Apa itu Cost Center? Berikut Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Bisnis perlu melacak biaya dan aliran pendapatan mereka untuk membuat anggaran yang akurat dan rencana bisnis yang efektif. Aspek penting dari bisnis yang mempengaruhi anggaran adalah cost cennter, yang merupakan fungsi dalam organisasi yang tidak menghasilkan uang secara langsung. Memahami cost center akan memberi Anda wawasan tentang bagaimana bisnis diatur dan bagaimana membaca laporan keuangan yang menggunakan akuntansi berbasis akrual.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu cost center, mengapa itu penting dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Cost Center?

Cost center atau pusat biaya adalah peran atau departemen yang membebani bisnis atau organisasi tetapi tidak menghasilkan pendapatan sendiri. Cost center seringkali merupakan peran administratif, layanan, dan dukungan.

Posisi ini tidak dapat dihilangkan untuk memotong biaya karena sangat penting untuk kelancaran operasi organisasi. Pusat biaya terdaftar sebagai unit terpisah dalam bisnis sehingga sumber daya yang mereka gunakan dapat dengan mudah dipantau.

Manajer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa cost center mereka berjalan secara efisien dan bahwa peran atau departemen tetap dalam anggaran yang ditetapkan.

Pusat biaya dapat berupa peran individu, seperti petugas kebersihan atau personel sumber daya manusia, atau departemen penuh, seperti departemen TI atau departemen garansi. Ukuran cost center dan berapa banyak pusat biaya yang ada akan bervariasi karena ukuran perusahaan dan industri.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan kecil mungkin memiliki pusat biaya yang hanya seorang manajer kantor atau akuntan, di mana hanya ada satu orang yang mengelola administrasi kantor dan pembukuan.

Sebagai alternatif, sebuah perusahaan multinasional mungkin memiliki pusat biaya terpisah untuk departemen sumber daya manusia, departemen akuntansi dan staf administrasi, di mana upah untuk setiap karyawan akan dimasukkan dalam anggaran cost center tempat mereka bekerja.

Mengapa Cost Center itu Penting?

Cost center penting karena departemen ini menambah nilai bagi perusahaan. Departemen dan peran ini memungkinkan bisnis lainnya menghasilkan keuntungan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pusat biaya penting untuk menjalankan perusahaan:

  • Mereka meningkatkan pengalaman pelanggan. Departemen layanan pelanggan digunakan untuk membantu pelanggan menyelesaikan keluhan, menemukan produk, dan memahami jaminan atau kebijakan perusahaan. Layanan pelanggan yang sangat baik membangun nilai perusahaan dan dapat menciptakan basis pelanggan yang loyal.
  • Mereka memelihara bangunan dan peralatan. Departemen TI, pekerja pemeliharaan, dan staf kebersihan membantu memastikan bahwa semua peralatan perusahaan berjalan dengan benar dan fasilitas bersih dan aman. Para pekerja ini memastikan Anda dapat menghasilkan keuntungan dan membantu menjaga staf Anda tetap sehat.
  • Mereka melakukan penelitian dan pengembangan. Departemen penelitian dan pengembangan menemukan solusi inovatif untuk masalah konsumen dan merancang produk baru.
  • Mereka melakukan analisis data dan mengembangkan strategi bisnis. Departemen analisis data dan pasar membantu Anda memahami tren dan perubahan konsumen di industri Anda. Departemen-departemen ini memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk melihat seberapa efektif strategi bisnis Anda saat ini dan apa yang harus Anda ubah ke depan.
  • Mereka mengelola tugas-tugas administratif. Peran ini termasuk staf kantor, sumber daya manusia dan departemen akuntansi. Mereka memastikan bahwa perusahaan Anda mengirimkan laporan dan formulir secara akurat dan mengelola penggajian dan penganggaran dan organisasi di kantor, serta menyelesaikan banyak tugas administratif penting lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Cost Center?

Cost center diberikan kategori mereka sendiri dalam buku besar sehingga tim akuntansi manajerial dapat melacak biaya mereka dan mengalokasikan sumber daya. Pusat biaya harus memiliki manajer yang bertanggung jawab atas anggaran departemen serta semua orang yang ditugaskan ke pusat biaya.

Berikut ini adalah daftar cara kerja cost center:

Mereka membantu departemen keuangan dan akuntansi memahami bisnis Anda

Departemen keuangan dan akuntansi akan menetapkan pusat biaya berdasarkan kebutuhan bisnis Anda dan bagaimana Anda membelanjakan uang Anda. Mereka dapat memiliki perspektif kebutuhan penganggaran yang lebih luas daripada manajer pusat biaya individu dan dapat membantu menyusun alokasi sumber daya agar lebih efisien dari waktu ke waktu.

Mereka dengan jelas mendefinisikan proses cost center

Cost center harus dibuat dengan seperangkat parameter yang mencakup ruang lingkup pekerjaan mereka dan detail tentang mengelola vendor, akun, dan produk. Anda harus jelas tentang prosedur pesanan pembelian Anda, vendor apa yang disetujui untuk dipesan dan bagaimana faktur ditangani.

Mereka mendefinisikan tanggung jawab manajemen

Manajer pusat biaya harus bertanggung jawab untuk mengelola anggaran pusat biaya. Tanggung jawab ini harus dicantumkan dalam tujuan pengelolaan mereka. Anda harus menghindari menugaskan manajer beberapa pusat biaya, kecuali ada alasan yang sangat bagus. Manajer pusat biaya juga harus memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan utama pusat biaya sehingga mereka dapat mengelola anggaran yang diberikan secara efektif.

Mereka menetapkan anggaran

Cost center harus memiliki anggaran yang jelas dan manajer pusat biaya harus melacak pengeluaran mereka. Hal ini memungkinkan manajer pusat biaya dan departemen keuangan dan akuntansi untuk memahami sumber daya apa yang digunakan setiap pusat biaya, bagaimana sumber daya tersebut dialokasikan dalam pusat biaya dan perubahan apa yang perlu dilakukan pada tahun fiskal berikutnya.

Mereka menggunakan pemantauan cost center untuk menurunkan biaya

Anda menurunkan biaya Anda dengan melacak pusat biaya Anda untuk inefisiensi personel, pengeluaran berlebihan, dan tantangan mahal lainnya. Data yang Anda kumpulkan dari struktur pusat biaya yang disiplin dapat memandu reorganisasi dan menginformasikan alokasi anggaran di masa mendatang. Mengkomunikasikan teknik dan tujuan manajemen biaya dengan manajer pusat biaya Anda akan sangat membantu.

Contoh Cost Center

Contoh cost center yang baik adalah departemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia tidak menghasilkan pendapatan karena merupakan departemen administrasi, tetapi sangat penting dalam memastikan sebuah organisasi berjalan dengan lancar.

Sumber daya manusia bertanggung jawab untuk memasukkan dan menyimpan informasi karyawan, mengelola keluhan karyawan, menangani penjangkauan karyawan, memproses karyawan baru, memberikan promosi dan memberhentikan karyawan. Sumber daya manusia mungkin juga melakukan tugas perekrutan, pelatihan, dan penggajian.

Inilah yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda mengatur pusat biaya sumber daya manusia Anda:

  • Tugas departemen sumber daya manusia akan bertanggung jawab untuk
  • Berapa banyak karyawan yang Anda perlukan untuk mengelola tugas yang diberikan?
  • Tingkat pembayaran dan biaya tunjangan untuk setiap posisi di departemen sumber daya manusia Anda
  • Biaya perangkat lunak dan peralatan kantor
  • Vendor yang disetujui untuk perlengkapan kantor dan bahan lainnya
  • Proyeksi biaya pemeliharaan untuk peralatan kantor
  • Anggaran keseluruhan departemen yang diproyeksikan

Manajer sumber daya manusia Anda harus berpengalaman di departemen untuk dapat memandu efisiensi dan membantu staf SDM sesuai kebutuhan. Mereka harus dapat menyeimbangkan kebutuhan karyawan organisasi Anda dengan pengelolaan biaya.

Berikut adalah beberapa contoh lain dari cost center:

  • Departemen TI: Departemen ini memastikan bahwa perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan semuanya berfungsi dengan benar, diperbarui dengan benar, dan aman.
  • Manajer proyek: Orang-orang ini merencanakan, menganggarkan, menjadwalkan, dan mengawasi proyek sehingga dapat diselesaikan secara efisien dan benar.
  • Petugas kebersihan: Petugas kebersihan menjaga kebersihan, ketertiban fasilitas sehingga karyawan dapat sehat dan produktif.
  • Departemen layanan pelanggan: Departemen ini menangani keluhan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengelola jaminan atau potongan harga yang mungkin tersedia.

Tak satu pun dari departemen ini menghasilkan keuntungan sendiri tetapi mereka semua penting untuk fungsi inti bisnis.

Kesimpulan

Menetapkan cost center pada suatu bisnis adalah hal penting untuk keberhasilan penganggaran bisnis yang lebih efisien. Sayangnya, masih banyak bisnis yang tidak menerapkan hal ini dikarenakan kesulitan dalam membuat divisi atau departemen yang diisi oleh orang orang berkompeten.

Untuk memudahkan Anda dalam mengaplikasikan dan memantau cost center, Anda bisa mencoba menggunakan fitur cost centerdan provit centerĀ  di software akuntansi Accurate Online.

Cost and Profit Center adalah fitur yang berorientasi pada kebutuhan manajemen untuk mengetahui pendapatan dan biaya dari bagian tertentu dalam bisnis seperti departemen, proyek dan berbagai kegiatan bisnis secara lebih terperinci yang digunakan untuk tujuan pengendalian internal.

Membagi data perusahaan Anda pada laporan laba rugi terpisah akan memungkinkan Anda untuk menganalisis bidang-bidang tanggung jawab dan mendelegasikan tanggung jawab ke unit-unit yang didesentralisasi, sehingga mereka memilik kendali lebih untuk membuat keseluruhan bisnis lebih menguntungkan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membacanya secara lebih mendetail melalui tautan ini.

Belum menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Sumber artikel: Gie

Promo PPKM Accurate Online

Periode promo I: 13 – 19 Juli 2021
Diskon 37% Paket Accurate Online 1 tahun + bonus 1 bulan database + 1 pengguna tambahan,
dari Rp 2,86 juta menjadi Rp 1,8 juta
*harga belum termasuk PPN
(S&K berlaku)

Info lebih lanjut: