25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Manajemen Marketing

7 Strategi Terbaik dalam Melakukan Customer Acquisition

7 Strategi Terbaik dalam Melakukan Customer Acquisition

 

Bisnis yang sukses mempelajari cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan yang setia dan menemukan strategi untuk terus mendapatkan pelanggan dengan melakukan customer acquisition atau strategi akuisisi pelanggan yang baik.

Memperluas bisnis Anda membutuhkan pemasaran dan jaringan yang efektif. Ketika Anda menggabungkan etos kerja dan kemauan untuk mencoba strategi yang berbeda, bisnis Anda akan terus memperoleh pelanggan baru dan menguntungkan bisnis Anda sekarang dan di masa depan.

Pada artikel ini, kita membahas apa itu customer acquisition, strategi customer acquisition, dan bagaimana menghitung biaya akuisisi pelanggan dalam bisnis Anda.

Apa itu Customer Acquisition?

Customer Acquisition  atau akuisisi pelanggan adalah proses menarik pelanggan baru ke produk atau layanan bisnis Anda. Tujuan bisnis Anda harus memiliki strategi yang berkelanjutan dan sistematis yang akan terus tumbuh dengan tren, pergeseran, dan perubahan bisnis di masa depan.

Menarik pelanggan dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan tersebut membawa pertumbuhan dan loyalitas pada bisnis Anda.

7 Strategi Terbaik dalam Melakukan Customer Acquisition

Berikut adalah tujuh strategi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan baru:

1. Tentukan audiens target Anda

Tentukan audiens target Anda dengan melakukan riset pasar tentang bisnis lain yang menawarkan produk dan layanan serupa. Perhatikan siapa model bisnis mereka yang menarik dan platform mana yang mereka gunakan yang memiliki jumlah pengikut dan pelanggan aktif terbesar. Ini akan memberi Anda gambaran umum tentang karakteristik umum, demografi, dan perilaku audiens target Anda.

Setelah Anda mendapatkan informasi ini, kembangkan rencana bagaimana Anda dapat menarik audiens target Anda ke bisnis Anda dan pertimbangkan apakah ada ceruk pasar yang mungkin diabaikan oleh pesaing Anda atau tidak.

Anda juga dapat mencoba menganalisis pelanggan Anda saat ini dan memikirkan karakteristik, minat, dan alasan mereka membeli produk atau menggunakan layanan dari Anda. Mengidentifikasi hal-hal penting ini akan memberi Anda pandangan yang lebih komprehensif tentang bagaimana Anda dapat memperoleh pelanggan baru.

2. Bangun awareness dari merek Anda

Di era digital, cara terbaik untuk mendapatkan brand awareness adalah melalui penggunaan media digital. Kehadiran media sosial dan kemitraan dengan merek yang lebih besar dapat membantu memperoleh kesadaran merek.

Hal ini sangat membantu untuk berinteraksi dengan pelanggan dan audiens Anda pada tingkat pribadi dan media sosial memungkinkan Anda melakukannya. Kunci lain untuk kesadaran merek adalah konsisten dengan pemasaran digital dan produksi konten Anda. Ini membantu pelanggan Anda melihat Anda sebagai merek yang andal, membangun kepercayaan dengan Anda, dan lebih mungkin untuk kembali.

3. Maksimalkan referensi

Referensi atau rujukan dan pemasaran dari mulut ke mulut masih merupakan metode akuisisi pelanggan yang kredibel dan layak. Strategi ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru melalui pelanggan lain yang kembali.

Untuk memaksimalkan rujukan, Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, mendorong berbagi media sosial atau menawarkan insentif rujukan kepada pelanggan saat ini dan pelanggan yang dirujuk.

Misalnya, bisnis layanan salon mobil memberikan diskon 100 ribu kepada pelanggan yang menyebarkan kode refferal dan satu rujukan mereka mendaftar untuk layanan tersebut.

Pelanggan Anda akan sering termotivasi untuk membagikan layanan hebat jika ada sesuatu di dalamnya untuk mereka atau jika ada sesuatu yang ditawarkan bisnis Anda di atas ekspektasi umum mereka.

4. Tawarkan diskon

Menawarkan barang gratis atau barang dengan diskon besar akan membantu menciptakan lebih banyak kesadaran merek dan akan memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba produk sebelum mereka membelinya.

Ini harus dilakukan dengan cara yang menanyakan jumlah biaya paling sedikit untuk bisnis Anda. Misalnya, beberapa bisnis menawarkan pengiriman gratis atau item gratis dengan pembelian kepada pelanggan pertama kali.

Anda juga dapat memberikan diskon atau barang gratis kepada influencer di media sosial yang akan memasarkan produk Anda untuk Anda sebagai ganti produk atau layanan gratis atau diskon besar-besaran. Tawarkan layanan hebat dan bangun nilai produk atau layanan Anda dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan setia.

5. Terlibatlah dalam komunitas Anda

Ketika Anda menawarkan produk atau layanan Anda di komunitas Anda dan berbicara di acara publik lokal kecil, Anda memiliki kesempatan untuk membuat koneksi dan membangun diri Anda sebagai ahli dan pemimpin dalam industri Anda.

Beberapa acara mungkin tidak menawarkan kompensasi kepada Anda, tetapi Anda dapat memperoleh pengikut setia dari orang-orang di komunitas Anda yang akan menguntungkan Anda dalam kesuksesan masa depan Anda.

6. Testimoni dari pelanggan sebelumnya

Cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru adalah dengan mengumpulkan testimoni dari pelanggan yang saat ini puas. Misalnya, Anda dapat mencoba meminta ulasan pelanggan tentang produk dan layanan Anda.

Jika mereka sangat puas dengan bisnis Anda, Anda juga dapat menanyakan apakah Anda dapat menampilkan testimonial mereka di situs web Anda.

Ini membangun kepercayaan dan kredibilitas dalam bidang Anda dan kemungkinan akan memberi pelanggan baru alasan yang baik untuk membeli produk atau layanan Anda untuk pertama kalinya dan melihat kualitasnya sendiri.

7. Manfaatkan jaringan yang ada

Pelanggan terbaik yang akan Anda miliki adalah mereka yang saat ini berada di jaringan Anda. Pasarkan produk Anda kepada mereka dan tunjukkan nilainya.

Kemungkinan besar mereka adalah orang-orang yang ingin mendukung Anda dan memberikan rujukan dari mulut ke mulut tanpa insentif yang diharapkan.

Refferal atau rujukan dari kontak pribadi adalah strategi akuisisi pelanggan penting yang dapat dilanjutkan di seluruh bisnis Anda saat Anda mengembangkan produk dan layanan baru.

Customer Acquisition 2

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Customer Acquisition?

Biaya akuisisi pelanggan atau customer acquisition cost (CAC) adalah biaya yang Anda peroleh ketika Anda membawa pelanggan baru ke bisnis Anda. Ini termasuk biaya pemasaran, iklan, dan acara.

CAC umumnya dihitung menurut kerangka waktu atau kampanye tertentu, dan ini penting karena memungkinkan Anda mengukur biaya sebenarnya dari upaya pemasaran Anda.

Ketika Anda mengetahui upaya pemasaran mana yang memberikan laba atas investasi terbaik bagi bisnis Anda, Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk upaya pemasaran lain yang mungkin telah Anda coba.

Sebelum Anda menghitung biaya akuisisi pelanggan, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Seberapa sering pelanggan Anda rata-rata melakukan pembelian? Misalnya, ada perbedaan antara frekuensi pembelian di dealer mobil mewah dan kedai kopi. Ini dapat mempengaruhi perhitungan CAC Anda.
  • Apakah perusahaan Anda menghabiskan uang untuk upaya pemasaran yang diproyeksikan akan membuahkan hasil di kuartal mendatang? Misalnya, jika Anda berinvestasi dalam kampanye Q4 tetapi membayarnya di Q2, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan pelanggan baru pada akhir Q2, yang mungkin berdampak pada penghitungan CAC Q2 Anda.

Customer acquisition cost (CAC) dihitung dengan membagi biaya pemasaran dari jangka waktu atau kampanye tertentu dengan jumlah pelanggan yang diperoleh dari kampanye.

Contoh dasar rumus CAC adalah CAC = MC/CA.

  • CAC = biaya akuisisi pelanggan
  • MC = biaya pemasaran
  • CA = pelanggan yang diperoleh

Jika Anda ingin mendapatkan perspektif yang lebih mendalam tentang biaya akuisisi pelanggan, maka Anda perlu memasukkan setiap biaya yang terkait dengan pengeluaran pemasaran.

Rumus sederhana dapat diterapkan pada kampanye tertentu, tetapi rumus kompleks harus dihitung dengan jangka waktu tertentu, seperti bulan atau tahun fiskal. Ini termasuk anggaran kampanye, gaji pemasaran, dan biaya overhead.

Contoh rumus mendalam adalah: CAC = (MC + W + S + OS + OH) / CA.

  • W = upah untuk perwakilan penjualan dan pemasaran
  • S = perangkat lunak pemasaran dan penjualan
  • OS = layanan outsourcing
  • OH = biaya overhead untuk penjualan dan pemasaran

Kesimpulan

Itulah pembahasan strategi dan tips dalam menghitung customer acquisition pada bisnis yang sangat penting Anda lakukan untuk mengetahui berapa biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan.

Namun pada kenyataannya, masih banyak bisnis yang tidak menghitung biaya akuisisi pelanggan secara detail sehingga menimbulkan bias pada proses pemasaran dan penetapan harga produk.

Salah satu point terpenting dalam melakukan penghitungan customer acquisition cost adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran dan biaya yang terjadi dalam proses bisnis, termasuk biaya pemasaran, biaya overhead, dan biaya lainnya yang terkait dalam pengenalan produk Anda pada pelanggan di sistem pembukuan yang terbaik.

Sebagai solusi proses pembukuan terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan sudah berpengalaman seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah mencatatat seluruh biaya dan keuntungan yang terjadi dalam bisnis, pengelolaan aset dan persediaan, kontrol banyak gudang dan cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang akan memudahkan operasional bisnis Anda.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembanganSumber artikel: Gie

 

Promo PPKM Accurate Online

Periode promo II: 20-26 Juli 2021
Diskon 30% Paket Accurate Online 1 tahun + bonus 1 bulan database + 1 pengguna tambahan,
dari Rp 2,86 juta menjadi Rp 2 juta
*harga belum termasuk PPN
(S&K berlaku)

Info lebih lanjut:

Related posts

Tips Menggunakan Google Ads untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Eri Katsir

Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Strategi Ampuh dalam menerapkannya

Eri Katsir

Tips dan Keuntungan Pemasaran Online untuk Bisnis yang lebih Optimal

Eri Katsir