28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Apa yang Akan Terjadi Pada Ekonomi Indonesia di 2021? Outlook perekonomian 2021

Selamat Tahun Baru 2021 Sobat Accurate!

Kemenkeu – Outlook dan proyeksi perekonomian pada tahun 2021 masih dilingkupi ketidakpastian yang tinggi akibat dampak Covid-19 pada perekonomian. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada yang mengetahui mengenai kapan akan berakhir maupun apakah akan terjadi gelombang yang kedua atau tidak, serta apakah akan segera ditemukan vaksin dan seberapa cepat produksi vaksin yang bisa mengurangi dampak negatif dari Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada Rapat Kerja dengan Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan pembahasan mengenai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) Tahun Anggaran 2021 pada Selasa (07/07) secara video conference.

“Oleh karena ketidakpastian ini, maka seluruh negara terus akan mencoba untuk mengelola Covid ini melalui berbagai policy. Mulai dari yang sifatnya ekstrem seperti lockdown atau shutdown dari sisi aktivitas sampai kepada yang sifatnya limitatif yaitu pergerakan sosial yang dibatasi. Ketidakpastian inilah yang masih perlu untuk kita pertimbangkan dan perhatikan dalam mengelola ekonomi kita tahun ini dan tahun depan,” jelas Menkeu.

Menkeu menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini, outlook dari perekonomian tahun 2020 adalah pada kisaran -0,4% hingga 1% karena di kuartal keduanya sudah pasti ekonominya mengalami kontraksi dengan estimasi adalah -3,8%. Namun, untuk kuartal ketiga dan keempat atau semester 2 tahun ini, Pemerintah akan berusaha maksimal agar pemulihan ekonomi bisa mulai berjalan.

Namun beberapa pihak mulai memberikan proyeksi positif seperti Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani yang mengatakan bahwa mengatakan dunia usaha pada 2021 akan mengalami tranformasi yang besar, khusunya di bidang teknologi, sejalan dengan ekonomi digital yang terakselerasi selama pandemi Covid-19.

Rosan mengatakan bahwa kebijakan terkait dengan pemulihan ekonomi harus difokuskan pada penguatan usaha kecil menengah (UKM) dan korporasi pada 2021. Karena UKM dan UMKM saat ini menjadi ujung tombak perekonomian negara.

Jadi bagi para Sobat Accurate yang kini tengah menjadi pegiat UKM & UMKM jangan khawatir! karena di tahun 2021 akan ada banyak kebijakan pemerintah yang pro UKM & UMKM.

Simak terus update dari insights bisnis terkini melalui:

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Facebook” andaman_href=”https://web.facebook.com/accurateaccountingsoftware” color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]
[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Instagram” andaman_href=”https://instagram/accurate_store” color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]
[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”web” andaman_href=”https://abcsemanggi.com” color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Tips Belanja Aman Saat Corona

ademuthia

Accurate Online Kerjasama dengan Moka Pos Perkuat Market Retail

ademuthia

Wanginya Bisnis Parfum Isi Ulang

ademuthia