ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

5 Langkah Mudah Belajar Akuntansi untuk Pemilik Bisnis

Akuntansi keuangan biasanya disebut sebagai “bahasa bisnis”. Dengan pemahaman tentang konsep dan prinsip dasar akuntansi, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat, berkontribusi pada perencanaan strategis, dan membangun serta menjalankan bisnis. Jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin mengetahui keuntungan dan membuat perencanaan keuangan, ada baiknya Anda belajar akuntansi mulai dari sekarang.

“Akuntansi adalah alat yang membuka pintu ke informasi kunci, memberikan wawasan yang berguna, membantu mendapatkan perspektif, dan membantu dalam pengambilan keputusan,” kata Profesor V.G. dari Harvard Business School. Narayanan dalam mata kuliah HBS Online Akuntansi Keuangan.

Mungkin Anda seorang wirausahawan yang ingin menjadi bagian dari 40 persen pemilik usaha kecil yang merasa memiliki pengetahuan tentang akuntansi, atau Anda berharap untuk membuat perubahan karier dan menjadi salah satu dari 90.700 orang yang diperkirakan akan memasuki bidang akuntansi pada tahun 2028.

Mungkin dimulai dari memahami dasar-dasar keuangan organisasi Anda dan membuat dampak positif pada posisi Anda saat ini.

Tidak peduli industri, peran, atau latar belakang Anda, mempelajari akuntansi keuangan dapat bermanfaat bagi karier Anda. Berikut adalah lima langkah yang harus diambil saat Anda mulai belajar akuntansi untuk bisnis Anda.

Cara Belajar Akuntansi Pemula Sekaligus Pebisnis

1. Pelajari Bagaimana Membaca dan Menganalisis Laporan Keuangan

Mulailah belajar akuntansi keuangan bisnis Anda dengan mempelajari cara membaca dan menganalisis tiga laporan keuangan utama: neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Dokumen ini berisi informasi berharga tentang pengeluaran, penghasilan, laba, dan kesehatan keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Neraca merinci aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik perusahaan Anda untuk periode tertentu. Hubungan antara komponen ini diilustrasikan dalam persamaan akuntansi, yang digunakan untuk memverifikasi bahwa neraca sudah benar dan seimbang. Aset harus selalu sama dengan kewajiban ditambah ekuitas pemilik.

Laporan laba rugi, juga disebut profit and loss statement, atau P&L, menunjukkan pendapatan, pengeluaran, dan laba organisasi Anda, biasanya setiap tiga bulan atau tahunan.

Laporan arus kas mencantumkan arus masuk atau arus kas keluar yang dimiliki organisasi Anda selama periode tertentu. Garis-garis pada laporan arus kas dikategorikan ke dalam aktivitas operasi, pendanaan, dan investasi, dan setiap sumber dan penerima kas dicantumkan.

Memahami laporan ini berguna untuk mengetahui seluk beluk keuangan organisasi Anda. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk menginformasikan proyek dan investasi mana yang Anda kejar dan membentuk bagaimana Anda memengaruhi profitabilitas perusahaan Anda.

Memiliki pemahaman yang kuat tentang komponen setiap laporan keuangan dan bagaimana menganalisisnya juga akan mempersiapkan Anda untuk mengambil prinsip akuntansi keuangan yang lebih kompleks.

2. Pilih Metode Pembelajaran

Anda memiliki berbagai pilihan ketika belajar tentang akuntansi keuangan, termasuk kelas tatap muka, kursus online, buku teks dan publikasi akuntansi, dan mentoring dari rekan kerja. Masing-masing datang dengan pro dan kontra, tergantung pada keadaan Anda.

Misalnya, mungkin kursus online sepertinya cocok untuk kebutuhan Anda. Untuk menilai apakah kursus online adalah pilihan terbaik Anda, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

Anggaran

Salah satu keuntungan kursus online adalah biayanya biasanya lebih murah daripada kelas tatap muka. Jika ini memiliki anggaran yang terbatas, Anda bisa memilih metode ini sebagai proses belajar yang efektif dan bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

Pastikan proses pembelajaran Anda tidak memberatkan anggaran bisnis Anda, terlebih jika Anda baru memulai bisnis dengan anggaran yang terbatas.

Hasil Profesional yang Diinginkan

Ini juga berguna untuk mempertimbangkan keuntungan profesional yang dapat menyertai setelah menyelesaikan kursus online.

Sebuah survei baru-baru ini oleh City Square Associates menemukan bahwa satu dari empat peserta yang mengikuti kursus HBS Online menerima promosi atau perubahan jabatan sebagai hasil dari penyelesaian kursus mereka. Pendidikan Anda adalah investasi dalam karier Anda.

Jadwal

Manfaat lain dari mengikuti kursus online adalah fleksibilitas yang diberikannya. Jika akses transportasi atau Anda memiliki jadwal yang sibuk, kursus online bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Bekerja penuh waktu tidak harus membatasi pendidikan Anda.

Gaya Belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar yang paling cocok untuk mereka. Jika Anda seorang pelajar kinestetik, yang berarti Anda belajar paling baik saat terlibat secara fisik dengan topik dan lingkungan Anda, kursus online mungkin bukan yang paling cocok.

Namun, jika Anda seorang pelajar visual atau auditori, kursus online yang menggambarkan dan menjelaskan setiap konsep mungkin cocok.

Jika cara pembelajaran terbaik bagi Anda adalah dengan terlibat dengan orang lain, Anda harus memilih program yang menghubungkan Anda dengan komunitas sesama yang berpikiran sama.

Metode pendidikan apa pun yang Anda kejar, harus sesuai dengan anggaran, hasil yang diinginkan, jadwal, dan gaya belajar.

belajar akuntansi 2

3. Dedikasikan Waktu untuk Pembelajaran Anda

Apa pun metode pembelajaran yang Anda pilih, dedikasikan banyak waktu untuk pendidikan Anda. Konsep akuntansi dibangun di atas satu sama lain, jadi menginvestasikan waktu untuk memahami masing-masing secara mendalam sebelum melanjutkan akan membangun dasar yang kuat untuk mempelajari prinsip-prinsip yang lebih maju.

Anda mungkin tergoda untuk terburu-buru membahas topik yang lebih kompleks, tetapi mengetahui setiap detail pembelajaran tentunya akan membuahkan hasil.

Jadikan belajar sebagai bagian dari rutinitas Anda. Terlepas dari di mana Anda masuk atau membuka buku teks Anda, menyelesaikan kursus dengan waktu yang teratur akan memungkinkan Anda membuat kemajuan yang stabil menuju tujuan pendidikan Anda.

4. Fokus pada Penerapan Akuntansi di Dunia Nyata

Saat mempelajari prinsip dan persamaan akuntansi keuangan, perlu diingat bahwa tujuannya bukanlah menghafal, tetapi penerapan. Sesering mungkin, praktikkan pengetahuan Anda pada kasus yang nyata dalam bisnis.

Dalam kursus online Akuntansi Keuangan misalnya, para peserta ditempatkan pada posisi pemimpin bisnis dan menerapkan konsep dan prinsip akuntansi pada tantangan dunia nyata melalui pembelajaran berbasis kasus.

Selain itu, coba pikirkan contoh dari karier Anda sendiri. Menerapkan persamaan dan konsep pada pengalaman pribadi dapat menambah rasa keterkaitan dan pemahaman pada pembelajaran Anda.

Ingatlah bahwa ilmu akuntansi bukanlah sesuatu yang dapat Anda kuasai dalam semalam — ini membutuhkan penerapan berulang dari konsep yang Anda pelajari. Dengan latihan yang cukup, Anda dapat mengenali contoh di organisasi Anda di mana pengetahuan akuntansi Anda dapat diterapkan.

5. bangun jaringan dengan Profesional Akuntansi Lainnya

Buatlah titik untuk terhubung dengan profesional lain yang belajar tentang akuntansi keuangan. Menjadi bagian dari jaringan pelajar yang berdedikasi dapat memberikan dukungan dan motivasi saat Anda mengasah keterampilan akuntansi Anda.

Orang-orang di jaringan Anda mungkin pernah mengalami tantangan serupa yang Anda hadapi, dan Anda dapat saling menawarkan perspektif dan bantuan, selain merayakan keberhasilan satu sama lain.

Aspek komunitas dapat dibangun ke dalam program online yang Anda ikuti, atau Anda mungkin perlu menemukan cara lain untuk menjangkau profesional yang berpikiran sama dan mengembangkan jaringan Anda.

Kesimpulan

Terlepas dari tingkat pengalaman Anda, belajar ilmu akuntansi keuangan dapat membantu Anda melacak dan memahami kinerja bisnis Anda dan membuat keputusan yang lebih strategis.

Mengambil langkah untuk memajukan pengetahuan bisnis Anda dapat menjadi investasi yang berharga baik dalam karier Anda maupun kesehatan keuangan perusahaan Anda.

Anda juga dapat memadukan pengetahuan akuntansi Anda dengan kemudahan pengelolaan akuntansi dalam bisnis menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pembukuan, penghitungan dan pengelolaan perpajakan, melakukan manajemen aset dan inventori, otomasi pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

accurate 3

 

 

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

Program Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis Rintisan

ademuthia

Apa Itu Arus Kas Operasi dalam Bisnis? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Erapuji

Akuntansi Syariah, Pengertian & Perbedaannya dengan Akuntansi Konvensional

Miftah