32.1 C
Jakarta
September 23, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi Bisnis

5 Tantangan dalam Melakukan Penganggaran Bisnis dan Solusinya

5 Tantangan dalam Melakukan Penganggaran Bisnis dan Solusinya

 

Sebagai pemilik bisnis, ada dua hal penting yang ingin Anda pertahankan — waktu dan uang. Itulah mengapa Anda perlu membuat penganggaran bisnis dan mematuhinya. Namun, tantangan anggaran adalah hal biasa dan dapat muncul sepanjang tahun.

Biasakan diri Anda dengan tantangan melakukan penganggaran bisnis, sehingga Anda dapat mengatasinya sebelum semuanya menjadi terlalu sulit dikendalikan. Jadi, apa saja tantangan penganggaran yang harus Anda perhatikan dalam bisnis?

Tantangan dalam Penganggaran yang Harus Diperhatikan

Baik Anda adalah pemilik bisnis baru atau seorang yang sudah merasakan dunia kewirausahaan dalam waktu lama, tantangan dalm membuat anggaran untuk bisnis dapat muncul. Pantau anggaran bisnis Anda dan ubah tujuan bisnis agar selalu mengetahui dan menghindari masalah. Berikut adalah beberapa tantangan dalam membuat anggaran bisnis yang umum dan solusinya.

1. Tidak menyediakan waktu untuk penganggaran

Dari semua tantangan anggaran, waktu mungkin yang paling penting untuk diperhatikan terlebih dahulu. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk menyusun anggaran tahunan, Anda dapat sangat kesulitan dan membuat kesalahan dalam proses penganggaran.

Solusinya

Membuat anggaran Anda membutuhkan waktu. Ingatlah bahwa penganggaran juga membutuhkan waktu untuk dikelola sepanjang tahun. Ada baiknya jika Anda meninjau anggaran ke dalam jadwal Anda secara berkala (misalnya, tinjauan bulanan atau triwulanan).

Luangkan waktu untuk melihat-lihat tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan Anda. Jika Anda mempertimbangkan tinjauan anggaran bulanan, anggaran bergulir mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Anggaran bergulir akan membantu untuk melakukan:

  • Perubahan sepanjang tahun berdasarkan data terkini
  • Menambahkan anggaran satu bulan lagi ke akhir setelah satu bulan berlalu
  • Pembaruan setiap kali Anda membuat laporan keuangan
  • Diatur dengan cara yang sama seperti anggaran tradisional
  • Mungkin menghemat waktu Anda di akhir tahun karena Anda akan memperbaruinya lebih sering

Pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah penganggaran berbasis nol atau zero based budgeting, terutama jika Anda memiliki bisnis kecil.

Penganggaran berbasis nol berarti anggaran dimulai dari nol setiap tahun. Opsi ini sangat bermanfaat bagi para pemula di tahun pertama mereka. Beberapa bisnis kecil memilih untuk menggunakan penganggaran berbasis nol setiap beberapa tahun dan anggaran tradisional di antaranya.

Selain itu, penganggaran berbasis nol dapat:

  • Membantu Anda mengurangi pengeluaran bisnis
  • Menentukan di mana akan memprioritaskan dana

Penganggaran untuk pemilik bisnis bervariasi berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Bagaimanapun Anda menganggarkan, temukan cara untuk menyediakan waktu untuk perencanaan dan pemeliharaan anggaran.

Baca juga: Revenue Stream Adalah: Berikut Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

2. Gagal menggunakan laporan terbaru

Pelaporan yang akurat sangat penting untuk kesuksesan Anda. Dan, itu salah satu tantangan dalam membuat anggaran terbesar yang mungkin Anda hadapi. Anda perlu tahu berapa banyak uang yang keluar dan masuk ke bisnis Anda.

Beberapa data keuangan yang Anda butuhkan untuk pelaporan yang akurat meliputi:

Mengapa laporan begitu penting? Karena mereka menunjukkan kepada Anda data yang akurat untuk membantu Anda memastikan Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Laporan memberi tahu Anda di mana Anda mungkin mengeluarkan terlalu banyak atau sedikit pengeluaran sehingga Anda dapat membuat perubahan yang mengakomodasi bisnis Anda. Mereka juga memungkinkan Anda memperkirakan anggaran masa depan dengan lebih baik.

Solusinya

Tantangan anggaran untuk bisnis sering kali dimulai dengan kurangnya informasi. Tanpa semua informasi yang diperlukan, anggaran Anda mungkin tidak akurat dan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Hapus perkiraan waktu apa pun dari data Anda sehingga Anda menetapkan anggaran berdasarkan informasi yang sebenarnya.

Data keuangan tidak hanya berharga untuk membuat satu anggaran, tetapi juga dapat menjadi dasar untuk semua anggaran dan tujuan perusahaan di masa mendatang. Anda perlu melihat di mana Anda akan membuat rencana ke mana Anda ingin pergi.

Untuk mengatasi tantangan pelaporan, pastikan Anda memiliki dokumentasi keuangan bisnis yang jelas dan terorganisir.

Baca juga: Nilai Buku Adalah: Pengertian, Tujuan, Dan Tahapannya

3. Tidak memperbarui anggaran Anda

Anda tahu bahwa Anda harus memperbarui anggaran Anda setiap tahun. Tapi, bagaimana dengan saat kejadian tak terduga terjadi misalnya saat COVID-19 atau bencana alam? Ketika perubahan besar memengaruhi cara Anda melanjutkan sepanjang sisa tahun ini, Anda perlu memperbarui anggaran. Peristiwa yang tidak terduga dapat mengakibatkan:

  • Masalah rantai pasokan
  • Kebutuhan pasokan yang berbeda (misalnya, mempekerjakan ahli sanitasi karena COVID-19)
  • Perubahan gaji, seperti pemotongan gaji karyawan

Solusinya

Perbarui anggaran Anda secara teratur, terutama jika terjadi bencana alam atau keadaan darurat mengganggu operasi bisnis.

Evaluasi laporan Anda untuk mencari masalah apa pun yang muncul sepanjang bulan atau tahun untuk membuat garis dasar untuk anggaran masa depan. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan akuntan Anda jika terjadi perubahan besar yang memengaruhi bisnis Anda secara finansial.

Baca juga: 10 Jenis Anggaran yang Biasanya Ada dalam Bisnis

penganggaran bisnis 2

4. Tidak menghabiskan anggaran Anda

Menggunakan dan menghabiskan mungkin terlihat mudah, tapi percayalah bahwa menggunakan anggaran sesuai dengan pos pengeluaran yang direncanakan tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak bisnis  membuat anggaran namun tidak terserap secara maksimal.

Solusinya

Konsultasikan anggaran bisnis ketika Anda membuat keputusan keuangan untuk menyelesaikan tantangan dalam dalam membuat anggaran ini.

Berikut beberapa cara untuk memastikan Anda menggunakan anggaran yang Anda habiskan untuk membuat:

  • Jadwalkan waktu sepanjang tahun untuk meninjau anggaran
  • Rencanakan rapat anggaran dengan akuntan dan / atau karyawan Anda
  • Referensi anggaran saat pengeluaran yang diusulkan muncul

Baca juga: Pertanyaan Yang Wajib Ditanyakan Saat Berkonsultasi Dengan Akuntan

5. Menggunakan alat yang salah

Pena dan lembaran kertas mungkin adalah cara yang bisa Anda pilih, tetapi mungkin bukan alat terbaik untuk merencanakan penganggaran bisnis Anda. Seperti disebutkan, pelaporan harus akurat dan mutakhir. Dan, melakukan laporan dengan tangan berarti ada kemungkinan besar Anda akan melakukan kesalahan dalam pencatatan dan tidak bisa menghemat waktu.

Jadi, mungkin Anda akan lebih baik jika memutuskan untuk tidak lagi menggunakan pena dan kertas dan mulai menggunakan spreadsheet. Namun, spreadsheet juga mungkin juga tidak memberikan semua data yang Anda inginkan dan perlukan…

Solusinya

Alat seperti software akuntansi memungkinkan Anda melihat seluruh laporan keuangan secara realtime setiap kali bisnis melakukan pengeluaran.

Dan pastikan Anda memilih software akuntansi yang memiliki fitur anggaran dan laporan keuangan terlengkap seperti Accurate Online untuk menghadirkan kombinasi maksimal guna kemajuan bisnis Anda. Kombinasi ini dapat membantu Anda untuk tetap pada jalur dengan tujuan keuangan Anda dan melihat lebih banyak keuntungan dalam bisnis.

Jadi jika Anda masih merasa membuat anggaran itu melelahkan, beralihlah dari cara manual dan jadikan kegiatan penganggaran bisnis lebih mudah dengan software akuntansi online seperti Accurate yang bisa Anda coba gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawahSumber artikel:

Related posts

Langkah Membangun Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

Miftah

Pengertian dan Macam-macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Jalani

Handry

Akuntansi Syariah, Pengertian & Perbedaannya dengan Akuntansi Konvensional

Miftah