28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

5 Kebiasaan Kecil untuk Bantu Manajemen Waktu Seorang Pebisnis

Salah satu hal yang harus dikuasai oleh para pebisnis adalah manajemen waktu. Ketika memulai sebuah bisnis, pasti akan merasakan seperti tidak ada cukup waktu untuk melakukan semua hal dalam sehari. Bagi seorang pengusaha, setiap detik waktu dapat merepresentasikan nilai uang, baik uang yang dihasilkan maupun dikeluarkan. Apakah hal ini terdengar ekstrim?

Baca Juga: Ingin Terjun ke Dunia Bisnis? Ikuti 4 Pelatihan Dasar Seorang Pebisnis

Pengaturan waktu yang baik penting supaya semua kewajiban dan target dapat selesai sesuai tenggat yang ditentukan. Namun, beberapa orang tak terlalu paham dalam mengatur waktu, dan berakibat pada pekerjaan yang tak rampung, atau badan yang terlalu lelah.

Untuk itu, pelaku bisnis harus mampu memanajemen waktunya dengan cara membuat daftar kegiatan, mengatur prioritas, menghindari kebiasaan menunda pekerjaan, dan lain sebagainya. Dengan bertekad untuk memiliki manajemen waktu dengan baik pada saat menjalankan bisnis mampu membawa banyak dampak positif. Sehingga hal tersebut dapat dikatakan bahwa manajemen waktu dalam berbisnis cukup penting.

 

Buat Jadwal Kegiatan

Buatlah jadwal kegiatan yang harus dilakukan di hari tersebut baik di ponsel maupun di jurnal, untuk mengingat pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Terlalu banyak pekerjaan seringkali membuat kita mudah jadi pelupa. Maka, bantu diri untuk mengingat dengan pencatatan jadwal yang baik.

Jangan Mengerjakan Beberapa Tugas Secara Bersamaan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa hanya sekitar 2,5 % orang yang mampu mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dan mendapatkan hasil yang bagus dari masing-masing tugas. Selain itu, para ahli dalam manajemen waktu mengatakan bahwa fokus pada satu hal dalam satu waktu akan melipatgandakan produktivitas, output kerja, dan kinerja. Dan ketika menjadi seorang pengusaha, itu berarti ada perbedaan antara sukses dan gagal. Paksa diri untuk fokus pada satu tugas dan alokasikan waktu untuk menyelesaikannya, sehingga akan mendapatkan hasil terbaik.

Buat List Prioritas

Terlalu banyak pekerjaan juga bisa membuat rencana berantakan. Kita harus memprioritaskan pekerjaan dalam empat bagian : penting dan menghasilkan, penting tetapi tidak menghasilkan, tidak penting tetapi menghasilkan, dan tidak penting serta tidak menghasilkan. Kerjakan pekerjaan dalam golongan pertama, disusul dengan pekerjaan dalam golongan lain.

Stop Kebiasaan Menunda

Secara psikologis, manusia memang hobi menunda. Mereka lebih merasa bersemangat saat mengerjakan pekerjaan mendekati tenggat, ketimbang mengerjakannya jauh-jauh hari. Kendati manusiawi, ini kebiasaan yang merusak tubuh dan membuat banyak rencana tak rampung. Hentikan kebiasaan menunda dan sistem kebut semalam mulai dari sekarang demi manajemen waktu yang lebih baik.

Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Saat ini teknologi sudah berkembang pesat dan menyediakan beberapa tools yang dapat membantu meringankan pekerjaan kita sebagai seorang pebisnis. Ada berbagai macam software yang tersedia untuk meringkas beberapa step pekerjaan yang panjang hingga menjadi 1-2 step mudah yang dapat dilakukan secara otomatis. Ada software HR, software penjualan, software kasir dan juga software akuntansi Accurate Online yang dapat meringkas pekerjaan keuangan bisnis, pajak serta penggajian karyawan.

accurate

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

3 Tantangan Saat Memulai Bisnis Laundry

ademuthia

Accurate Online Kerjasama dengan Moka Pos Perkuat Market Retail

ademuthia

Apa Saja Sih 3 Laporan Keuangan Dasar untuk UKM dan UMKM? Cari Tahu di Sini.

ademuthia

Leave a Comment