masuk dan Keluar

Pembukuan kas masuk dan Kas Keluar adalah pembukuan yang wajib ada guys. Karena di pembukuan ini, semua uang yang  masuk ke kas usaha kamu maupun pengeluaran-pengeluaran baik yang bernominal kecil apalagi yang bernominal besar tercatat dengan rapih di pembukuan ini.

Pencatatan harus kamu lakukan setiap hari secara rutin dan disiplin sehingga diakhir periode pencatatan nanti kamu bisa dengan mudah melihat status keuangan kamu.

2.  Pembukuan Aliran Kas

Nah sesuai namanya guys,  ” pembukuan aliran kas” maka pembukuan ini merupakan catatan semua hal yang berkaitan dengan kas perusahaan, baik untuk pengeluaran maupun pemasukan. Kas merupakan salah satu aset yang menentukan likuiditas perusahaan, sehingga sebaiknya pencatatan pembukuan dilakukan dengan teliti dan benar. Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan pengawasan atau kontrol yang rutin, karena kas juga bersifat restricted.

3. Pembukuan Catatan Persediaan

Salah satu penentu kelanggengan bisnis kamu adalah dengan mudahnya kamu mengetahui stok persediaan produk dagangan kamu. Di dalam pembukuan catatan persediaan ini, kamu bisa melihat berapa banyak stok barang yang kamu punya, apakah cukup sampai akhir periode jualan kamu dan produk apa saja yang masih menumpuk di gudang.

4. Pembukuan Inventaris Barang

Pembukuan ini berisi listing semua aset yang kamu miliki. Caranya, kamu harus mencatat setiap barang (aset) yang kamu beli, setelah itu kamu juga harus mencatat cost pembelian di “buku kas keluar” tadi . Karena pada saat kamu membeli aset, tentu saja kamu mengeluarkan sebuah cost berupa apapun sehingga selain mencatat pada buku inventaris barang, kamu juga harus mencatatnya pada buku kas keluar.

5. Pembukuan Rugi/Laba

Buku rugi/laba adalah pembukuan yang terkandung informasiunsur-unsur pendapatan dan beban yang terjadi pada periode berjalan. Pembukuan Rugi/Laba dengan Laporan Keungan sebetulnya memiliki kesamaan,namun pembukuan Rugi/Laba itu lebih sederhana dan intinya di pembukuan Rugi/Laba ini kamu bisa mengetahui dengan cepat status keuangan usaha kamu sebelum Laporan Keuangan Perusahaan kamu di terbitkan.

 

Dari Rapih Pembukuan Hingga Rapih Pajak

Nah, untuk memudahkan kamu nih guys, 5 jenis pembukuan diatas bisa kamu lakukan dengan mudah hanya dengan sekali klik lewat software akuntansi canggih yang berbasis online, cukup modal koneksi internet saja.

Software Akuntansi Accurate Online adalah software akuntansi berbasis web based (atau online) dengan teknologi Cloud ,yang bisa melindungi data anda setingkat keamanan internet banking.

Accurate Online juga bisa menampung ribuan data transaksi kamu dengan tersedianya 200 laporan pembukuan yang siap pakai, mulai dari laporan Rugi-Laba ,  Arus kas dan Buku besar , Laporan penjualan dan Pembelian , hingga proses Rekonsiliasi antar Bank dan fitur Smartlink Ecommerce (bisa rekap transaksi jualan online kamu di 3 marketplace besar : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)

Untuk urusan pajak, Accurate online juga sudah terhubung dengan fitur e-faktur dan eSPT, dan bisa melakukan perhitungan  pajak secara otomatis untuk PPN, PPh 23, PPh 4 ayat 2, PPh 15, PPh 21, dan PPh 22.

Selain itu, software akuntansi Accurate Online juga sudah dipercaya oleh masyarakat sebagai brand yang paling diminati dan terbukti 4x berturut-turut mendapatkan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga 2019. (baca beritanya disini : Accurate Onilne dapat TOP Brand Award 4x berturut-turut)

 

Biar makin maknyus, kita tengok videonya dulu disini guys :

 

Buat yang makin penasaran, software akuntansi Accurate Online ini punya fasilitas FREE TRIAL 30 hari yang bisa kamu nikmati disini :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *