33.4 C
Jakarta
June 21, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Akuntansi

Akuntansi Internasional: Pengertian, Manfaat, Klasifikasi, dan Perkembangannya

Proses Akuntansi Internasional

Jika membahas tentang akuntansi internasional, maka “issue” tersebut tentu akan berkaitan erat dengan kegiatan transaksi antar negara. Dalam situasi tersebut, setiap perusahaan wajib menggunakan standar tunggal akuntansi internasional.

Sejatinya, akuntansi internasional akan menjadi bagian penting dalam penilaian setiap perusahaan multinasional. Sebut saja tentang faktor-faktor penghambat transaksi yang erat hubungannya dengan perbedaan nilai laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan akuntansi internasional? Untuk lebih jelasnya silahkan menyimak ulasan selengkapnya lewat artikel berikut ini.

Apa Itu Akuntansi Internasional?

Jika melihat buku karya Zafar, Iqbal, Melcher dan Elmallah dengan judul International Accounting: A Global Perspective, akuntansi internasiol didefinisikan sebagai prinsip pembanding. Adapun maksud dari prinsip pembanding dalam term ini ialah bahwa akuntansi memuat beragam jenis transaksi antar perusahaan dengan membandingkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku di banyak negara kemudian menyelaraskannya dengan standar akuntansi di seluruh dunia.

Baca Juga: Standar Laporan Keuangan di Indonesia, Penting Bagi Akuntan!

Di tanah air, perusahaan-perusahaan umumnya mengikuti Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Selain SAK, Indonesia juga mengikuti panduan standar akuntansi internasional yang bertujuan untuk menyelaraskan standar akuntansi yang ada di tanah air dengan negara-negara lainnya.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa akuntansi internasional merupakan sistem akuntansi yang digunakan untuk transaksi antar negara dengan tujuan sebagai alat pembanding pada setiap prinsip akuntansi yang ada pada negara-negara yang lainnya serta menjadi alat penyelaras standar akuntansi secara global.

Manfaat

Manfaat utama dari penerapan akuntansi internasional sendiri ialah untuk mengantisipasi setiap kebutuhan masyarakat secara global berdasarkan situasi ekonomi, hukum, sosial, budaya dan juga politik yang ada di dalam sistem operasional sebuah bisnis pada suatu negara. Berikut ini merupakan beberapa manfaat lain dari penerapan akuntansi internasional pada sebuah perusahaan.

  • Memperkenalkan setiap perbedaan kondisi dan situasi yang terdapat di dalam sebuah negara dengan menggunakan standar akuntansi secara global.
  • Memangkas evolusi bisnis yang banyak terjadi di era modern.
  • Membahas terjadinya dimensi akuntansi yang sangat bermanfaat dalam transaksi perdagangan global.
  • Membahas beragam topik penting yang ada pada setiap sistem perdagangan internasional.

Apa Itu Klasifikasi Akuntansi Internasional

Mengenal Akuntansi Internasional

Klasifikasi akuntansi internasional dapat diartikan sebagai cara pandang dalam membedakan perbandingan ataupun sistem akuntansi keuangan secara nasional maupun regional. Klasifikasi menjadi bagian yang paling mendasar agar setiap perusahaan mampu memahami dan menganalisa cara serta alasan sistem akuntansi di setiap negara yang berbeda.

Dengan demikian, perusahaan akan mampu memberikan penilaian tersendiri serta memberlakukan sistem akuntansi mana yang akan digunakan. Apakah akan cenderung kepada sistem yang lebih menyatu dengan negara lainnya atau berbeda dari negara-negara lainnya.

Klasifikasi dalam akuntansi internasional juga bertujuan untuk bisa mengkategorikan setiap sistem yang terdapat dalam akutansi keuangan berdasarkan sebuah atau beberapa karakteristik khusus. Adapun cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menentukan klasifikasi tersebut ialah dengan  membuat pertimbangan yang bergantung pada tingkat pengetahuan, pengalaman, intuisi serta membuat berbagai jenis pertimbangan yang lebih empiris.

Dapat dikatakan bahwa akuntansi internasional sangatlah diperlukan bagi setiap perusahaan yang menggunakan sistem perdagangan internasional. Tak hanya itu saja, perkembangan akuntansi internasional berkembang semakin cepat dari hari ke hari. Dengan begitu, para pebisnis pun tentu akan sangat diuntungkan dalam mengelola dan menjaga kestabilan finansial perusahaan mereka lewat kehadiran akuntansi internasional ini.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Perkembangannya?

Sumber Dana

Beberapa negara yang memiliki target pasar yang kuat maka fokus akuntansi di dalamnya akan lebih mengarah kepada bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Tak hanya itu saja, kehadiran akuntansi juga berperan besar dalam menganalisa arus kas perusahaan di masa yang akan datang serta untuk mempertimbangkan berbagai resiko yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Umumnya, jika sistem pendanaan perusahaan berbasis kredit terutama sumber bank maka fokus akuntansi ialah untuk melindungi para kreditur perusahaan dengan melakukan perhitungan akuntansi.

Sistem Hukum

Dalam akuntansi internasional juga dikenal dua orientasi dasar hukum yaitu hukum kode dan juga hukum kasus. Negara-negara yang menerapkan sistem kode maka hukum yang berlaku akan mencakup ketentuan dan prosedur yang telah diatur lewat sistem hukum nasional.

Adapun hukum kasus merupakan sistem hukum yang dibuat dengan berdasarkan kasus yang berkembang sehingga tidak terdapat lagi adanya upaya untuk mengatur hukum kasus ini.

Baca Juga: Apa Itu Sistem Akuntansi? Inilah Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

Perpajakan

Umumnya, terdapat beberapa negara yang mengatur sistem pajak secara efektif dengan cara menentukan standar karena pihak perusahaan harus bisa menghitung nilai pendapatan dan juga beban pajak yang mestinya dibayarkan. Jika akuntansi keuangan dan pajak telah terpisah, terkadang aturan pajak mengharuskan perusahaan untuk menerapkan prinsip akuntansi tertentu yang beda dari prinsip akuntansi lainnya.

Ikatan Politik dan Ekonomi

Ikatan politik dan ekonomi juga turut mempengaruhi perkembangan internasional hari ini. Kebanyakan negara berkembang menerapkan sistem akuntansi yang sebelumnya telah digunakan oleh negara-negara lainnya. Baik itu karena alasan keterpaksaan ataupun keinginan dari negara itu sendiri. Sebagai contoh ialah negara Italia yang menjadi pioneer dalam melakukan pencatatan double entry dan kemudian menyebar ke berbagai negara Eropa lainnya.

Inflasi

Pengaruh inflasi juga memiliki peran yang cukup signifikan dalam perubahan kondisi akuntansi biaya yang telah diterapkan sebelumnya. Inflasi juga bisa menyebabkan terjadinya distorsi akuntansi biaya historis yang kemudian akan membuat banyak perusahaan melakukan perubahan atas akun-akun yang dimilikinya.

Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi setiap negara juga menjadi salah alasan perkembangan akuntansi internasional ini. Tak heran jika beberapa negara menghadapi banyak masalah dalam hal keuangan terutama dalam penilaian aktiva tetap. Tak hanya itu saja, pencatatan depresiasi pun mulai ditinggalkan dalam sektor manufaktur karena dianggap tidak penting.

Tingkat Pendidikan

Kualitas pendidikan masyarakat suatu negara juga mempengaruhi sistem keuangan yang diberlakukan di dalamnya. Standar praktik keuangan yang sebelumnya telah ditetapkan menjadi sangat penting sehingga akan menjadi tidak berguna sama sekali jika digunakan dengan cara yang salah dan keliru oleh pihak-pihak di dalam perusahaan.

Budaya

Mengutip pernyataan Hostade, di dalam budaya nasional memiliki 4 dimensi yaitu jarak kekuasaan, penghindaran ketidakpastian, individualisme, serta maskulinitas.  Keempat dimensi ini sangat berpengaruh terhadap sistem akuntansi keuangan. Setiap faktor tersebut bisa mempengaruhi perubahan tentang akuntansi internasional yang berlaku di dalam sebuah negara.

Penutup

Dapat dikatakan bahwa akuntansi internasional merupakan sistem akuntansi keuangan yang diberlakukan perusahaan-perusahaan multinasional dalam melakukan beragam transaksi secara global. Akuntansi internasional juga dijadikan pedoman sekaligus alat pembanding pada prinsip akuntansi di beberapa negara yang berbeda-beda.

Setiap akuntan yang bekerja di dalam perusahaan berskala global tentu sangat membutuhkan pemahaman yang mendetail tentang sistem akuntansi internasional ini. Dengan begitu, kegiatan impor dan ekspor produk di dalam perusahaan pun dapat berjalan secara efektif.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika berbagai prosedur dan proses dalam akuntansi internasional terkadang menyulitkan bagi para akuntan. Selain cukup merepotkan, proses pencatatan keuangan pun kadang memerlukan waktu yang sangat lama. Untuk memudahkan pekerjaan para akuntan di perusahaan Anda, cobalah untuk menggunakan software akuntasi dari Accurate Online. Jika Anda tertarik, silahkan mengunjungi tautan berikut ini ABCSemanggi.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Rasio Arus Kas: Pengertian, Jenis, dan Rumusnya

Erapuji

Memahami Penerapan Standar Akuntansi Keuangan dalam Penyusunan Laporan Keuangan

admin

Project Management Adalah: Aspek, Tahapan, dan Tujuannya

Handry