skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Apa Saja Yang Harus Dikuasai Oleh Konsultan Keuangan?

Apa Saja yang Harus dikuasai oleh Konsultan Keuangan?

Menjadi Konsultan Keuangan – Dalam dunia bisnis kita sering kali mendengar kata “konsultan”, baik itu konsultan bisnis, konsultan pajak bahkan sampai ke konsultan keuangan. Sebenarnya apa sih arti dari konsultan keuangan itu?

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa sebagai penasihat ahli sesuai bidang keahliannya. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli ‘biasa’ adalah seorang konsultan bukanlah karyawan di perusahaan klien, melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja pada sebuah firma, namun  menangani berbagai macam perusahaan dalam satu waktu.Yang berarti konsultan keuangan adalah seorang professional yang menyediakan jasa konsultasi dalam bidang keuangan.

Mengapa Perusahaan Perlu Konsultan Keuangan ?

Banyak pebisnis yang terlalu sibuk pada aktivitas teknis seperti strategi marketing dan membangun jaringan, sehingga kurang maksimal dalam merencanakan keuangan. Karena keterbatasan pengetahuan tentang bidang tersebut, perencanaan keuangan merupakan suatu yang tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Maka dari itu, peran seorang konsultan tentu sangat penting. Sebagai orang yang ahli dalam hal arus keluar masuk kas, tugas utama konsultan perusahaan adalah membantu perusahaan dengan cara memberi saran terkait keuangan untuk mencapai tujuan tertentu.

Fungsi Konsultan Keuangan

  • Membantu proses penyusunan rencana bisnis dan keuangan strategis perusahaan di setiap tahun dengan metode top-down atau bottom-up, termasuk memantau dan mengevaluasi implementasi rencana bisnis dan keuangan strategis perusahaan tersebut.
  • Menyusun studi kelayakan investasi dan pengembangan bisnis Perusahaan (business development and investment feasibility study) untuk mengetahui prospek dari suatu proyek bisnis ditinjau dari berbagai aspek yang nantinya akan menjadi dasar apakah suatu proyek dapat dilanjutkan atau tidak.
  • Merancang, memantau, mengevaluasi dan menganalisis penerapan prinsip-prinsip Tata kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) untuk mewujudkan perusahaan yang sehat secara finansial, beretika bisnis, dan berbudaya kerja yang kondusif dan produktif.

 

Apa Saja Hal yang Harus dikuasai oleh Konsultan Keuangan

Cara Berkomunikasi

Setelah mempelajari bisnis, akutansi saatnya kamu juga harus bisa mempunyai kemampuan berkomunikasi. Bagaimana hal ini penting? Tentu komunikasi merupakan cara untuk menarik seseorang.

Agar kamu bisa mendapat kepercayaan seseorang kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk menyampaikan seseuatu dengan tepat dan pasti. Ketika kamu menyampaikan dengan komunikasi yang jelek tentu akan sulit dipercaya client.

Jangan meremehkan kemampuan berkomunikasi loh, sebagian besar keberhasilan seorang konusltan tergantung dari cara mereka berkomunikasi dengan client.

Seni berbicara bisa menjadi penentu ke depannya apakah Ia akan percaya dengan solusi atau keputusan yang kamu berikan atau sebaliknya. Inilah emngapa kamu perlu mempelajari tentang komunikasi.

Sertifikasi

Untuk menjadi konsultan profesional sehingga jasa Anda berharga tinggi di mata perusahaan-perusahaan besar dibutuhkan bukti berupa sertifikat atas keterampilan akuntansi yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa sertifikat yang berhubungan dengan bidang akuntansi dan keuangan, yaitu:

Menguasai Akuntansi

Nah, ini juga tidak kalah penting dari mata kuliah analisa laporan keuangan, Untuk anda yang dibangku kuliah mengambil jurusan akuntansi, pasti sudah mendapat materi pengantar akuntansi 1 & 2 akuntansi menegah (intermediate) akuntansi lanjutan (advance). Memahami logika akuntansi akan sangat membantu dalam menganalisa keuangan sebuah perusahaan. Dan sangat disarankan untuk anda mengikuit berbagai test seperti Certified Public Accountant (CPA)

Dapat Melakukan Analisa Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan mungkin Anda temukan semasa dibangku kuliah untuk anda yang mengambil jurusan akuntansi, masih ingat mungkin tentang rasio keuangan Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profibilitas untuk anda yang ingin berprofesi sebagai konsultan keuangan dan akuntansi yang hebat wajib mengusai, mengasah kembali dan mendalami materi ini. Karena materi ini akan membuat anda mudah dalam membuat keputusan di perusahaan.

Menguasai Software Keuangan dan Akuntansi Terkini.

Senagai seorang konsultan keuangan, pastinya Anda harus bisa menggunakan softaware akuntansi yang biasanya digunakan oleh tiap perusahaan untuk mencatan laporan keuangan usaha mereka. Maka dari itu sebagai seorang konsultan keuangan Anda harus memahami instrument apa yang digunakan oleh klien Anda.

Software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pengusaha di Indonesia adalah, Accurate Online. Selama 20 tahun terakhir Accurate telah membantu lebih dari 300.000 penggunanya untuk menyelesaikan laporan keuangan mereka.

Maka dari itu jika ingin menjadi konsultan keuangan, maka Anda harus mulai menguasai Accurate Online sebagai instrument pencatatan keuangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top