fbpx

7 Strategi Agar Bisnis Kamu Tetap Survive

Accurate Online – Mempunyai bisnis yang “Sustainable dan Durable” merupakan impian setiap pebisnis. Apalagi di tengah zaman disruption semacam ini, tidak hanya butuh inovasi dan adaptasi yang cepat saja yang mampu mengantarkan bisnis anda sebagai juara di medan persaingan, tapi dibutuhkan juga faktor lain yang bisa kamu adaptasi agar bisnis kamu bisa bertahan lama.

Setidaknya dibutuhkan 7 hal ini di dalam bisnis kamu :
1. Perkuat Jaringan Bisnis mu dengan Komunitas

Banyak pebisnis yang hanya fokus mengembangkan bisnis dan produknya semata, padahal ada hal yang bisa mempercepat dan memperkuat pondasi bisnis kamu loh, yaitu komunitas . Para pebisnis bisa membangun komunitas dengan sesama pebisnis, supplier, pelanggan, dan masyarakat. Dari sisi awareness produk, jelas dengan adanya komunitas di bisnis mu, bisa membantu produk mu dikenal dengan cepat di market dan bisa memperkuat brand loyality di mata market. Selain itu kamu juga bisa mengkombinasikan dengan kegiatan  Corporate Social Responsibility (CSR) yang mempunyai impact langsung ke masyarakat, hal ini bisa membuat bisnis kamu tidak hanya profit oriented tapi juga human oriented.

2. Tangkap Setiap Perubahan yang ada dengan Customization

Setiap pebisnis harus peka terhadap setiap perubahan yang ada dengan cara adaptasi yang kuat, salah satu yang bisa dilakukan oleh kamu selaku pebisnis adalah  Kustomisasi terhadap produk jual kamu dan cara jual kamu.  Karena  setiap zaman ada kunci suksesnya, dan salah satu kunci sukses di bisnis adalah siap adaptasi dan kustomisasi.

Contoh nyata di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, cara jual atau ber-promosi terhadap market yang makin melek digital adalah dengan mengedepankan prinsip “Customer Oriented” dan juga “Human Oriented” . Jika bisnis mu ingin meng-kustom cara jual produk mu dengan melibatkan teknik teknik digital marketing yang serba otomatis, jangan melupakan sisi human nya di setiap sentuhan strategi marketing mu, karena konsumen kita tetap lah manusia yang butuh pendekatan kemanusiaan, walaupun segala kecanggihan tools ada di cara promosi produk jual kamu.

3. Perluas Market mu dengan Good Connectivity

Konektivitas merupakan hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Selain toko fisik, Anda juga harus bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Manfaatkan jaringan internet dan jasa pengiriman barang untuk memperluas target pasar Anda. Cara yang paling umum yaitu membuat toko online dan melakukan promosi melalui media sosial.

4. Manjakan Customer Kamu dengan Convenience

Salah satu yang bisa membangun kepercayaan dan loyalitas terhadap bisnis anda dari customer adalan Convenience. Customer selain menginginkan harga yang terjangkau, faktor  kenyamanan (convenience) juga menjadi hal yang tak kalah penting. Kamu dan staf harus memiliki jiwa melayani agar pelanggan merasa diperhatikan.

Fokus kita adalah mendatangkan pelanggan ketimbang pembeli, karena kalo pembeli boleh jadi hanya membeli satu kali tapi kalo pelanggan adalah pembeli yang datang berkali-kali bahkan bisa dengan senang hati merekomendasikan produk kita terhadap orang lain jika sudah ada rasa “nyaman” di pelayanan kita.

Kenyamanan bisa dibangun lewat mental “lapang dada” terhadap saran dan kritik yang datang dari customer kita. Sehingga dengan kesabaran tadi, bisa merubah status pembeli tadi menjadi pelanggan.

5. Perbaharui Produk mu dengan Content

Market selalu butuh inovasi produk baru untuk mendukung kebutuhannya. Contohnya, produk teh dalam kemasan gelas plastik yang mulai digemari sejak lima tahun terakhir. Itulah yang menyebabkan Anda harus peka dan inovatif dalam menyiapkan konten produk. Supaya produk Anda benar-benar menarik, bermanfaat, dan bisa diterima oleh khalayak ramai.

6. Curation and Choice

Kurasi (kegiatan mengelola sesuatu) dan pilihan adalah dua aspek utama yang juga harus diperhatikan seorang pebisnis. Jadi, pebisnis tak perlu ragu untuk menghentikan produksi atau pembelian barang yang sudah tidak diminati pelanggan. Karena pelanggan masa kini semakin cerdas memilih produk yang lebih menarik dan bermanfaat.

7. Take Control

Sesibuk apa pun kamu di bisnis mu, tetap saja kamu harus melakukan kontrol penuh terhadap bisnis yang kamu jalankan. Kendali bisnis bukan hanya tentang inovasi dan manajemen saja. Urusan keuangan dan pembukuan perusahaan pun gak boleh luput dari perhatian kamu.

Nah, untuk masalah ini, kamu bisa mencoba sebuah software pembukuan yang bisa membantu kamu untuk mengelola problem keuangan usaha kamu mulai dari laporan rugi-laba, melakukan cek transaksi terhadap berbagai bank (rekonsiliasi bank), hingga pelaporan pajak karyawan dan pajak usaha kamu. Semua itu bisa dilakukan oleh software cerdas Accurate Online.

Software Akuntansi Accurate Online adalah software akuntansi berbasis web based (atau online) dengan teknologi Cloud dengan kecepatan sekedipan mata, yang bisa melindungi data anda setingkat keamanan internet banking.

Accurate Online juga bisa menampung ribuan data transaksi kamu dengan tersedianya 200 laporan pembukuan yang siap pakai, mulai dari laporan Rugi-Laba ,  Arus kas dan Buku besar , Laporan penjualan dan Pembelian , hingga proses Rekonsiliasi antar Bank dan fitur Smartlink Ecommerce (bisa rekap transaksi jualan online kamu di 3 marketplace besar : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)

Untuk urusan pajak, Accurate online juga sudah terhubung dengan fitur e-faktur dan eSPT, dan bisa melakukan perhitungan  pajak secara otomatis untuk PPN, PPh 23, PPh 4 ayat 2, PPh 15, PPh 21, dan PPh 22.

Selain itu, software akuntansi Accurate Online juga sudah dipercaya oleh masyarakat sebagai brand yang paling diminati dan terbukti 4x berturut-turut mendapatkan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga 2019. (baca beritanya disini : Accurate Onilne dapat TOP Brand Award 4x berturut-turut)

Intip fitur Accurate Online disini Guys :

Buat kamu yang mau mencoba software ini, bisa menggunakan fasilitas FREE TRIAL 30 hari nya disini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *